Menjajal Pengalaman Baru, IdeaFest 2021 Diisi Ratusan Tokoh Inspiratif

Suguhan virtual yang memukau dan bertabur tokoh inspiratif

1 Desember 2021

Menjajal Pengalaman Baru, IdeaFest 2021 Diisi Ratusan Tokoh Inspiratif
Dok. IdeaFest 2021

Minggu lalu, tepatnya tanggal 26-28 Desember, pagelaran kreatif terbesar di Indonesia, yakni IdeaFest 2021 kembali digelar dengan pengalaman baru secara hybrid.

ideaFest adalah sebuah festival kreatif tahunan yang pertama kali diadakan pada awal 2011, peran dari IdeaFest sendiri menjadi sebuah wadah pelaku industri kreatif dapat berbagi, berdiskusi dan berkolaborasi.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung bertumbuhnya ekonomi kreatif di Indonesia, dengan melibatkan banyak figure dan komunitas kreatif baik dari dalam maupun luar negeri.

Nah, tahun ini, IdeaFest masih memberikan banyak kejutan juga nih, Ma dengan suguhan tokoh inspiratif. Apa kata mereka soal potensi yang bisa dilakukan di era sekarang?

Popmama.com sudah merangkum beberapa informasinya. Simak sampai akhir ya!

1. Pengalaman baru yang dirasakan saat IdeaFest 2021

1. Pengalaman baru dirasakan saat IdeaFest 2021
Dok. IdeaFest 2021

Ada yang berbeda dengan festival tahun ini, melihat situasi dengan banyaknya kemajuan teknologi yang sangat pesat, tak membuat IdeaFest 2021 kehilangan respon akan hal tersebut.

Kali ini, IdeaFest 2021 menghadirkan pengalaman festival kreatif yang baru, secara hybrid. Dengan memperkenalkan sebuah virtual arena terbaru dan platform metaverse berteknologi tinggi bernama Jagat.Live.

Platform ini dirancang untuk menggambarkan konsep interaksi virtual yang interaktif dan imersif. Tidak hanya itu, berbagai sesi inspiratif IdeaFest juga dapat disaksikan secara langsung di M Bloc Space.

Melalui kolaborasi ini, IdeaFest ingin mengapresiasi kehadiran M Bloc Space yang terus berkarya di tengah berbagai batasan yang ada, mendukung produk-produk lokal, dan menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi.

IdeaFest 2021 juga mempersembahkan program utama yaituIdeaTalks, Conference, Musik, danXchievement Night.

Editors' Picks

2. Menghadirkan ratusan tokoh inspiratif dari dalam dan luar negeri

2. Menghadirkan ratusan tokoh inspiratif dari dalam luar negeri
Dok. IdeaFest 2021

Dari semua rangkaian acara, IdeaFest 2021 diisi dengan panggung virtual conference yang menghadirkan nama-nama besar dari dalam dan luar negeri lho, Ma!

Tokoh kreatif dan inspiratif tersebut antara lain Tablo, seorang rapper, producer, songwriter dan autor, ada lagi Stefan Sagmeisterseorang designer, Kevin Kwan (Author of Crazy Rich Asians).

Selanjutnya ada Daito Manabe(Artist, Composer, Programmer, Designer, DJ, VJ, and Rhizomatiks founding member), Yvett Merino (Producer of Disney’s “Encanto”), Byron Howard(Director of Disney’s “Encanto”).

Ada juga nih, Papa Raffi Ahmad (Founder & Chairman RANS Entertainment), Ridwan Kamil (Governor of West Java), Reza Servia(Producer, Managing Director of Starvision Plus), Ahmad Izham Omar (Executive Director, Content and Creative, Disney+, The Walt Disney Company Southeast Asia), dan beberapa nama besar lainnya.

Bukan hanya itu saja lho, IdeaFest 2021 juga menghadirkan figure inspiratif lainnya seperti Dian Sastrowardoyo, Voice of Baceprot (VoB), Dee Lestari, Jerome Kurnia, Arawinda Kirana.

Ada juga BrianMcGinn, Cecilia Soojeong Yi, Calvin Chua, Chand Parwez Servia, Sal Priadi, Bapak2ID, dan masih banyak lagi tentunya.

3. Kondisi pandemi yang tidak menghalangi daya gedor kreativitas

3. Kondisi pandemi tidak menghalangi daya gedor kreativitas
Dok. IdeaFest 2021

Situasi yang saat ini berubah tentu tidak akan menyurutkan semangat berkreasi dan berinovasi, Hal ini yang coba disampaikan oleh Muhammad Neil El Himam.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia tersebut sangat mengapresiasi pagelaran IdeaFest 2021.

Pasalnya, tetap berkomitmen memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri kreatif untuk berkolaborasi.

Menurutnya, dalam situasi pandemi ini, masyarakat perlu sudut pandang baru dalam melihat situasi ini untuk menciptakan kembali semangat bangkit dalam membangun ekosistem industri kreatif yang lebih baik.

“Dengan begitu, harapannya masyarakat dapat mampu bersaing, menciptakan inovasi, dan membangkitkan kembali potensi ekonomi kreatif Indonesia.” Pungkasnya.

4. Industri kreatif tidak lepas dari segala tantangan

4. Industri kreatif tidak lepas dari segala tantangan
Dok. IdeaFest 2021

Sebagai bentuk terciptanya generasi yang tangguh, Deputy Marketing, Activation of PT Gudang Garam Tbk, Pongky Putranto menjelaskan, Pro Warriors ingin menjadi bagian dari hal tersebut.

Menurutnya, Industri kreatif yang semakin bertumbuh juga tidak lepas dari segala tantangan yang ada seperti situasi saat ini yang tidak pasti dan persaingan yang semakin ketat antar pelaku usaha.

“Pro Warriors bersama IdeaFest tidak hanya ingin memberikan wadah pertukaran wawasan dan gagasan kreatif, namun juga lebih dari itu, kami ingin menyemangati generasi muda agar terus semangat dan tidak patah arang dengan apapun yang akan dihadapi,” katanya.

Nah, itu tadi beberapa hal penting dari acara IdeaFest 2021 yang bisa Mama tahu, diharapkan festival ini tetap bisa memberikan ruang serta kolaborasi untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.