Diterpa Gelombang Panas, Suhu di India Mencapai 49 Derajat Celcius

Gelombang panas bulan ini merupakan gelombang panas kelima yang terjadi di India sejak Maret 2022

18 Mei 2022

Diterpa Gelombang Panas, Suhu India Mencapai 49 Derajat Celcius
Pexels/Olly

Perubahan iklim telah menyebabkan perubahan suhu di sejumlah negara, termasuk India dan Indonesia. Dalam beberapa bulan terakhir, India sedang diterpa gelombang panas yang membuat suhu udara mencapai rekor 49 derajat Celcius. 

Wilayah India bagian utara, termasuk beberapa bagian Ibu Kota Delhi juga diterpa gelombang panas. Gelombang panas bulan ini merupakan gelombang panas kelima yang terjadi di India sejak Maret 2022. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum informasi seputar gelombang panas yang sedang terjadi di India secara lebih detail. 

Editors' Picks

1. Gelombang panas menyebabkan masalah kesehatan

1. Gelombang panas menyebabkan masalah kesehatan
Pexels/Sahil-prajapati-178989

Dilansir dari BBC, gelombang panas telah menyebabkan masalah kesehatan bagi orangtua, bayi, dan orang-orang yang menderita penyakit kronis. Oleh karena itu, pejabat di India meminta masyarakat untuk berdiam diri di rumah agar tidak mengalami dehidrasi akibat gelombang panas. 

Gelombang panas juga berdampak pada perekonomian di negara bagian Himachal Pradesh, Haryana, Uttarakhand, Punjab, dan Bihar. Kenaikan suhu yang ekstrem telah memakan korban jiwa dan menyebabkan ribuan orang kehilangan mata pencaharian di musim panas. 

2. Pemerintah berusaha menekan dampak gelombang panas

2. Pemerintah berusaha menekan dampak gelombang panas
Pexels/Sini-1424682

Perdana Menteri Narendra Modi meminta kepala menteri negara bagian untuk menyusun rencana dan langkah kongkret untuk menekan dampak negatif dari gelombang panas yang terjadi. 

Suhu udara di India memang terus naik di musim panas sejak Maret. Oleh karena itu, pemerintah berupaya untuk bergerak cepat agar gelombang panas bisa segera diatasi dan tidak merugikan lebih banyak orang. 

3. Gelombang panas bisa memakan lebih banyak korban

3. Gelombang panas bisa memakan lebih banyak korban
Pexels/Neo8iam

Para peneliti menilai gelombang panas di India bisa menyebabkan lebih banyak korban jiwa. Sebab, gelombang panas membuat suhu tinggi di malam hari. Tubuh manusia tidak mendapat kesempatan untuk memulihkan diri dari cuaca panas di siang hari. 

Selain itu, pemerintah India juga diminta memperhatikan wilayah di perbatasan di mana masih banyak anak-anak yang harus sekolah di gedung dengan atas seng. 

Selain itu, pemerintah diharapkan lebih tegas membantu masyarakat yang tidak dapat bekerja di luar rumah akibat gelombang panas di siang hari. 

Para peneliti berharap gelombang panas yang terjadi di India bisa dijadikan refleksi untuk menekan efek pemanasan global di belahan negara lainnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk