6 Tips Jitu Jaga Hati agar Tidak Mudah Julid saat Berpuasa

Menjaga hati agar puasa kita dapat diterima oleh Allah SWT

6 Mei 2021

6 Tips Jitu Jaga Hati agar Tidak Mudah Julid saat Berpuasa
Freepik

Selama bulan suci Ramadan, dalam menjalankan ibadah puasa seorang muslim diharuskan untuk dapat menahan segala hawa nafsu, seperti menahan nafsu untuk makan dan minum, menahan nafsu akan amarah, serta semua hal yang berkaitan dengan hati dan perilaku.

Kita harus menjaganya selama bulan suci Ramadan ini, agar ibadah kita pun bisa diterima oleh Allah SWT.

Tetapi ada satu hawa nafsu yang sulit di tahan di zaman yang serba canggih ini nih, yaitu julid atau ghibah. 

Apasih julid? Julid berasal dari bahasa sunda binjulid yang artinya iri atau dengki.

Pertama kali dipopulerkan oleh artis Syahrini karena sering diucapkannya.

Kata julid menjadi cap untuk orang yang mengomentari urusan atau kehidupan orang lain dengan cara dan kata yang negatif.

Mungkin tanpa kita sadari, kita pernah berperilaku julid. Nah untuk itu kita perlu waspada nih Ma, jangan sampai terucap kata-kata julid terlebih lagi pada bulan Ramadan ini.

Berikut ini Popmama.com punya tips-tips jitunya nih untuk menjaga hati agar tidak mudah julid :

1. Memperbanyak istigfar

1. Memperbanyak istigfar
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Dengan memperbanyak istigfar dan mengucapkan nama Allah SWT, kita jadi selalu teringat dengan Allah SWT.

Ketika kita selalu mengingat-Nya, kita pun akan menjadi takut untuk berperilaku negatif, seperti julid.

Dengan banyak mengucapkan istigfar dan mengingatnya, kita juga ingat untuk selalu meminta dan memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang telah diperbuat.

Salah satu cara menjaga hati dengan beristigfar juga agar hati kita senantiasa selalu bersih dengan mengingat Allah SWT.

Istigfar juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang dan ketika ingat Allah SWT perasaan ingin untuk melakukan julid pun hilang.

2. Mengikuti kajian Islam

2. Mengikuti kajian Islam
Unsplash.com/Rumman Amin

Mengikuti kajian menjadi salah satu upaya untuk menjaga hati agar terhindar untuk mudah melakukan julid.

Dalam mengikuti kajian tentunya kita akan semakin mengenal ajaran agama Islam dan memahami makna puasa untuk belajar dan berlatih menahan hawa nafsu.

Selain dapat semakin mengenal ajaran agama Islam dan memahami makna puasa lebih dalam, mengikuti kajian Islam juga membuat kita menjadi semakin dekat dengan Allah SWT.

Berkumpul dan duduk bersama orang-orang shalih menjadi salah satu cara untuk mempertebal iman kita. Namun, karena keadaan mengharuskan kita untuk melakukan jaga jarak sosial dan hindari perkumpulan, jadi kita bisa juga ikut kajian secara online. 

Meskipun kita mengikuti kajian via online, tetap saja kita sudah berkumpul dengan orang-orang baik dan shalih, kita pun akan terbawa baik serta memiliki pelajaran dan akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Editors' Picks

3. Unfollow orang yang suka julid

3. Unfollow orang suka julid
Pexels/Lisa Fotios

Mulai untuk membatasi diri dengan orang yang suka julid.

Di dunia maya maupun di dunia nyata. Jika di dunia maya, unfollow-lah semua akun yang suka julid dan di dunia nyata mulailah untuk menjaga jarak dengan membatasi diri berinteraksi dengan orang yang memiliki kebiasaan julid.

Tanpa disadari, lingkungan kamu bergaul menjadi pendorong untuk kamu melakukan hal yang tidak baik, seperti julid.

Daripada terbawa untuk melakukan julid, lebih baik menghindarinya kan supaya bisa terhindar dari dosa dan puasa kamu pun bisa khusyuk.

Selain itu juga agar pahala puasa yang telah dikerjakan tidak hangus dikarenakan kita melakukan obrolan julid.

4. Menyibukkan diri dengan memperbanyak aktivitas

4. Menyibukkan diri memperbanyak aktivitas
Freepik/rawpixel.com

Memperbanyak aktivitas dan menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain juga menjadi salah satu cara kita terhindar dari keinginan untuk melakukan julid.

Cara ini membuat hidup kita menjadi lebih produktif dan efektif daripada melakukan julid yang tidak ada manfaat dan habisnya.

Jika kamu sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas yang menghabiskan waktu kamu, maka kamu pun tidak akan punya waktu untuk melakukan julid.

Hari-hari kamu sudah terisi dengan hal-hal yang menyita waktumu sepanjang hari.

5. Memaknai arti puasa

5. Memaknai arti puasa
Unsplash/@masjidmpd

Memahami dan memaknai arti puasa, mampu menahan diri dan hati dari hawa nafsu dan godaan-godaan duniawi yang bisa membatalkan puasa. Puasa adalah salah satu bentuk ketakwaan umat muslim kepada Allah SWT.

Puasa bertujuan untuk mengajarkan umat muslim mampu mendidik jiwa untuk menguasai diri sendiri, menjaga hawa nafsu agar tidak manja dan mengikuti kemauan ego duniawi, mengasah rasa kesabaran dan ketabahan seorang muslim untuk bisa menjalani kehidupan semasa hidup.

Selain itu, dengan berpuasa kita juga belajar untuk mengerti orang lain, merasakan kesusahan dan kekurangan hidup yang dimiliki orang lain, kemudian menimbulkan rasa ingin tolong menolong kepada orang lain.

6. Mampu mengontrol diri

6. Mampu mengontrol diri
Freepik.com/pressfoto

Berupaya melakukan apapun untuk menjaga hati dan diri dari melakukan julid tak akan sukses jika tidak berusaha melakukan hal yang satu ini.

Mengontrol diri adalah kunci dari keberhasilan menjaga hati dan diri agar terhindar dari hal-hal yang kurang baik termasuk julid.

Mengontrol diri dengan melatih diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang baik, mengontrol pikiran dan prasangka kepada orang lain.

Tidak cepat berasumsi yang tidak baik kepada orang lain dan langsung mengomentarinya.

Berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu dan berpikir sebelum bertindak. Hal ini bisa membuatmu terhindar dari melakukan julid.

Nah, inilah 6 tips menjaga hati yang bisa Mama coba agar terhindar dari keinginan melakukan julid. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat ya Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.