Ingin Jalani Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi? Berikut Tips-Tipsnya!

Menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi sangat penting lho, Ma!

24 Juli 2021

Ingin Jalani Pola Hidup Sehat Tengah Pandemi Berikut Tips-Tipsnya
Pexels/karolina-grabowska

Situasi pandemi yang masih tak menentu menjadikan kesehatan diri sendiri serta orang-orang terdekat menjadi semakin penting untuk dijaga. Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan metabolisme dan imun tubuh di tengah pandemi adalah mempunyai kesadaran penuh untuk menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan segala asupan nutrisi yang dikonsumsi.

Nah, apa saja cara untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi saat ini? Certified Sports Nutritionist, dr. Dion Haryadi, dalam acara “Solusi Memulai Hidup Sehat dari Rumah bersama Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket” membagikan beberapa tips untuk mulai menerapkan hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga di kala pandemi.

Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama.

1. Lakukan secara perlahan dari kebiasaan yang paling mudah

1. Lakukan secara perlahan dari kebiasaan paling mudah
Freepik/wayhomestudio

Dalam memulai pola hidup sehat, jangan terlalu terburu-buru. Mulailah dari satu kebiasaan saja yang mudah dan nantinya bisa dikembangkan.

Contohnya, daripada langsung memutuskan untuk berhenti mengonsumsi minuman manis selamanya, lebih baik jika mengubah pola pikir dengan mulai mencoba mengurangi minuman manis.

Jika sebelumnya memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman manis setiap hari, yaitu 7x dalam seminggu, coba ntuk mengubah kebiasaan tersebut secara perlahan dengan menguranginya menjadi 6x dalam seminggu.

Editors' Picks

2. Beri penilaian dengan skala 1-10 untuk setiap kebiasaan

2. Beri penilaian skala 1-10 setiap kebiasaan
Activeats.ca

Coba mulai mengklasifikasikan kebiasaan harian dengan rating 1-10. 1 adalah kebiasaan yang sangat sulit dan 10 adalah kebiasaan yang teramat mudah. Lalu targetkan diri sendiri untuk bisa melakukan kebiasaan sehat hingga di atas angka 8.

Dengan memiliki target, diharapkan setiap orang dapat mulai membangun kebiasaan baru dengan semangat.

Hal ini juga dapat diaplikasikan dalam mulai mempelajari membaca tabel nutrisi agar mengetahui makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Membangun kebiasaan hidup sehat perlu waktu dan usaha

3. Membangun kebiasaan hidup sehat perlu waktu usaha
Freepik/pvproductions

Diperlukan ketekunan dan niat yang kuat untuk membangun gaya hidup sehat. Hal itu tentunya bisa diwujudkan dalam aktivitas yang dilakukan sehari-hari, seperti bereksperimen memasak satu menu baru setiap minggu.

Apabila ingin berkreasi dalam membuat masakan, upayakan membuat rencana belanja kebutuhan pokok terlebih dahulu agar memudahkan kita dalam membuat menu yang diinginkan. Tentunya sekarang lebih dimudahkan karena dapat berbelanja kebutuhan pokok dari rumah secara online.

4. Bukan makan yang banyak tetapi makan yang tepat

4. Bukan makan banyak tetapi makan tepat
Freepik/gpointstudio

Dalam menu yang sehat tentunya gizi harus seimbang. Usahakan selalu mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari. Ragam pilihan produk segar baik daging, sayur dan buah sangat mudah ditemukan saat ini.

Untuk memulai pola hidup sehat sebaiknya Mama melakukannya dari hal yang paling bisa dan nyaman untuk dilakukan. Ketika merasa nyaman dengan pola hidup sehat yang dilakukan, maka bisa ditambah dengan rutinitas yang lainnya.

Dengan begitu Mama tidak merasa terlalu dituntut untuk melakukan segalanya dalam satu waktu tetapi jika bisa melakukan semua hal itu bersamaan maka akan sangat baik.

Semangat untuk menerapkan pola hidup sehat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.