12 Sinetron dengan Episode Terpanjang, Banyak yang Sampai Ribuan!

Beberapa judul sinetron bahkan sampai dibuat beberapa season dengan cerita yang semakin rumit

28 Juli 2021

12 Sinetron Episode Terpanjang, Banyak Sampai Ribuan
Instagram.com/_santy55

Sinetron Indonesia identik dengan kisah drama kehidupan sehari-hari di masyarakat sehingga tak mengherankan jika episodenya panjang. Beberapa judul sinetron bahkan sampai dibuat beberapa season dengan cerita yang semakin rumit.

Ditambah peran-peran baru yang bermunculan, bukannya menemui titik akhir malah membuat ceritanya makin kompleks. Namun, tak terbantahkan kalau sinetron memang merupakan pilihan acara televisi favorit penonton yang tak pernah sepi peminat.

Berbagai genre yang tak melulu tentang romansa pun sering menghiasi layar kaca. Tayang setiap hari, penonton malah dibuat semakin penasaran dengan lanjutan alur cerita yang makin seru.

Dari sekian banyak judul sinetron Indonesia yang pernah tayang, berikut ini beberapa sinetron yang punya episode terpanjang dan jadwal tayang terlama. Adakah yang sempat jadi tontonan favorit Mama di rumah?

Yuk, simak informasi dari Popmama.com berikut ini!

1. Tukang Ojek Pangkalan

1. Tukang Ojek Pangkalan
mncpictures.com

Sinetron yang biasa disingkat TOP tayang sejak April 2015. TOP memiliki sekitar 2.500 episode. Menariknya, sampai sekarang sinetron ini masih tayang.

Penggemar sinetron ini pun masih banyak lho. TOP juga pernah menang di ajang Indonesian Television Awards 2019 sebagai Program Prime Time Drama Terpopuler dan Panasonic Gobel Awards 2019 sebagai Program Sinetron Serial Terfavorit.

2. Tukang Bubur Naik Haji

2. Tukang Bubur Naik Haji
visionplus.id

Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) The Series disiarkan sejak 2012 sampai 2017. Sinetron ini rampung dengan 2.300 episode.

TBNH The Series pernah ditegur KPI karena melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) tentang perlindungan kepentingan publik. Sinetron yang dibintangi Citra Kirana ini juga pernah menang kategori Special Foreign Drama di International Drama Festival in Tokyo 2014.

3. Dunia Terbalik

3. Dunia Terbalik
mncpictures.com

Dunia Terbalik adalah salah satu sinetron yang masih tayang hingga saat ini dan masih mungkin naik peringkat sebagai sinetron terpanjang Indonesia.

Drama ini menceritakan kehidupan para suami yang ditinggal istrinya bekerja di luar negeri. Tayang sejak awal 2017, sinetron ini sudah punya sekitar 2.200 episode.

4. Anak Langit

4. Anak Langit
vidio.com

Sinetron Anak Langit tayang sejak Februari 2017 dengan alur cerita seputar kehidupan geng motor. Berbagai penghargaan dan nominasi pun berhasil diperoleh sinetron yang memiliki 1.560 episode ini.

Sinetron ini dihentikan tiba-tiba karena Covid-19. Sayangnya, pihak produksi mengumumkan tak akan dilanjutkan lagi.

5. Bajaj Bajuri

5. Bajaj Bajuri
Twitter.com/transtv_corp

Tayang dari 2002 sampai 2007, Bajaj Bajuri menjadi salah satu sinetron komedi terkemuka di Indonesia. Sinetroin yang dibintangi Mat Solar ini tamat dengan 1.291 episode.

Sinetron yang digarap GMM Films Productions ini dibuatkan versi film atas naungan Starvision Plus pada 2014 lalu.

Editors' Picks

6. Jodoh Wasiat Bapak

6. Jodoh Wasiat Bapak
id.wikipedia.org

Dua tahun tayang, sinetron yang awalnya berjudul Jodoh Pengantar Jenazah ini adalah salah satu tayangan terbaik ANTV. Sinetron ini menggabukan genre horor, supranatural, dan komedi.

Sinetron yang dibintangi Adly Fairuz ini memiliki 1.042 episode. Sinetron ini sempat kena tegur KPI karena adegan horor alias hantu yang terlalu sering dimunculkan.

7. Tersanjung

7. Tersanjung
id.wikipedia.org

Generasi 90-an tentu tak lupa dengan kehadiran sinetron Tersanjung yang menampilkan akting Ari Wibowo, Lulu Tobing, Jihan Fahira, hingga Mega Utami. Tersanjung termasuk salah satu sinetron dengan episode terpanjang pada masanya.

Sinetron tahun 90-an ini sampai mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) karena masa tayangnya yang sukses mencapai musim ketujuh atau tujuh tahun sejak 10 April 1998 – 3 Juni 2005.

Tersanjung pernah menjadi sinetron terpopuler yang diproduksi oleh Multivision Plus dengan durasi 60 menit per episodenya. Episode perdananya tayang pada 10 Juli 1998 dan bertahan selama tujuh musim.

Pemeran utama sinetron yang tayang di Indosiar ini sampai berganti tiga kali.

Musim pertama sampai tiga, pemeran utama wanita diperankan oleh Lulu Tobing. Lalu, musim empat sampai lima diperankan oleh Jihan Fahira dan musim enam hingga tujuh diperankan oleh Lingga Suri.

Genre sinetron ini adalah drama kehidupan rumah tangga yang makin lama makin pelik. Adanya kisah cinta di tengah perbedaan kelas sosial yang ditampilkan di sinetron ini berhasil menarik hati pemirsa televisi.

8. Cinta Fitri

8. Cinta Fitri
imdb.com

Tayang sejak 2007 sampai 2011, Cinta Fitri adalah sinetron favorit khususnya kaum ibu-ibu. Sinetron ini memiliki 1.002 episode.

Sama seperti Tersanjung, sinetron ini dibagi 7 dalam season yang tayang dalam kurun waktu empat tahun. Cinta Fitri menang Panasonic Gobel Awards untuk kategori Drama Seri Terbaik selama dua tahun berturut-turut pada 2009 dan 2010.

9. Raden Kian Santang

9. Raden Kian Santang
rctiplus.com

Sinetron kolosal berjumlah 835 episode ini mulai tayang di MNCTV pada akhir Mei 2012. Raden Kian Santang menceritakan kisah putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran.

Sinetron yang dibintangi oleh Alwi Assegaf ini setelah dua tahun nangkring di televisi akhirnya resmi berakhir pada 5 Oktober 2014.

10. Anak Jalanan

10. Anak Jalanan
idntimes.com

Menggandeng nama Natasha Wilona dan Stefan William, sinetron Anak Jalanan booming saat penayangannya. Dengan genre laga romansa membuat adegan pengeroyokan yang ditampilkan ditegur KPI.

Apalagi dalam alur cerita cukup sering terjadi adegan balap motor. Anak Jalanan sendiri berakhir di episode 810.

11. Orang Ketiga

11. Orang Ketiga
sctv.co.id

Orang Ketiga tayang perdana pada 15 Januari 2018. Sinetron ini digarap oleh Sinemart. Sejumlah artis kenamaan seperti Naysilla Mirdad, Marshanda, Rionaldo Stockhorst, dan Samuel Zylgwyn digaet untuk membintangi sinetron yang memiliki 809 episode ini.

12. Ikatan Cinta

12. Ikatan Cinta
Instagram.com/ikatancintaofficiall

Sinetron yang satu ini tayang perdana sejak 19 Oktober 2020. Ikatan Cinta sampai saat ini masih ditayangkan di RCTI dan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 316 episode.

Bagi sebagian ibu-ibu yang sering menonton televisi mungkin sudah tidak asing dengan sinetron Ikatan Cinta. Namun, di awal penayangannya, sinetron ini juga ramai dibicarakan di media sosial oleh anak-anak muda. 

Ikatan Cinta dibintangi sejumlah aktor dan aktris muda berbakat, yaitu Amanda Manopo (Andin), Arya Saloka (Aldebaran), Glenca Chysara (Elsa), dan Evan Sanders (Nino).

Sebelum bermain di Ikatan Cinta, Amanda Manopo dikenal sebagai Ariel di sinetron Mermaid In Love. Ia juga bermain di Ratapan Ibu Tiri sebelum fokus syuting Ikatan Cinta.

Sementara Arya Saloka juga pernah membintangi sinetron hits, seperti Get Married The Series 2 sebagai Guntoro dan Tukang Ojek Pengkolan sebagai Deni. Ia juga pernah membintangi beberapa film yang berjudul Habibie & Ainun 3, Night Bus, dan Menunggu Pagi.

Sedangkan Glenca pernah membintangi film Yowis Ben dan Yowis Ben 2 dan Evan dalam sinetron Sayap Ibunda.

Demikianlah 12 sinetron Indonesia yang punya episode terpanjang dan jadwal tayang terlama. Tentu judul-judulnya tidak asing dan pasti banyak yang sudah Mama tonton.

Ada yang jadi favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.