Layanan Internet Starlink Akan Hadir di Indonesia Tahun 2023

Layanan internet Starlink disalurkan ke pengguna melalui satelit luar angkasa

25 Mei 2022

Layanan Internet Starlink Akan Hadir Indonesia Tahun 2023
Pexels/Markusspiske

Perusahaan penerbangan luar angkasa, SpaceX, mengumumkan rencana perluasan jangkauan area layanan internet Starlink. Perusahaan milik Elon Musk itu berencana memperluas internet Starlink di 32 negara, termasuk Indonesia. 

Pengumuman tersebut ditulis melalui akun Twitter resmi, SpaceX. Sementara itu, hingga kini, ada beberapa negara yang sudah berada dalam jangkauan area layanan internet Starlink, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Denmark, Portugal, dan Mexico. 

Lantas, bagaimana peta penyebaran jangkauan area Starlink? Berikut penjelasannya yang dirangkum Popmama.com dilansir dari akun Twitter resmi SpaceX.

1. Apa itu internet Starlink?

1. Apa itu internet Starlink
Pexels/Joshsorenson

Sebagian orang mungkin belum mengetahui layanan internet Starlink. Layanan internet Starlink dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk. 

Layanan internet Starlink disalurkan ke pengguna melalui satelit luar angkasa yang dikembangkan khusus oleh SpaceX. Hingga kini, SpaceX sudah meluncurkan sekitar 53 satelit Starlink ke luar angkasa.  

Editors' Picks

2. Layanan internet Starlink berkecepatan tinggi

2. Layanan internet Starlink berkecepatan tinggi
Pexels/Pixabay

Layanan internet Starlink diketahui memiliki jangkauan area yang lebih luas dibanding layanan internet biasa. Layanan internet ini bisa menjangkau hingga lokasi terpencil dengan tetap mempertahankan jaringan broadband berkecepatan tinggi. 

Pengguna Starlink akan mendapatkan dua perangkat untuk mengakses internet, yakni sinyal satelit dan WiFi Router. Dua perangkat tersebut bisa memancarkan jaringan broadband ke bumi dan disalurkan ke perangkat WiFi Router yang akan disalurkan ke perangkat elektronik. 

3. Pembagian wilayah jangkauan internet Starlink

3. Pembagian wilayah jangkauan internet Starlink
Pexels/Maxderoin

Pembagian wilayah jangkauan internet Starlink dapat diakses melalui laman Starlink Map. Pada laman tersebut, peta wilayah penyebaran internet dibagi menjadi tiga warna, yakni biru muda, biru, dan biru dongker. 

Warna biru muda melambangkan wilayah yang sudah tersedia layanan internet Starlink. Pengguna di negara tersebut bisa memesan layanan Starlink untuk mendapatkan akses internetnya. 

Kemudian, wilayah dengan warna biru menunjukkan layanan Starlink sudah bisa dipesan di negara tersebut, tetapi masih dalam status daftar tunggu. Selanjutnya, warna biru dongker melambangkan wilayah-wilayah yang belum terjangkau layanan Starlink, salah satunya Indonesia. 

4. Layanan Starlink di Indonesia tahun 2023

4. Layanan Starlink Indonesia tahun 2023
Pexels/Picjumbo-com-55570

Layanan internet Starlink rencananya akan hadir di Indonesia pada 2023 mendatang. Akan tetapi, tidak dijelaskan secara spesifik mengenai tanggal dan bulan peluncuran layanan internet tersebut. 

Pengguna internet di Indonesia sudah bisa memesan layanan Starlink melalui situs web www.starlink.com. Pada kolom pencarian di laman tersebut, pengguna harus memasukkan data pemesanan yang mencakup nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan e-mail. 

5. Harga pemesanan Starlink

5. Harga pemesanan Starlink
Pexels/Fotios-photos

Pengguna yang berminat mendapatkan layanan internet Starlink harus mengeluarkan uang sebesar 99 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 1,4 juta. Pembayaran pemesanan layanan Starlink hanya bisa dilakukan melalui kartu kredit. 

Hal yang perlu diperhatikan, pemesanan dapat dibatalkan dan tidak melanjutkan untuk menjadi pelanggan layanan Starlink. 

Kita tunggu aja perkembangannya terkait layanan internet Starlink ini, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk