Gempa di Malang, 6 Orang Dilaporkan Tewas dan Sejumlah Bangunan Rusak

Malang diguncang gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter

10 April 2021

Gempa Malang, 6 Orang Dilaporkan Tewas Sejumlah Bangunan Rusak
Pixabay/Angelo_Giordano

Warga Malang dikagetkan dengan gempa berkekuatan 6,7 skala richter. Guncangan gempa dirasakan berkekuatan sedang hingga kuat pada Sabtu (10/4/2021) jam 14.00.

Hingga saat ini dilaporkan ada enam orang korban jiwa. Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan di lima kecamatan dilaporkan rusak.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. 6 orang dilaporkan tewas

1. 6 orang dilaporkan tewas
Freepik/luis_molinero

Akibat gempa tersebut sampai saat ini dilaporkan enam orang tewas. Dari seluruh korban tewas tersebut, tiga di antaranya berada di Kabupaten Lumajang, dua warga tewas di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang, satu lainnya di Kabupaten Malang.

2. 5 kecamatan di Kabupaten Malang melaporkan kerusakan bangunan

2. 5 kecamatan Kabupaten Malang melaporkan kerusakan bangunan
Pixabay/aitoff

Dilansir dari IDN Times, hingga Sabtu sore, lima kecamatan mencatat adanya kerusakan bangunan akibat  gempa 6,7 skala richter tersebut.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, lima kecamatan yang sudah mencatat adanya kerusakan bangunan antara lain, Poncokusumo, Wajak, Dampit, Donomulyo dan Sumbermanjing Wetan. 

"Dampak gempa tidak hanya dirasakan warga di wilayah pesisir. Tetapi juga wilayah yang cukup jauh seperti Poncokusumo juga terdampak," katanya dilansir dari IDN Times, Sabtu (10/4/2021).

3. Gempa dirasakan hingga Bali dan Lombok

3. Gempa dirasakan hingga Bali Lombok
Pixabay/paulbr75

Bambang Prayitno, Kepala  Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, mengatakan bahwa gempa dirasakan hampir semua warga di Karangkates, Malang, dan Blitar. Selain itu, banyak warga di Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar yang merasakan gempa di dalam rumah.

"Di Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara gempa dirasakan beberapa orang, benda-benda menggantung bergoyang," jelas Bambang.

Hingga saat ini petugas masih mendata jumlah korban dan kerusakan akibat gempa tersebut.

Demikian informasi terkait gempa di Malang. Semoga segera tertangani dan tidak ada gempa susulan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.