Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kenikmatan Kuliner Perancis yang Bisa Dinikmati di Kelapa Gading

Aroma croissant dan kopi yang sedap memenuhi ruangan. Sejenak, Mama bisa menikmati Perancis di sini

7 Desember 2022

Kenikmatan Kuliner Perancis Bisa Dinikmati Kelapa Gading
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

PAUL adalah toko roti dan kafe yang cukup ternama di Lille, Perancis. Kini, PAUL sudah membuka beberapa gerai di Jakarta. Salah satu yang terbaru ada di Mal Kelapa Gading 3.

Uniknya, kafe ini menampilkan interior yang Perancis banget. Ditambah lagi, ternyata 90 persen bahan baku pembuatan roti dan minuman di kafe ini diimpor langsung dari Perancis! Jadi bagaimana nih, rasa Perancis asli yang bisa Mama dapatkan di kafe ini?

Pekan lalu, Popmama.com mendapat kesempatan untuk menikmati Perancis mini di Jakarta Utara. Yuk, jalan-jalan ke sana, Ma!

1. Interior dengan wallpaper dan fireplace ala ruang keluarga di Perancis

1. Interior wallpaper fireplace ala ruang keluarga Perancis
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Yang unik dari kafe yang baru diresmikan di akhir November 2022 adalah nuansa yang sangat Perancis.

Kafe memiliki 2 akses masuk. Jika masuk dari dalam mal, pengunjung akan disambut dengan konter roti yang berisi roti-roti khas Perancis. Croissant, quiche, macaroon, eclair, dan tarte tatin, rapi berjejer di etalase. Cantik-cantik bentuknya dan menggugah selera.

Sedangkan pengunjung dari pintu luar mal, akan bertemu dengan deret kursi dan meja bulat di outdoor mirip kafe pinggir jalan di Paris.

Di ruangan dalam, akan masuk ke area dengan lantai kayu, meja dan kursi nyaman bernuansa gold, dan interior wallpaper bergambar bunga dan burung, sangat Perancis. Untuk melengkapi nuansa ruang tamu khas Perancis, ada instalasi perapian di dinding yang memberi nuansa hangat di keseluruhan kafe. Fancy!

Editors' Picks

2. Croissant dan roti dengan butter dan terigu dari Perancis

2. Croissant roti butter terigu dari Perancis
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

PAUL memiliki lebih dari 750 gerai di 46 negara di dunia. Saat Mama makan di kafe ini di Paris dan di Jakarta, Mama akan menemukan rasa yang konsisten dan sama.

Ini, kata Paula Walter, Operations Manager PAUL, karena memang semua bahan dikirim dari pusat kafe di Lille dan standar pengolahannya sama persis dengan kafe aslinya. Di Indonesia, bahan-bahan impor itu dipadukan dengan beberapa bahan lokal berkualitas tinggi. Paula menjelaskan yang diambil dari lokal adalah buah-buahan untuk jus atau garnish di roti.

“Keputusan untuk hanya memakai bahan dari negara asal adalah demi mempertahankan rasa dan kualitas makanan dan minuman. Kami ingin agar orang yang makan disini merasa nyaman dengan rasanya karena kualitasnya standar,” kata Paula.

3. Biji kopi dan cokelat pilihan untuk kualitas terbaik

3. Biji kopi cokelat pilihan kualitas terbaik
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Selain aneka roti Perancis, kafe di bawah naungan MAP Boga ini menyediakan aneka minuman lezat.

Mama harus mencoba variasi sajian kopi dan cokelat nya sebab hanya memakai biji terbaik yaitu Valrhona Chocolate dan Lavazza Coffee. Rasanya akan sangat otentik Perancis, kata Paula.

4. Menu harus coba ala kafe otentik Perancis

4. Menu harus coba ala kafe otentik Perancis
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Kalau belum tahu menu apa saja yang harus Mama coba di kafe ini, Mari kita simak rekomendasi dari Paula. Ada lima menu wajib untuk dicoba yaitu:

  • Butter croissant, roti rasa butter dari kafe ini begitu lembut dan gurih. Rasa lembut dan gurih itu adalah karena pemilihan butter dari Perancis.
  • Cappuccino, karena biji kopi Lavazza sudah begitu terkenal, pastilah cappuccino yang dibuat rasanya akan nikmat sekali. Cappuccino cocok bersanding dengan croisant atau kue manis lainnya.
  • Omelette, ciri khas omelette Perancis adalah kelembutannya. Omelette Perancis punya ciri khas gulungan berbentuk oval. Tekstur lembutnya muncul karena tekstur yang basah, berbeda dengan omelette Amerika yang lebih kering.
  • Raspberry eclair, perpaduan gurih, manis, dan asam raspberry eclair ini memberikan sensasi nikmat di lidah. Kulit eclair yang terlihat renyah dan raspberry yang segar sangat menggugah selera. Krim lembut yang mengisi eclair tidak terlalu manis sehingga rasanya tidak bikin eneg.
  • Baguettes, roti keras khas Perancis ini nyatanya enak dijadikan camilan. Meski tampak kaku dan keras, baguette dari Paul memiliki bagian dalam yang superlembut seperti roti biasa. Baguette cocok menjadi teman untuk makan makanan panas misalnya sup atau dimakan langsung saat hangat.

5. Resep legendaris sejak abad ke-19 dan mendunia

5. Resep legendaris sejak abad ke-19 mendunia
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

PAUL adalah toko roti yang sudah ada sejak tahun 1889. Saat itu, Charlemagne Mayot dan istrinya membuka sebuah toko roti di Kota Croix, Nord, Perancis.

Pada tahun 1908, putra mereka, Edmond Mayot, mengambil alih toko roti tersebut, lalu tahun 1935, putri Edmond, Suzanne Mayot, menikah dengan Julien Holder, yang adalah seorang koki pembuat roti dan kue. Julien Holder telah belajar membuat roti sejak kecil. Bersama-sama, mereka membuka toko roti di Kota Lille, Perancis.

Pada tahun 1953, pasangan Holder dan putra mereka Francis mengambil alih toko roti-patisserie milik keluarga PAUL, dan menjual roti bikinan mereka di sana. Uniknya, mereka tetap menggunakan nama "PAUL" karena sudah lebih dahulu dikenal warga setempat. Usaha itu rupanya berkembang pesat, sehingga mereka bisa membuka cabang di mana-mana. Bahkan, pada tahun 2022 ini, PAUL sudah memiliki lebih dari 750 gerai di 46 negara di dunia. Luar biasa, bukan?

Bagaimana Ma? Mau coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk