6 Hadis tentang Pentingnya Menjaga Silaturahmi, Amalkan Yuk!

Silaturahmi merupakan amalan untuk menyambung tali persaudaraan

29 Maret 2022

6 Hadis tentang Penting Menjaga Silaturahmi, Amalkan Yuk
umma.id

Umat Islam dianjurkan untuk menjaga silaturahmi. Silaturahmi memiliki keutamaan, antara lain merekatkan tali persaudaraan, menambah saudara, mendatangkan keberkahan, serta memperpanjang umur.

Silatuhrami jika diartikan secara harfiah adalah persahabatan atau persaudaraan. Kata “silaturahim” atau “silaturahmi” berasal dari dari dua kata, yakni shilah dan al-rahim atau al-rahmi.

Shilah” berarti sambungan/menyambung/menjalin/menghubungkan. Sementara "al-rahim" atau "al-rahmi" merupakan dari satu akar kata yang sama, yaitu rahima–yarhamu. Dari kata rahima–yarhamu menghasilkan dua bentuk kata yang berbeda dan mempunyai arti yang berbeda, yaitu bisa berarti kasih sayang, dan yang kedua bisa berarti rasa sakit pada rahim perempuan setelah melahirkan.

Dengan demikian, silaturahmi dapat dipahami sebagai amalan untuk menyambung tali persaudaraan. Seperti diketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran manusia lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW juga mengajarkan agar setiap umat muslim hendaknya selalu bersilaturahmi.

Ada beberapa hadis yang membahas tentang silaturahmi beserta keutamaannya. Apa saja hadis tersebut? Kali ini Popmama.commengulasnya dari beragam sumber.

1. Makna dari bersilaturahmi

1. Makna dari bersilaturahmi
Freepik/rawpixel-com

"Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat, merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya," (HR Bukhari).

Dari hadis tersebut, Nabi Muhammad SAW menjelaskan makna dari bersilaturahmi, yakni selain membalas kebaikan juga mengusahakan untuk menjalin hubungan yang baik meski hubungan tersebut sudah rusak.

Hadis tersebut juga menjelaskan bahwa setiap muslim dianjurkan untuk mempererat silaturahmi walau sempat memiliki permasalahan terhadap keluarga atau seseorang yang bersangkutan.

2. Perintah untuk menjalin silaturahmi

2. Perintah menjalin silaturahmi
Freepik/rawpixel.com

Hadis perintah silaturahmi tercantum dalam hadis yang diceritakan Abu Aiyub Al-Ansari:

Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara,” (HR Bukhari).

Dari hadis tersebut, Allah SWT tidak hanya meminta hambaNya untuk mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menghindari sifat syirik tetapi juga meminta hambaNya untuk menjalin silaturahmi. Ini menunjukkan betapa pentingnya menjalin silaturahmi, baik dengan orangtua maupun saudara dan teman.

Editors' Picks

3. Silaturahmi dapat melapangkan pintu rezeki

3. Silaturahmi dapat melapangkan pintu rezeki
Freepik

Dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa ingin lapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi," (HR. Bukhari) (Shahih No. 5986 versi Fathul Bari).

4. Menjaga silaturahmi merupakan tanda orang yang beriman

4. Menjaga silaturahmi merupakan tanda orang beriman
Freepik

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda:

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam," (HR. Bukhari) (Shahih No. 6138 versi Fathul Bari).

5. Menjaga silaturahmi adalah salah satu jalan menuju surga

5. Menjaga silaturahmi adalah salah satu jalan menuju surga
Freepik

"Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat," (HR Ibnu Majah).

6. Keuntungan bagi umat muslim yang mempertahankan silaturahmi

6. Keuntungan bagi umat muslim mempertahankan silaturahmi
quora.com

Dalam hadis yang diceritakan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan Allah SWT akan bersama orang yang mempertahankan silaturahmi.

Abu Huraira melaporkan seseorang berkata, "Ya Rasulullah SAW, saya punya keluarga yang jika saya berusaha menyambung silaturrahmi maka mereka berusaha memutuskannya. Dan jika saya berbuat baik pada mereka, maka mereka balik berbuat jelek kepadaku dan bersikap acuh tak acuh padahal saya bermurah hati pada mereka”.

Rasulullah SAW kemudian menjawab, "Jika seperti yang dikatakan, maka engkau melempar debu panas ke wajah mereka dan tetap di sana atas kehendak Allah SWT. Allah SWT (serta malaikat yang selalu membantu) akan membuatnya terus menang atas mereka selama kamu mengikuti jalan yang baik ini," (HR Muslim).

Demikian beberapa hadis yang membahas tentang pentingnya menjaga silaturahmi. Dari hadis-hadis tersebut diketahui bahwa keutamaan dalam menjalankan silaturahmi akan membuat kamu merasakan hal-hal yang positif.

Oleh karena itu, jagalah silaturahmi dengan keluarga dan orang-orang terdekat kamu karena Allah SWT akan mempermudah segala urusanmu.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk