Yuk, Kenali Manfaat Selai Kacang bagi Kesehatan!

Selai kacang bukan hanya dinikmati karena lezat saja melainkan juga karena kandungan nutrisinya

23 Oktober 2021

Yuk, Kenali Manfaat Selai Kacang bagi Kesehatan
Freepik/Azerbaijan-stockers

Selai kacang terbuat dari kacang tanah yang disangrai atau kacang tanah kering yang dipanggang dan ditumbuk halus sampai berwujud pasta kemudian diberi pengawet berupa gula dan garam.

Lemak yang terkandung dalam kacang adalah lemak nabati baik, seperti yang terdapat pada minyak zaitun dan buah alpukat. Kandungan asam lemak tak jenuh berlimpah yang terkandung pada selai kacang, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam α-linolenat sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin, mineral, lesitin, serat makanan, protein, dan sebagainya. 

Selai kacang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Bukan hanya menurunkan berat badan, selai kacang juga bisa membantumu agar tidak mudah sakit.

Nah, penasaran apa saja manfaat dari selai kacang?

Berikut ulasan dari Popmama.com, seperti melansir dari Bright Side.

1. Mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara

1. Mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara
Freepik/jcomp

Protein alami dan lemak alami dalam selai kacang dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Amerika Serikat yang dilakukan oleh Breast Cancer Research Foundation dan National Institute of Health.

Makan selai kacang setiap hari akan menambah efek positif khususnya bagi payudara. Akan lebih bagus lagi kalau selai kacang ditambahkan di dalam menu makanan tetapi tidak dianjurkan bagi yang memiliki alergi terhadap selai kacang.

2. Menurunkan berat badan

2. Menurunkan berat badan
Freepik/racool_studio

Tak sedikit orang menganggap selai kacang memiliki lemak berlebih sehingga tidak baik dikonsumsi untuk program diet. Ternyata pemikiran itu salah karena selai kacang merupakan sumber protein, serat dan nutrisi.

Tidak banyak juga yang tahu bahwa selai kacang tidak mengubah kadar gula justru menyediakan elemen sehat dalam tubuh. Mulailah mengonsumsi dua sendok makan selai kacang dalam waktu dua kali seminggu dan ini mampu menurunkan berat badan secara optimal.

3. Menurunkan tingkat stres

3. Menurunkan tingkat stres
huffingtonpost.com

Selai kacang mengandung sterol tanaman yang biasa disebut beta-sitosterol, yang berfungsi menurunkan kadar hormon stres kortisol. Banyak kandungan positif dalam selai kacang, seperti lemak sehat, antioksidan, magnesium, dan vitamin C yang membantu mengatasi kekurangan unsur-unsur tersebut di dalam tubuh.

Hal ini akan membuat kamu merasa lebih baik dan memberikan efek baik pada mood atau suasana hatimu.

Editors' Picks

4. Meningkatkan aktivitas otak dan memori

4. Meningkatkan aktivitas otak memori
Freepik/Ksandrphoto

Selai kacang mampu meningkatkan kinerja pada otak saat belajar, bekerja atau melakukan aktivitas apapun.

Kamu akan lebih aktif dan tidak mudah lelah karena mengonsumsi selai kancang. Dalam berpikir, kamu juga akan menjadi orang yang cepat tanggap.

Vitamin E, seng, magnesium, dan niasin dalam kacang mendukung aktivitas otak. Vitamin E juga mampu meningkatkan daya ingat, terutama bagi orang tua. Bahkan itu juga membantu meredakan penyakit Alzheimer.

5. Memulihkan otot setelah berolahraga

5. Memulihkan otot setelah berolahraga
Freepik/Wavebreakmedia

Jika kamu suka berolahraga berat, sebaiknya mengonsumsi selai kacang karena selai ini merupakan makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga. Lemak dan karbohidrat yang terkandung di dalam selai kacang mencukupkan energi yang dibutuhkan di setiap sesi olahraga.

Kalium yang tinggi dalam selai kacang sangat baik untuk memulihkan otot dan tulang setelah melakukan aktivitas berat. Selain memulihkan otot dan tulang, selai kacang juga mampu mencegah sakit otot dan kram otot.

6. Mengontrol tekanan darah

6. Mengontrol tekanan darah
Freepik/Jcomp

Selai kacang mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh tetap stabil karena di dalam selai kacang terkandung potasium yang mampu secara luar biasa menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang tinggi sangat membahayakan tubuh khususnya bagi orang tua. Magnesium yang terdapat dalam selai kacang juga memberikan efek yang sama untuk mencegah naiknya tekanan darah.

7. Menurunkan risiko terkena diabetes

7. Menurunkan risiko terkena diabetes
Freepik/Sosiukin

Selai kacang tidak mengandung lemak jenuh melainkan lemak baik atau lemak tak jenuh. Lemak yang terkandung pada selai kacang menyehatkan bagi tubuh karena tidak menyebabkan diabetes.

Lemak tersebut mampu meningkatkan stabilitas glukosa dan insulin sehingga aman untuk tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard berhasil menemukan hasil yang cukup baik. Perempuan yang mengonsumsi selai kacang secara teratur memiliki risiko 21% lebih rendah terkena diabetes dibandingkan mereka yang tidak pernah memakannya.

8. Mengatasi sulit tidur

8. Mengatasi sulit tidur
Pexels/Ketut Subiyanto

Jika kamu sering mengalami insomnia, cobalah untuk mengonsumsi selai kacang karena selai kacang dapat membuat lebih cepat tidur dan tidur pun lebih nyenyak. 

Asam amino yang terkandung dalam kacang yang disebut tryptophan berfungsi meningkatkan hormon tidur, melatonin dan hormon kebahagiaan, serta serotonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur saat malam hari. Tidak perlu konsumsi banyak, cukup beberapa sendok selai kacang sebelum tidur dapat membantumu agar cepat terlelap. 

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi selai kacang bagi kesehatan.

Selai kacang bukan hanya bisa dinikmati sebagai olesan roti tetapi juga dapat menjadi sumber protein dan asupan yang tinggi nutrisi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan selai kacang untuk memasak berbagai menu lezat, mulai dari sayuran hingga kue.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.