Kasus COVID-19 di Krukut Bertambah, Micro Lockdown Diperluas

Varian Omicron terkonfirmasi memasuki wilayah Kelurahan Krukut

12 Januari 2022

Kasus COVID-19 Krukut Bertambah, Micro Lockdown Diperluas
Pexels/Edward Jenner

Sebanyak 14 RT di RW 02 Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat diterapkan micro lockdown atau karantina mikro setelah 52 warganya terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya micro lockdown hanya dilakukan di empat RT.

"Jadi sebelumnya ada empat RT, sekarang 14 RT," ucap Lurah Krukut, lham Nurkarin, Rabu (12/1/2022).

Pihaknya bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat juga terus melakukan tracing massal mengingat kasus penyebaran di RW 02 sangat masif.

Berikut Popmama.com ulas informasi mengenai kasus Covid-19 di Kelurahan Krukut Popmama.com, dilansir dari berbagai sumber.

Editors' Picks

1. Kasus positif Covid-19 di Kelurahan Krukut bertambah jadi 52 warga

1. Kasus positif Covid-19 Kelurahan Krukut bertambah jadi 52 warga
Pexels/Markus Spiske

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat mengalami peningkatan. Lurah Krukut, Ilham Nurkarin mengungkapkan, data terbaru menyatakan ada penambahan 12 orang positif Covid-19 sehingga totalnya kini menjadi 52 orang.

"Kemarin dua hari yang lalu 40 (kasus), terus kemarin di-update dari Puskesmas untuk di wilayah Krukut nambah ada 52," ujar Ilham, Rabu (12/1/2022).

Ia menjelaskan, penambahan tersebut berdasarkan hasil tes swab antigen dan PCR yang dilakukan beberapa hari sebelumnya. Selain itu, upaya pelacakan atau tracing masih terus dilakukan di wilayah tersebut.

"Justru yang baru kemarin di-PCR belum keluar, minimal dua sampai tiga hari. Kalau capaian tracing kemarin ini 300-an,” ungkapnya.

1. Seorang warga terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron

1. Seorang warga terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron
Pixabay/Alexandra_koch

Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Krukut, Tamansari, Jakarta Barat mengalami peningkatan menjadi 52 warga. Diketahui pula kasus pertama Covid-19 di wilayah tersebut telah terkonfirmasi sebagai varian baru Omicron.

Hal itu dibenarkan oleh Lurah Krukut, Ilham Nurkarin. Ia menyatakan, kasus pertama Covid-19 berinisial R (55) terkonfirmasi varian Omicron setelah pulang dari perjalanan luar kota. Hal ini dipastikan dari hasil laboratorium Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Saat terkonfirmasi Covid-19 pada Jumat (7/1/2022) lalu, R diketahui mengalami keluhan seperti batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala hingga nyeri otot.

“Iya itu (kasus pertama R) sudah konfirmasi kasus (Omicron) pertama di Krukut ya. Yang lain belum,” ucap Ilham.

3. Kebutuhan logistik untuk warga RW 02 Krukut yang menjalani isoman dipastikan terjamin

3. Kebutuhan logistik warga RW 02 Krukut menjalani isoman dipastikan terjamin
Popmama.com/Fajar Perdana
Ilustrasi

Lurah Krukut, Ilham Nurkarin memastikan, bahwa kebutuhan logistik untuk warga RW 02 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya terjamin.

"Sebagai bentuk tanggung jawab dan bentuk kepedulian, jadi kita tidak hanya melaksanakan lockdown lokal tapi kita juga memberikan kebutuhan pokok untuk mereka yang karantina,” ujar Ilham.

Ilham menyebut, saat ini micro-lockdown dilakukan di RW 02 saja. Saat ini keseluruhan RT di wilayah tersebut ditutup.

"Jadi sebelumnya ada empat RT, sekarang 14 RT," ucap Ilham.

Micro-lockdown secara keseluruhan di RW 02 dilakukan mulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Terdapat 897 kepala keluarga (KK) atau sekitar 2.700 jiwa di RW tersebut. Sejumlah sembako sudah mulai didistribusikan, bahkan dapur umum pun akan dibentuk.

"Lagi proses pengajuan (untuk pasokan pangan) tapi yang empat RT kemarin lagi kita salurkan," ujarnya.

Ilham menerangkan, bantuan juga datang dari Polres Jakbar. Ia pun memastikan bahwa stok logistik cukup untuk memenuhi kebutuhan warga selama satu pekan ke depan. Satgas tingkat Kota Jakarta Barat juga terus memantau kesehatan warga yang menjalani karantina mandiri.

"Kita terus monitor kesehatan tiap warganya kalau ada keluhan nanti Pak RW langsung merujuk," terangnya.

Itulah informasi mengenai kasus Covid-19 varian Omicron yang sudah memasuki wilayah Krukut, Tamansari, Jakarta Barat.

Tetap kesehatan dan protokol kesehatannya, ya! Semoga kasus Covid-19 tidak semakin bertambah ke depannya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.