Dirgahayu Indonesia! Ini Kemerdekaan yang Paling Diinginkan Oleh Mama

Setelah menjadi mama, kehidupan berubah. Ini 5 hal yang ingin banget Mama rebut kembali!

17 Agustus 2019

Dirgahayu Indonesia Ini Kemerdekaan Paling Diinginkan Oleh Mama
Pxhere/ CC0 Public Domain

Menjadi seorang mama baru pastinya rumit tetapi menyenangkan. Kehidupan Mama tentunya akan langsung berubah dan beberapa hal yang merdeka mama lakukan saat belum punya anak, rasanya pengin banget direbut lagi. 

Inilah 5 hal yang paling diinginkan Mama Milenial dapatkan. Apakah itu? Simak juga tips cara mendapatkannya dari Popmama.com berikut ini.

1. Tidur nyenyak dan bisa bangun siang

1. Tidur nyenyak bisa bangun siang
Spineuniverse.com

Ini faktanya, bayi baru lahir lebih banyak tidur. Namun anehnya, ia sering bangun saat malam hari. Padahal, Mama membutuhkan istirahat yang tenang di malam hari.

Ingin merdeka tidur nyenyak saat malam hari dan bangun siang agaknya memang mustahil dilakukan di minggu-minggu pertama menjadi mama.  

Kemerdekaan tidur di malam hari ini bisa Mama dapatkan jika sejak dini si Kecil diajarkan cara tidur teratur. 

Caranya: 

  1. Terapkan waktu tidur yang teratur.
  2. Ciptakan rutinitas tidur, mulailah dari persiapan tidur, misalnya mengganti pakaian si Kecil, mematikan lampu, membacakan dongeng, atau berdoa. 
  3. Mengatur kegiatan anak dengan disiplin, termasuk memperbanyak aktivitasnya di siang hari. 

2. Mandi dengan damai dan nyaman

2. Mandi damai nyaman
Freepik/yanalya

Nah, jika me time sangat terbatas setelah punya anak, Mama tentu ingin tenang sejenak saat mandi. Anehnya, ini sangat mustahil dilakukan jika Mama punya anak.

Secara psikologis, anak mengalami separation anxiety atau kecemasan saat ia melihat orangtua atau pengasuhnya “hilang” dari pandangannya.

Ini sebabnya ketika Mama menutup pintu kamar mandi, si Kecil merasa cemas.

Ia bertingkah, menangis, memanggil, atau meminta masuk kamar mandi untuk mengecek apakah Mama masih ada. 

Mama bisa merdeka mandi dengan nyaman jika melakukan hal ini: 

  1. Berpamitan kepada anak sebelum masuk kamar mandi.
  2. Memastikan menepati janji, misalnya meminta izin 10 menit untuk mandi, artinya Mama harus mandi di waktu itu saja. 
  3. Tidak membiasakan membukakan pintu kamar mandi saat urusan mama belum selesai. Tentu saja, Mama harus memastikan si Kecil ada yang menjaga sementara Mama di kamar mandi.

Editors' Picks

3. Pulang malam tanpa memikirkan si Bayi

3. Pulang malam tanpa memikirkan si Bayi
carolinescollective.com

Jika di masa bujangan Mama senang bergaul, mungkin sekarang semua itu hanya impian semata. Banyak mama mengeluh, saat jauh dari anaknya, ia merasa cemas berlebihan.

Padahal, ia ingin sejenak bergaul bersama teman-temannya, pulang sedikit malam tanpa khawatir soal anaknya. Lalu, mengapa kekhawatiran itu bisa muncul? 

Jangan bingung, Ma! Ternyata, ini ada hubungannya dengan sistem hormon di tubuh mama. Setelah melahirkan, tubuh mama dipenuhi hormon prolaktin dan oksitosin yang membantu produksi ASI.

Hormon prolaktin bekerja penuh pada malam hari dan hormon oksitosin membuat otak mama ingin selalu dekat si Anak.

Hormon ini, jika bekerja seimbang akan membuat mama mampu menghasilkan ASI sebagai makanan utama bayi. Lucunya oksitosin akan banyak diproduksi jika Mama sering bersentuhan dan memeluk si Kecil. 

Bagaimana agar Mama bisa merdeka bergaul lagi?

Hmmm, Popmama.com sarankan Mama bersabar sejenak, selepas ASI, pasti akan lebih mudah mencari waktu untuk kembali beraktivitas.

4. Bermesraan dengan suami

4. Bermesraan suami
Freepik/user12593478

Kehadiran bayi tidak hanya mengubah kehidupan mama, dunia papa pun ikut berubah. Fokus papa akan terpecah antara Mama dan si Kecil.

Ini yang menyebabkan, kemesraan suami dan istri tampak berubah. Balik ke masalah hormon, hormon di tubuh mama membuat gairah seksual sedikit turun.

Papa seringkali juga mengalami masalah psikologisdan hal yang paling sering dialami adalah mereka tidak tega mengganggu Mama yang sudah seharian mengurus bayi. 

Bagaimana Mama bisa bebas merdeka bermesraan lagi dengan Papa? Ubahlah pola pikir mama. Kemesraan kecil bisa terasa jika Mama dan Papa bekerjasama mengasuh si Kecil.

Coba bayangkan adegan mesra yang mungkin bisa Mama lakukan, Mama membantu Papa yang sedang sibuk memandikan bayi.

So sweet kan?

5. Pakai uang untuk beli baju dan sepatu baru

5. Pakai uang beli baju sepatu baru
IDNMedia.com/ayowiraswasta.com

Isu finansial memang menjadi pemikiran utama orangtua baru. Setelah si Anak lahir, konsentrasi keuangan keluarga sepenuhnya berfokus untuk anak. Sebagian penghasilan keluarga dialokasikan untuk persiapan biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya hidup anak, ya barang-barang bayi kan cukup mahal.

Nah bagaimana bisa merdeka dari segi keuangan? Semoga belum terlambat, namun Popmama.com menyarankan agar Mama dan Papa telah menyiapkan tabungan untuk anak sejak si Kecil belum lahir.

Tujuannya adalah agar keuangan keluarga senantiasa stabil sehingga Mama dan Papa masih punya dana untuk senang-senang. Mama beli sepatu dan Papa beli aksesori mobil? Hmmm, gampang lah itu diatur. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;