Inilah 7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan Seks

Jangan remehkan pelukan intim ya, karena banyak manfaatnya bagi hubungan

23 Juli 2021

Inilah 7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan Seks
Freepik/senivpetro

Siapa sih yang menolak jika pasangannya mencoba memeluk kita, baik ketika sebelum tidur atau ketika sehabis seks yang menggairahkan?

Meringkuk dan memeluk hangat pasangan kita adalah gestur cinta yang tidak akan pasangan tolak tentunya.

Satu hal yang pasti, ternyata pelukan hangat pasangan bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan lho.

Penelitian telah menemukan bahwa berpelukan setelah berhubungan seks setidaknya selama 15 menit memiliki banyak efek positif pada tubuh dan hubungan.

Mari sama-sama cari tahu apa yang akan terjadi, dan efek positif apa yang kita dapat di dalam hubungan ketika memeluk pasangan dengan lama.

Berikut Popmama.com telah merangkumnya, semoga selalu tetap intim dan harmonis ya!

1. Kepuasan yang lebih tinggi dalam kehidupan seks dengan pasangan

1. Kepuasan lebih tinggi dalam kehidupan seks pasangan
Freepik/pressfoto

Menurut penelitian dari University of Toronto Mississauga, mereka yang membuat pelukan setelah berhubungan seks merasakan kepuasan dalam kehidupan seks mereka.

Hal ini bukan karena ada seks yang terjadi, tetapi karena meluangkan waktu untuk keintiman dan merajut kembali ikatan emosional berdua

Daripada langsung tertidur, cobalah untuk sejenak meluangkan waktu yang berharga dengan pelukan hangat serta obrolan santai selepas ketegangan keduanya terjadi.

2. Membuat hubungan lebih bahagia

2. Membuat hubungan lebih bahagia
Freepik/master1305

Semua jenis pelukan melepaskan oksitosin, yang pada dasarnya adalah hormon  kebahagiaan bagi tiap pasangan.

Menurut salah satu psikolog, Elizabeth Lombardo, keintiman yang ditunjukkan dengan pelukan sangat penting bagi kesehatan dan kebahagiaan setiap hubungan.

Jadi, kapan terakhir kali Mama dan Papa saling berpelukan setelah seks yang hebat?

Editors' Picks

3. Membantu menghilangkan rasa sakit

3. Membantu menghilangkan rasa sakit
Freepik/yanalya

Terkadang saat sedih, satu sentuhan dari pasangan saja bisa membuat sauna hati bahkan kesakitan kita berhenti sejenak, dan segala jadi lebih baik.

Misalnya saat kecil, ketika kita terjatuh, kita akan memanggil Mama, dan ketika ia menyentuh area sakitnya, bak obat paling mujarab yang pernah ada.

Memang sih sentuhan seorang Mama tidak akan terganti, namun sentuhan dari pasangan yang melepaskan oksitosin tadi dapat mengurangi rasa sakit pada orang tersebut.

Ada sebuah kombinasi antara hormon dan pelukan yang dapat membuat sakit fisik atau bahkan emosional tertahankan.

4. Meningkatkan kasih sayang keduanya

4. Meningkatkan kasih sayang keduanya
Freepik

Keintiman yang datang dengan berpelukan, terutama setelah berhubungan seks, tidak dapat disaingi oleh apa pun di dunia ini.

Pelukan tidak hanya menghasilkan kasih sayang yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan kita untuk mengomunikasikan kasih sayang kita tanpa kata-kata.

Menurut David Klow, terapis pernikahan dan keluarga di Chicago, kebanyakan orang ingin merasa dimengerti, dan komunikasi adalah sarana yang mereka gunakan untuk menyampaikan pengertian dan empati.

Komunikasi non-verbal bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatakan kepada pasangan, "Aku mengerti kok."

Memeluk adalah cara untuk mengatakan, “Aku tahu bagaimana perasaanmu.” Itu memungkinkan kita untuk merasa dikenal oleh pasangan kita dengan cara yang tidak bisa disampaikan oleh kata-kata.

5. Baik juga bagi kekebalan tubuh

5. Baik juga bagi kekebalan tubuh
Freepik/standret

Apa yang harus kita syukuri lagi untuk yang satu ini? Yap, pelukan yang menghasilkan oksitosin, belum lagi efek luar yang lebih besar dari itu semua adalah sistem kekebalan yang lebih kuat.

Mereka yang bahagia dan sering dipeluk memang akan lebih rileks dan tidak memasukan energy negatif di tubuh mereka.

Layaknya healing, ini membantu pasangan saling membersihkan efek negatif dari luar dan disempurnakan dengan pelukan hangat yang menenangkan.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

6. Menurunkan risiko penyakit jantung
Freepik/freepik

Penyakit jantung berakibat pada tekanan darah tinggi, stres dan kecemasan, dan pelukan bisa menjadi cara yang baik meredakan stres.

Efek fisik yang dapat ditimbulkan oleh pelukan setiap hari pada jantung sangat luar biasa lho.

Sebagai Penasihat Kesehatan Holistik, Jodi Geigle, mengatakan, dalam hal kesehatan, berpelukan adalah obat jika dipadukan dengan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin.

7. Bisa langsung ke ronde kedua bercinta

7. Bisa langsung ke ronde kedua bercinta
Freepik/senivpetro

Tak jarang memang keintiman bisa tetap panjang saat berpelukan, bahkan ketika selesai dengan seks. Dan ini bisa membangkitkan kembali gairah lho.

Mama mungkin perlu istirahat, tetapi menjaga segala sesuatunya tetap dekat dan sensual di tempat tidur adalah cara yang pas jika ingin melanjutkan seks yang menggairahkan.

Jika keduanya sepakat untuk berhubungan kembali, kenapa tidak? Siapkan air minum dan cemilan ya, agar seks lebih nyaman.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Mama ambil dari manfaat berpelukan setelah berhubungan seks. Keintiman bisa diraih dengan pelukan juga kan?

Lakukan dengan penuh kehangatan dan kasih sayang, karena seks bisa memuaskan karena melibatkan emosional keduanya yang saling terikat.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.