Titi Radjo Padmaja Rilis 'Leave & Goodbye', Karya Manis Tentang Hidup!

Titi Radjo membalut karya dalam cerita pengalaman meninggalkan yang dicintai

23 Juli 2021

Titi Radjo Padmaja Rilis 'Leave & Goodbye', Karya Manis Tentang Hidup
Instagram.com/titiradjopadmaja

Titi Radjo Padmaja, atau yang dulu dikenal dengan Titi Radjo Bintang adalah seorang musisi dan juga aktris Indonesia yang sudah ternama. Bahkan, ia beberapa kali telah berhasil meraih penghargaan dari karyanya. Beristirahat dari dunia musik sejenak, Titi akhirnya kembali lagi dengan kemunculan karya terbarunya.

Tepat pada Jumat (23/72021), Titi merilis lagu yang ia produksi sendiri dan tampil sebagai seorang penyanyi di dalamnya. Kemunculannya ini tentu mengundang banyak rasa penasaran dari publik dan media. Dalam single pertamanya, ia meluncurkan lagu yang berjudul Leave & Goodbye dengan sentuhan melodi yang lembut.

Ternyata, ada banyak kisah dibalik peluncuran single pertamanya ini lho, Ma! Jika Mama penasaran, berikut 8 cerita lagu Leave & Goodbye karya Titi Radjo yang sudah Popmama.com rangkum!

1. Berawal dari hobi menyanyi untuk membuat karya pertama

1. Berawal dari hobi menyanyi membuat karya pertama
Instagram.com/titiradjopadmaja

Mama mungkin mengenal Titi Radjo Bintang sebagai seorang pemain drum yang ternama. Siapa sangka, kemunculan dirinya kembali di dunia musik justru berpindah lajur menjadi penyanyi. Titi mengaku bahwa sebenarnya dirinya lebih menyukai bernyanyi.

Ia sudah beberapa kali membuat soundtrack dan mengisinya secara langsung. Hanya saja, baru kali ini Titi benar-benar muncul ke publik sebagai seorang penyanyi lewat Leave & Goodbye. Maka dari itu, ketidak pedean dalam dirinya sempat menjadi kesulitan yang dialami, apalagi melihat banyak penyanyi-penyanyi besar di Indonesia.

2. Proses produksi dilakukan sendiri dan dibantu Petra Sihombing

2. Proses produksi dilakukan sendiri dibantu Petra Sihombing
Instagram.com/titiradjopadmaja

Menariknya, seluruh proses produksi dari single pertamanya ini dilakukan sendiri oleh Titi dari awal. Ia mengaku kemunculan lagu ini sebenarnya karena ingin mengerjakan sesuatu dari rumah, dan berkarya musiklah jawabannya.

Didukung oleh sang suami, Titi akhirnya membuat studio kecil di rumah dan mempersiapkan alat-alatnya sendiri. Bekerja sendiri, ia merangkap menjadi kru, teknisi, operator, aransemen musik, nyanyi, hingga mengisi backing vocal sendiri. Setelah belajar software musik sendiri, akhirnya lagu pertama miliknya bisa rilis.

Hanya saja, Titi berkata bahwa ia tidak pandai dalam membuat lirik dan juga bermain gitar, maka dari itu ada Petra Sihombing yang turut membantunya. 

“Ternyata dengan adanya pandemi ini, kita harus meninggalkan kebiasaan itu dan harus berusaha sendiri, supaya apa yang kita mau jadi dengan segala problematika. Bikin single ini kan, kalau teman-teman lihat (seperti) gampang, tapi sebenarnya dibalik itu stress banget,” ujar Titi dalam jumpa pers secara virtual Jumat (23/7). 

3. Bercerita tentang meninggalkan sesuatu yang dicintai

3. Bercerita tentang meninggalkan sesuatu dicintai
Dok. Sabs Indonesia

Sesuai dengan judulnya, lagu Leave & Goodbye ini bercerita tentang meninggalkan yang kita cinta. Bahkan, ia juga menyebutkan “leave & goodbye, I love you, I do” dalam lirik lagunya. Mungkin hal ini memang terlihat cukup berbeda dimana justru hal yang dicintai yang harus ditinggalkan. Ternyata, ada alasan dibaliknya.

Titi berkata bahwa terkadang, kita perlu meninggalkannya untuk bisa lebih jernih dan merefleksi diri sendiri. Ia bercerita bahwa mungkin kita akan terbagi fokusnya dan tidak memiliki waktu untuk fokus dengan diri sendiri. Secara tidak langsung, lagu ini mengajarkan setiap pendengarnya untuk mengambil waktu introspeksi diri.

Editors' Picks

4. Terinspirasi dari kisah pribadi Titi

4. Terinspirasi dari kisah pribadi Titi
Dok. Sabs Indonesia

Mengerjakan semuanya sendiri, tentu inspirasi dibalik lagu ini juga berasal dari kisah pribadi seorang Titi Radjo. Ia bercerita akan salah satu bentuk ‘leave & goodbye’ versinya adalah ketika harus meninggalkan pekerjaan yang dicintainya. Seperti yang Mama tahu, Titi banyak bekerja dalam film, TV, sebagai pemain drum, dan sebagainya.

Semenjak ia menikah kepada Adrianto Djokosoetono pada 2016 yang lalu, ia harus belajar meninggalkannya untuk menyesuaikan dengan status yang baru, yakni sebagai seorang istri. Siapa sangka, meninggalkan sementara pekerjaannya itu justru membuat Titi lebih belajar mencintai diri sendiri. 

“Sejak aku menikah kan aku meninggalkan pekerjaan yang aku cintai. Setelah aku meninggalkan itu dulu, lebih fokus ke keluarga dan lebih fokus terhadap diri sendiri, ternyata aku bisa lebih mencintai diri sendiri. Itu yang aku gak pernah lakukan dari dulu. Dulu aku tuh gak pernah mencintai diri sendiri, aku lupa bahwa diri aku sendiri itu berhak dicintai dan dikasih perhatian,” cerita Titi saat press conference lagunya berlangsung.

5. Berkonsep melankolis drama dari musik hingga video klip

5. Berkonsep melankolis drama dari musik hingga video klip
Instagram.com/titiradjopadmaja

Konsep keseluruhan dari single pertama Titi adalah melankolis drama, yang merupakan tipe dirinya sendiri. Maka dari itu, dengan bantuan Davy Linggar, ia pun membuat video klip yang mencerminkan dirinya. Jika Mama sudah melihat video klipnya, ada gambar perjalanan di jalan yang kosong dengan menggunakan mobil klasik.

Titi bercerita bahwa ia sangat menyukai travelling dan refleksi diri saat berjalan di alam. Selain itu, mobil klasik juga jenis mobil yang tepat untuk merepresentasikan dirinya. Alasan inilah yang membuat Titi ingin bercerita lebih melalui video klip yang dikeluarkan.

Mama mungkin akan kaget, ketika mengetahui bahwa proses pengambilan video klip ini hanya dilakukan dalam satu hari dari subuh hingga sore. Titi sampai meneteskan air mata saat pertama kali melihat keseluruhan video klipnya karena sangat merasakan diri sendiri di dalamnya.

6. Berharap agar lagu ini bisa menjadi pengingat bagi setiap pendengarnya

6. Berharap agar lagu ini bisa menjadi pengingat bagi setiap pendengarnya
Dok. Sabs Indonesia

Di balik lagu yang sangat indah ini, Titi berharap agar lagu ini bisa membuat perasaan setiap yang mendengar menjadi lebih tenang. Ia mengaku kejujuran dan ketulusan akan diri diutamakan dalam pembuatan lagu ini, sehingga harapannya bisa sampai ke telinga pendengar.

Ia juga berharap bahwa lagu ini setidaknya bisa menjadi pengingat agar kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk berfokus dan mencintai diri sendiri. 

“Sekarang tuh udah deh yang penting jujur. Suka nggak suka orang itu adalah bonus. Yang penting niat aku tulus, ikhlas, dan membuat perasaan orang lain lebih happy. Kalau orang nggak suka nggak apa-apa, kalau orang suka Alhamdulilah,” tutur Titi.

7. Dukungan yang kuat dari suami dan anak membuat lahirnya karya ini

7. Dukungan kuat dari suami anak membuat lahir karya ini
Instagram.com/titiradjopadmaja

Meskipun mengerjakan hampir seluruh produksi sendiri, pastinya ada dukungan dari orang-orang sekitar yang mendorong lahirnya karya Leave & Goodbye. Bagi Titi, dukungan tersebut datang terutama dari suami dan anaknya. Merekalah orang yang pertama mendengar lagu ini dan langsung menyukainya.

Terlebih lagi, Miyake Keinaka, anak Titi, sangat mendorong mamanya untuk mengeluarkan lagu. Setelah lagu ini berhasil dibuat, anaknya pun ikut menangis terharu mendengar karya sang mama. 

“Pas mereka dengerin lagu ini, mereka paling suka lagu ini. Anak aku salah satu yang membujuk aku untuk keluarin single. Dari dulu dia selalu membanggakan ibunya tapi nggak kok nggak pernah keluarin single. Dia yang paling emosional dari project ini,” cerita Titi tentang keluarganya.

8. Tidak mau ada target, tetapi akan lanjut berkarya untuk kedepannya

8. Tidak mau ada target, tetapi akan lanjut berkarya kedepannya
Instagram.com/titiradjopadmaja

Tentunya Titi tidak akan berhenti di single pertama saja, melainkan akan lahir karya-karya berikutnya. Ia berkata bahwa sebenarnya ia sendiri sudah memiliki beberapa lagu yang siap dikeluarkan ke publik. Hanya saja, ia memilih waktu dan mood yang tepat untuk mengumumkannya.

Titi juga sengaja tidak mau mengatur target karena tidak mau merasa ‘dikejar-kejar’. Tenang saja, karena Titi pasti akan melanjutkannya dengan single atau bahkan album kedepannya. Sedikit bocoran, ia berkata bahwa ada lagu-lagu yang bertemakan pop, folk, chill, dark, dan sebagainya.

Sepertinya Mama harus menunggu waktu yang tepat untuk dapat kembali menikmati karya Titi Radjo berikutnya. 

Itulah 8 kisah dibalik munculnya Leave & Goodbye karya Titi Radjo Padmaja. Yuk, Ma dengarkan lagu terbaru dari Titi untuk me-refresh pikiran kamu hari ini.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.