10 Rutinitas Pagi yang Membuat Harimu Lebih Segar dan Produktif

Memulai hari dengan cara yang benar mampu membuat mood bagus seharian

27 Mei 2022

10 Rutinitas Pagi Membuat Harimu Lebih Segar Produktif
Freepik/lookstudio

Memulai hari dengan rutinitas pagi yang baik sangat penting untuk menjaga pikiran tetap sehat sepanjang hari. Rutinitas pagi dikatakan dapat meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas, mengurangi tingkat stres, serta sangat berpengaruh dalam mengatur pikiran dan suasana hati di hari itu.

Saat memulai rutinitas pagi, penting juga untuk mempertimbangkan berapa banyak waktu yang dimiliki. Meskipun hanya punya waktu 60 menit atau bahkan hanya 20 menit setiap pagi, kamu bisa menggunakan waktu itu dengan sebaik mungkin.

Yang terpenting, berikan waktu yang realistis sesuai keperluan harianmu.

Kamu dapat mulai membiasakan untuk menciptakan waktu pagi harimu lebih produktif dan menyegarkan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut Popmama.com sajikan beberapa rutinitas pagi yang patut kamu coba.

1. Bangun lebih pagi

1. Bangun lebih pagi
Freepik/marymarkevich

Pagi hari yang produktif dimulai dengan bangun pagi. Untuk bisa bangun lebih pagi, usahakan tidur lebih awal.

Jangan hanya bangun untuk mematikan alarm dan melanjutkan tidur lagi. Jika memang terasa sulit untuk bangun pagi, kamu dapat mengakalinya dengan tidur lebih awal.

Tubuh kita memiliki ritme sirkadian atau jam internal tubuh yang merespons ketika matahari terbit. Jadi, cobalah bangun lebih awal agar tubuhmu merasa segar.

Waktu terbaik untuk tidur adalah antara pukul 22.00-06.00.

2. Buka tirai dan jendela kamar tidur

2. Buka tirai jendela kamar tidur
Pexels/Thirdman

Hal penting yang harus dilakukan saat bangun tidur adalah membuka tirai dan jendela kamar tidur. Setelah membuka tirai kemudian duduklah di ujung tempat tidur selama beberapa menit. 

Ini memungkinkan dirimu menikmati cahaya alami dari sinar matahari di pagi hari yang mengalir melalui jendela dan mengambil jeda untuk benar-benar bangun.

Cahaya alami ini membantu "mengakhiri" jam internal tubuhmu. Ini dapat membantu tubuhmu untuk menyadari sudah waktunya untuk bangun.

Cahaya alami ini juga dapat membuat kamu merasa mengantuk lebih awal di malam hari sehingga lebih mudah untuk tidur tepat waktu.

Buka tirai dan jendela kamar tidurmu segera setelah kamu bangun dari tempat tidur dan luangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam dan menikmati udara segar di pagi hari.

3. Minum air putih

3. Minum air putih
Freepik/diana.grytsku

Sebelum menikmati secangkir teh atau kopi, cara terbaik untuk “mengisi ulang” tubuh dan menghidrasinya adalah dengan minum segelas air putih di pagi hari segera setelah bangun tidur.

Air dapat meningkatkan fungsi kognitif yang dapat membuat seseorang berpikir lebih jernih serta meningkatkan suasana hati dan energi hingga menjaga keseimbangan emosi. Minum air putih adalah kebiasaan baik untuk menyusun rutinitas selanjutnya.

Hal ini tampak sepele tetapi bermanfaat besar. Agar kebiasaan ini lebih mudah dibangun, kamu bisa menyiapkan segelas air putih tersebut sebelum tidur.

4. Rapikan tempat tidur

4. Rapikan tempat tidur
Pexels/Cottonbro

Merapikan tempat tidur sebenarnya tidak menguras banyak waktu tetapi banyak orang yang sering mengabaikannya. Jika kamu tidak biasa merapikan tempat tidur setiap pagi, mungkin ini saatnya kamu perlu mempertimbangkannya kembali. 

Kebiasaan merapikan tempat tidur berkorelasi positif dengan tidur yang lebih nyenyak dan suasana hati yang lebih bahagia secara keseluruhan.

Dengan merapikan tempat tidur, kamu telah menunjukan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan pekerjaan dengan benar sehingga kamu akan lebih merasa ringan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya sepanjang hari.

Editors' Picks

5. Berjalan kaki ke luar rumah

5. Berjalan kaki ke luar rumah
Freepik/onlyyouqj

Berjalan di luar ruangan bisa membantumu untuk memulai hari dengan tenang dan lebih terkontak dengan bumi (grounding). Membiarkan tubuh disinari matahari juga baik untuk menstimulasi serotonin, hormon yang membantu meningkatkan suasana hati.

