Konsumsi Secara Rutin Yuk, Ini 5 Manfaat Susu bagi Kesehatan

Susu punya banyak manfaat untuk kesehatan Mama, simak ya!

21 September 2020

Konsumsi Secara Rutin Yuk, Ini 5 Manfaat Susu bagi Kesehatan
Freepik/kamranaydinov

Susu sudah menjadi salah satu minuman yang rutin diminum setiap hari. Dalam mengonsumsi susu pun beragam dan pada waktu kapan saja mulai. Kita bisa meminum dari pagi hari sebagai menu sarapan hingga malam hari diminum sebelum tidur.

Kebiasaan minum susu sudah dikenal sejak kecil atau dalam masa pertumbuhan. Hingga dewasa dan Mama sendiri juga masih rutin mengkonsumsi susu kan. Alasannya, pasti untuk kesehatan karena susu mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bagus tubuh.

Berikut rangkuman Popmama.com  yang wajib Mama tahu mengenai manfaat susu bagi kesehatan tubuh. 

1. Kesehatan tulang

1. Kesehatan tulang
Freepik/lemonsoup14
Ilustrasi susu untuk kesehatan tulang

Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Susu juga mengandung vitamin D yang baik untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Kalsium adalah nutrisi penting untuk tulang, gigi, pergerakan otot dan sinyal saraf.

Bagi anak-anak, minum susu rutin setiap hari akan membantu pembentukan tulang yang kuat di masa pertumbuhannya.

Nggak heran ya Ma kalau susu sering ditujukkan untuk menambah tinggi badan anak. Bagi Mama, rutin mengonsumsi susu dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis lho Ma.

Editors' Picks

2. Kesehatan jantung

2. Kesehatan jantung
Freepik/user4426100
Ilustrasi susu untuk kesehatan jantung.

Kandungan potasium atau kalium pada susu bermanfaat untuk memperbesar pembuluh darah (vasodilatasi) dan menurunkan tekanan darah Mama sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu Ma, kandungan vitamin D pada susu dapat membantu meningkatkan profil lipid darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur tekanan darah.

Studi di Monash University Australia mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu dalam jumlah sedang memiliki resiko hipertensi lebih rendah.

Studi lain yang dilakukan di Universitas Wageningen dan Harvard, minum tiga gelas susu setiap hari, mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 18 persen. Jadi, jangan lupa untuk konsumsi susu ya Ma.

3. Kesehatan kulit

3. Kesehatan kulit
freepik/freepik
Ilustrasi minum susu

Ternyata susu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit Mama.

Kandungan protein pada susu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit Mama seiring bertambahnya usia. 

Susu juga mengandung retinol, antioksidan yang dikenal sebagai anti penuaan dan pemulihan kulit. Ditambah dengan kandungan vitamin D pada susu juga merupakan vitamin anti-penuaan berkat efek anti-inflamasi dan perlindungan dari sinar UV.

Mama tetap harus hati-hati ya. Studi pada Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa gula pada susu yang berlebih dapat menjadi penyebab jerawat. Jadi, tetap konsumsi susu secukupnya ya Ma.

4. Menjaga berat badan tubuh

4. Menjaga berat badan tubuh
freepik/splitov27
Ilustrasi susu untuk diet

Aktivitas sehari-hari seringkali membuat Mama lelah dan secara tidak sadar Mama makan dalam porsi yang banyak untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Habis makan, baru sadar kalau Mama lagi diet, gagal deh.

Eits, belum tentu gagal kok. Mama bisa mulai konsumsi susu murni karena kandungan protein yang tinggi dapat membantu Mama merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Banyak penelitian juga Ma yang telah mengaitkan diet kaya kalsium dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Buktinya, jika asupan kalsium Mama lebih tinggi maka akan memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Mencegah stres

5. Mencegah stres
Freepik/drobotdean

Susu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Mama di saat merasa stress. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot Mama yang tegang dan menenangkan saraf. Susu juga telah terbukti mengurangi gejala PMS dan meningkatkan energi.

Kandungan vitamin D pada susu dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang diasosiasikan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

Inilah 5 manfaat susu bagi kesehatan tubuh yang Mama harus tahu. Mulai sekarang, kasih waktu Mama beristirahat sebentar untuk konsumsi susu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.