5 Tips Jadi Guru yang Disukai Murid, Salah Satunya Jangan Suka Marah!

Bersikap supel dan humoris bisa membuat Mama jadi guru favorit para siswa!

25 November 2021

5 Tips Jadi Guru Disukai Murid, Salah Satu Jangan Suka Marah
Freepik/gpointstudio

Tanggal 25 diperingati sebagai Hari Guru Nasional, nah, bagi Mama yang berprofesi sebagai guru, ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa yang sudah diberikan.

Bagi Mama yang sudah jadi guru, mungkin pernah merasakan jadi murid terlebih dahulu tentunya. Berkat guru lah kita semua bisa membaca serta menulis. Tantangan terbesar dalam mengajar adalah berhadapan dengan murid, tentu mereka memiliki sifat dan perilaku yang berbeda-beda.

Agar materi pembelajaran dipahami, ada baiknya Mama yang berprofesi guru harus disukai terlebih dahulu nih sama murid-murid.

Berikut Popmama.com rangkum informasinya mengenai tips menjadi guru yang disukai para siswa, biar makin deket dan akrab nih!

1. Mencoba dekat dengan murid

1. Mencoba dekat murid
Freepik/pressfoto

Seperti dilansir dari WGU Edu, guru harus bisa dekat dengan muridnya agar disukai. Cobalah lebih bersahabat dengan murid ya!

Mengambil hati para murid tidak selalu dalam kelas saja lho, di luar kelas juga bisa misalkan mengikuti kegiatan rutinan kelas atau lainnya.

Nantinya, para murid akan menganggap Mama sebagai sahabatnya, tentu dengan pemahaman guru mesti dihormati dan berperilaku sopan.

Cobalah ajak murid berbincang selain pelajaran dan mudah akrab, agar terjalinnya hubungan yang baik antara Mama, murid dan orangtua murid.

Editors' Picks

2. Menyelipkan humor di kelas maupun di luar kelas

2. Menyelipkan humor kelas maupun luar kelas
Pexels/Katerina Holmes

Siapa sih yang tak senang jika guru nya seorang yang humoris dan suka bikin muridnya tertawa? Mungkin ini bisa jadi strategi dalam mengajar juga.

Walaupun pelajaran terbilang sulit, namun dengan pembawaan yang santai serta tidak menegangkan setidaknya murid jadi lebih terbuka dan tidak bosan.

Ketika sedang menerangkan, Mama bisa mencairkan suasana dengan penjelasan materi yang dekat dengan murid namun masih berkaitan dengan materi pembelajaran ya!

3. Jangan memarahi, namun ajak murid berbincang

3. Jangan memarahi, namun ajak murid berbincang
Pexels/Max Fischer

Mungkin Mama pernah waktu jadi murid dulu menandai bahwa guru A termasuk baik dan guru B termasuk yang killer.

Tentu anggapan itu datang dari perilaku seorang guru, jika memang yang ditonjolkan marah, maka akan melekat pada Mama.

Cobalah untuk mengajak ngobrol atau berbicara kepada murid tentang apa yang sudah dilakukan, dan mengapa ia kesulitan dalam belajar. Jika pembawaannya enak, mereka akan jujur dan terbuka. Mama juga tidak canggung dan mudah dekat dengan murid ketika mengajar.

4. Pahami materi pelajaran sebelumnya

4. Pahami materi pelajaran sebelumnya
pixabay/steveriot1

Mungkin para murid pernah merasakan kurang paham ketika gurunya menerangkan, dan itu juga yang jadi penghambat proses pembelajaran terganggu.

Nah, penting nih untuk Mama yang menjadi guru mengerti pembelajaran yang akan diajarkan kepada murid.

Mama bisa membaca terlebih dahulu sebelumnya, dan mengambil beberapa contoh kasus yang dekat dengan dunianya anak-anak, agar ia paham.

5. Jangan lemas, cobalah semangat dan antusias

5. Jangan lemas, cobalah semangat antusias
Freepik/benzoix

Ketika keadaan memaksa kita untuk belajar dari rumah bahkan terhalang jarak, pembelajaran tidak selalu monoton.

Dengan antusias dan semangat, Mama bisa memberikan senyum dan menyapa murid terlebih dahulu sebelum masuk ke materi.

Jika sudah demikian, semoga saja nih motivasi mereka dalam belajar kian bertambah dan Mama bisa jadi guru favorit para murid.

Nah, itu tadi beberapa tips bagaimana Mama bisa menjadi guru favorit para murid. Motivasi seorang guru dalam mengajar sangat penting, agar bisa lebih dekat dengan murid-muridnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.