Selain itu, berjalan kaki di luar ruangan juga bisa mengaktifkan semua pancaindera. Saat angin mengenai wajah, suara alam masuk ke telinga, mencium bau tertentu, semua pancaindera bekerja.

Hal itu membuat seseorang menjadi mindfull dan bisa meredam kecemasan.

6. Berolahraga

6. Berolahraga
Freepik/Tirachardz

Olahraga terbukti memiliki efek positif pada suasana hati dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, jadi hal ini perlu dipertimbangkan untuk diprioritaskan. Olahraga akan melepaskan endorfin yang dapat membantu untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres dan kecemasan sehingga harimu menjadi jauh lebih baik.

Olahraga tidak harus berat karena peregangan ringan dengan menggerakkan tubuh juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Cobalah lakukan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

Ini akan membantu mendukung ritme sirkadian (jam internal tubuh) dan meningkatkan fungsi pernapasan tubuh.

7. Meditasi

7. Meditasi
Freepik/karlyukav

Mulailah secara sederhana dengan meluangkan waktu lima menit untuk meditasi lalu tingkatkan dalam setiap pekan. Ketika pikiran melayang, cobalah segera mengembalikannya untuk fokus pada napas.

Kamu bisa melakukan meditasi dengan duduk dalam keheningan, mendengarkan musik yang membuat rileks, atau menggunakan panduan meditasi dari aplikasi dan YouTube. Selama melakukan meditasi, kita juga bisa mengucap pada diri sendiri kalimat seperti "saya tenang dan saya akan baik-baik saja".

Kita juga bisa melakukan pemindaian tubuh dengan mulai dari kepala, membangun kesadaran di setiap anggota tubuh dan melepaskan ketegangan dari area-area tubuh sambil terus memindai hingga kaki.

8. Jangan lewatkan sarapan

8. Jangan lewatkan sarapan
Freepik/nensuria

Suasana hati sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi. Sarapan sehat bisa membantu kita tetap berenergi sepanjang hari.

Pilihan sarapan seimbang yang mengandung protein, lemak sehat, serat, karbohidrat kompleks, disertai mengonsumsi air putih yang dapat membantumu untuk tetap bersemangat sampai makan siang.

Penting untuk cukup makan dan minum yang sehat setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu mengurangi stres, tegang, dan bisa membantu menenangkan pikiran sepanjang hari.

9. Jangan langsung mengecek ponsel setelah bangun tidur

9. Jangan langsung mengecek ponsel setelah bangun tidur
Freepik/lookstudio

Melansir dari Huffpost.com, menurut psikolog klinis dari Wellspace SF Amerika Serikat, Gina Delucca, kebiasaan buruk melihat ponsel saat bangun pagi akan membuat seseorang langsung berada pada "mode kerja" sehingga lebih mudah cemas tentang hari yang akan mereka hadapi bahkan sebelum bangun dari tempat tidur. Sama halnya dengan orang-orang yang membuka media sosial atau membaca berita ketika membuka mata.

"Saya melihat banyak sekali orang mengecek email di pagi hari yang secara otomatis menempatkan mereka dalam 'work mode'; dan membuat mereka merasa cemas," ujar Delucca.

Semua kebiasaan itu dapat memicu kecemasan apalagi jika membaca sesuatu yang negatif atau mengerikan. Untuk menghindarinya, letakkan ponsel di tempat yang jauh dari tempat tidur atau jauh dari jangkauan.

Bukan berarti kita harus menghindari ponsel sama sekali di pagi hari.

"Saya sangat merekomendasikan memberi diri kita waktu sejenak untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan di pagi hari sebelum memulai aktivitas,” ucapnya.

10. Menulis ucapan syukur

10. Menulis ucapan syukur
Unsplash/My Life Journal

Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan semua hal baik dalam hidup. Kamu bisa membuat daftar beberapa hal dan menuliskannya di dalam buku harian atau jurnal.

Menulis daftar ucapan terima kasih setiap pagi adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perspektif dan membuat dirimu berada dalam kerangka berpikir yang benar sepanjang sisa hari itu.

Dengan menuliskan siapa dan apa saja dalam hidup yang kamu syukuri di pagi hari, kamu akan memulai hari dengan optimis.

Nah, demikian beberapa rutinitas pagi yang bisa kamu mulai lakukan dengan rutin. Semoga informasi yang disajikan Popmama.com ini bermanfaat ya dan tetap semangat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk