5 Fakta The Minions dalam Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 jadi ajang debut The Minions, lho!

27 Juli 2021

5 Fakta The Minions dalam Olimpiade Tokyo 2020
Instagram/badminton.ina

Hingga saat ini pasangan atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, masih menjadi pasangan ganda putra peringkat satu dunia.

Melansir dari laman resmi bwfbadminton.com, Kevin/Marcus yang akrab dijuluki “The Minions” kokoh bertengger sebagai yang terbaik versi Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF).

Mengisi peringkat satu dunia, Kevin/Marcus turut mewakili Indonesia dalam gelaran olahraga akbar dunia Olimpiade Tokyo 2020 yang saat ini sedang dilaksanakan. Dalam laga perdana yang berlangsung di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (24/7/2021), The Minions tampil impresif dalam menghadapi pasangan atlet bulu tangkis ganda putra Inggris, Ben Lane/Sean Vendy.

Berikut informasi selengkapnya telah dihimpun dari IDN Times oleh Popmama.com untuk Mama.

1. Tampil sempurna di laga perdana

1. Tampil sempurna laga perdana
Instagram/badminton.ina

Persaingan grup A ganda putra bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 berjalan seru dan menarik. Melansir dari rilis Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Sabtu (24/7/2021), The Minions menyelesaikan tugas perdana mereka dengan sempurna, yakni menang dua gim langsung, 21-15, 21-11.

"Ini pertandingan pertama kami di Olimpiade, ada rasa tegang sedikit tetapi kami senang akhirnya bisa bermain di sini," ucap Marcus.

Marcus mengatakan, lawan mereka bermain bagus tapi dirinya dan Kevin juga merasa penampilan mereka sudah cukup baik.

“Mereka (pasangan ganda putra Inggris) sangat cepat terutama di gim pertama tetapi kami bisa mengatasinya dan jauh lebih baik di gim kedua,” ujarnya.

Lama tidak bertanding membuat banyak pihak menilai The Minions akan kesulitan tampil pada performanya tetapi hal itu terbantahkan ketika mereka tampil di laga perdana. Mereka bisa langsung mengeluarkan pola permainan yang diinginkan.

"Kami memang sudah lama tidak bertanding di laga kompetitif tetapi kami punya sparring yang bagus di pelatnas. Pemain ganda putra kelas dunia semua, jadi selama latihan yang panjang kemarin kami merasa rasa kompetitifnya tetap ada,” ujarnya.

Editors' Picks

2. Menang dalam duel melawan India

2. Menang dalam duel melawan India
Instagram/badminton.ina

Selanjutnya ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia ini juga memenangkan laga melawan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dalam duel penyisihan Grup A Olimpiade Tokyo 2002. Kevin/Marcus menang dalam duel yang digelar di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (26/7/2021), dua game langsung dengan skor 21-13, 21-12.

The Minions hanya perlu waktu 31 menit untuk menyudahi pertandingan. Permainan yang cepat dan atraktif membuat pasangan India tidak punya kesempatan untuk berkembang.

Selanjutnya di laga terakhir fase grup A Olimpiade Tokyo 2020, mereka melawan Lee Yang/Wang Chi-Lin asal Taiwan.

3. Tumbang melawan Taiwan

3. Tumbang melawan Taiwan
Instagram/badminton.ina

Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan pasangan ganda putra bulu tangkis asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin, pada laga terakhir fase grup A Olimpiade Tokyo 2020. Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Musashino Forest Sport Plaza, Selasa (27/7/2021), The Minions kalah tiga gim, 18-21, 21-15, dan 17-21.

Meski menelan kekalahan mereka tetap melaju ke babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Tiket ke perempat final sudah diamankan Kevin/Marcus saat mereka memenangi pertandingan kedua pada penyisihan Grup A melawan India.

Namun, untuk menentukan status juara dan runner-up grup, Kevin/Marcus dan Lee/Wang masih harus menanti hasil pertandingan penyisihan Grup A lainnya antara Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) dan Ben Lane/Sean Vendy (Inggris).

4. Debut di Olimpiade Tokyo 2020

4. Debut Olimpiade Tokyo 2020
IDN Times/PBSI

Bertanding di Olimpiade 2020 ternyata baru pertama kali dirasakan Kevin/Marcus. Walaupun tampil pertama kali di ajang olahraga dunia tersebut, The Minions tidak ingin terbawa beban.

Mereka justru ingin menikmati laga semaksimal mungkin karena masih ada beberapa pertandingan yang harus dijalani.

" Satu-satu saja, jalan masih jauh dan masih panjang," kata Kevin.

Senada dengan Kevin, Marcus mengatakan, dirinya dan Kevin sebenarnya ingin memenangkan emas tetapi tidak ingin menjadikan hal itu sebagai beban bagi mereka.

“Kami ingin memenangkan emas tetapi pertandingan itu masih jauh. Kami tidak ingin menambah tekanan pada diri kami sendiri. Kami hanya ingin menikmati setiap pertandingan selangkah demi selangkah," ujar Marcus.

5. Masuk dalam daftar pemain unggulan

5. Masuk dalam daftar pemain unggulan
IDN Times/PBSI

Pasangan Kevin/Marcus masuk dalam daftar pemain unggulan Indonesia. Sementara pemain unggulan lainnya:

  • Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting [5] dan Jonatan Christie [7]
  • Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung [14]
  • Ganda putra: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan [2]
  • Ganda campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti [4]

Dari ketujuh wakil Indonesia, hanya pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang tidak masuk dalam daftar tersebut.

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai The Minions di Olimpiade Tokyo 2020. Kita doakan ya, semoga pasangan unggulan bulu tangkis Indonesia ini bisa mengharumkan nama bangsa dengan menjuarai Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.