Ananda Omesh Ubah Mobil Kesayangan Jadi Mobil Darurat Pasien Covid-19

Omesh merubah mobil Mercedez-Benz Vito miliknya menjadi mobil darurat untuk pasien Covid-19

7 Juli 2021

Ananda Omesh Ubah Mobil Kesayangan Jadi Mobil Darurat Pasien Covid-19
Instagram.com/dianayulestari

Kasus Covid-19 terus meningkat, terutama di wilayah DKI Jakarta. Banyak pasien yang tidak mendapatkan perawatan karena seluruh rumah sakit sudah penuh dan kapasitas tempat tidur khusus pasien Covid-19 juga mulai menipis. 

Selain itu, armada ambulans untuk mengantar pasien Covid-19 dari rumah ke rumah sakit atau sebaliknya, juga terbatas. Di sisi lain, jumlah tenaga kesehatan tak sebanding dengan jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah. 

Melihat kondisi tersebut, beberapa publik figur mulai menjalankan aksi-aksi kemanusiaan untuk membantu para pasien Covid-19, tenaga kesehatan, atau orang-orang yang secara langsung terdampak pandemi. Salah satu publik figur yang melakukan gerakan kemanusiaan adalah Ananda Omesh.

Suami dari Dian Ayu Lestari itu berinisiatif merubah salah satu mobil kesayangannya menjadi mobil darurat untuk mengantar pasien Covid-19. Seperti apa ceritanya? Berikut rangkumannya dari Popmama.com

1. Alasan merubah mobil pribadi jadi mobil darurat Covid-19

1. Alasan merubah mobil pribadi jadi mobil darurat Covid-19
instagram.com/omeshomesh

Omesh bercerita awal tercetusnya ide merubah mobil Mercedez-Benz Vito miliknya menjadi mobil darurat untuk pasien Covid-19. Menurut Omesh, semua berawal dari salah satu unggahan warganet yang menandai dirinya. 

“Awalnya ada instastory ngetag saya terus dia ngomong siap jadi relawan dengan ngomong, “siapapun yang punya kendaraan, saya siap buat bawa mobilnya jadi ambulans," kata Omesh pada wartawan.

Atas dasar itulah, Omesh kemudian rela merubah mobil kesayangannya menjadi mobil darurat Covid-19.

Dia pun lebih memilih menggunakan istilah mobil darurat Covid-19 dibanding ambulans karena ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa menyebut mobilnya sebagai ambulans. 

Editors' Picks

2. Masih proses modifikasi

2. Masih proses modifikasi
instagram.com/omeshomesh

Saat ini, mobil darurat Covid-19 itu belum bisa digunakan karena masih dalam proses perombakan. Omesh berharap nantinya mobil miliknya bisa membantu para pasien Covid-19. 

“Intinya saya memberikan yang terbaik dari apa yang saya punya,” ujar Omesh. 

Untuk merubah fungsi mobilnya menjadi mobil darurat Covid-19, Omesh telah berkonsultasi dengan rekannya yang berprofesi sebagai dokter dan rekan lainnya yang bekerja di bidang otomotif. 

3. Digunakan untuk mengantar pasien Covid-19

3. Digunakan mengantar pasien Covid-19
instagram.com/omeshomesh

Ketika sudah siap digunakan, mobil darurat Covid-19 akan difungsikan untuk mengantarkan pasien Covid-19 bergejala ringan. Sebab, syarat untuk mengantar pasien Covid-19 bergejala ringan adalah pasien dalam keadaan sadar dan didampingi oleh keluarga. 

“Jadi, nantinya akan mengantar pasien yang tidak kritis. Memang syaratnya yang bisa diantar dalam keadaan sadar, tidak kritis, dan diantar keluarga,” ujar Omesh. 

4. Mencari alat kesehatan

4. Mencari alat kesehatan
Instagram.com/dianayulestari

Tak hanya mengubah fungsi mobilnya, Omesh juga turut mencari dan menyediakan alat kesehatan dan alat pelindung diri bagi relawan dan pasien Covid-19 yang nantinya akan diantar ke rumah sakit atau tempat isolasi. 

Saat ini, sudah ada beberapa alat kesehatan dan APD yang diterima. Semuanya merupakan sumbangan dari beberapa donatur. 

5. Dukungan sang istri

5. Dukungan sang istri
https://www.instagram.com/omeshomesh/

Langkah Omesh untuk membantu pasien Covid-19 juga mendapatkan dukungan dari sang Istri. Dian Ayu bahkan mengunggah video ungkapan terima kasihnya kepada suaminya dan para donatur yang telah menyumbang APD dan alat kesehatan. 

Mashaallaahh tabarakallaahh sayang, niat baik dan muliamu dalam sehari langsung dilancarkan, tentunyaa melalui bantuan Allah dan banyak pihak juga.. terima kasih bahkan untuk kalian yang sudah mengirimkan doa baik utk keluarga kami, inshaallaahh kita semua selalu dilindungi Allah dan selalu diberi kesehatan apalagi kalau niatnya membantu sesama," ujar Dian Ayu dilansir dari akun Instagramnya. 

Semoga langkah kebaikan yang diambil Omesh dan keluarganya bisa meringankan beban para pasien Covid-19 ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk