Hari Ini Penerapan Peraturan Baru WhatsApp, Bagaimana Jika Diabaikan?

Peraturan baru ini memungkinkan akun hilang setelah 120 hari tidak dipakai!

15 Mei 2021

Hari Ini Penerapan Peraturan Baru WhatsApp, Bagaimana Jika Diabaikan
Pixabay/ markrademaker

Selama ini Mama pasti menggunakan WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan yang sering digunakan. Sudah sejak Oktober 2020,  WhatsApp mengumumkan akan memperbaharui peraturan penggunaan aplikasi ini. Pro dan kontra banyak muncul setelah berita ini beredar, yang terutama adalah kekhawatiran soal keamanan data pribadi pengguna.

Namun, hari ini, 15 Mei 2021, WhatsApp akan secara resmi menerapkan peraturan baru. Dan ini highlight yang dirangkum Popmama.com untuk Mama semua agar semakin paham apa peraturan baru di WhatsApp ini dan bagaimana apa yang harus Mama lakukan. 

1. Jika tidak setuju, pengguna WhatApp tidak bisa baca dan kirim pesan

1. Jika tidak setuju, pengguna WhatApp tidak bisa baca kirim pesan
Flickr/ downloadsource.fr

Pesan untuk menyetujui peraturan baru WhatsApp akan muncul di gadget mama mulai hari ini. Mama bisa menyetujui atau tidak, namun ada risiko yang dihadapi, jika Mama tidak setuju. Manajemen WhatsApp menjelaskan, pengguna yang belum menerima kebijakan baru ini hingga waktu yang ditentukan, tidak akan lagi dapat menggunakan akun untuk mengirimkan pesan atau melakukan panggilan. Akun mama akan tetap ada, namun tidak bisa berfungsi normal sampai Mama menyetujui peraturan baru itu.

Jika tidak setuju, Mama tidak lagi dapat membuat status WhatsApp serta meneruskan (forward) pesan di dalam aplikasi.

Selain itu, Mama juga kehilangan hak akses dalam membuat daftar broadcast, membalas pesan menggunakan fitur reply, serta menyebut (mention) pengguna lain. Pengguna juga tidak bisa mengirimkan pesan suara (voice message), video, stiker, dan media lainnya di dalam aplikasi. Data yang tersimpan dalam aplikasi WhatsApp tak lagi dapat dicadangkan serta diekspor ke kanal lainnya.

"Untuk sementara waktu, Anda akan tetap dapat menerima panggilan dan notifikasi, tetapi Anda tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan di WhatsApp," jelas manajamen WhatsApp.

Editors' Picks

2. Jika akun dihapus, Mama tidak bisa memulihkannya lagi

2. Jika akun dihapus, Mama tidak bisa memulihkan lagi
Hippopx

Hati-hati jika Mama merasa tidak setuju dengan peraturan baru itu dan kemudian memilih untuk menghapus akun mama. Sebab Manajemen WhatsApp mengatakan bahwa ketika akun pada Android, iPhone, atau KaiOS dihapus, WhatsApp tidak dapat memulihkannya. WhatsApp akan otomatis menghapus riwayat pesan, mengeluarkan Mama dari semua grup WhatsApp, dan menghapus cadangan WhatsApp mama.

Selain itu, jika Mama tidak lagi menggunakan atau terhubung ke aplikasi WhatsApp dalam waktu 120 hari, maka akun mama akan secara otomatis dihapus.

3. WhatsApp bisa membagi data akun pengguna ke perusahaan-perusahaan Facebook

3. WhatsApp bisa membagi data akun pengguna ke perusahaan-perusahaan Facebook
Pixabay.com/ Pixaline

Ini peraturan baru yang paling bikin heboh sebab pengguna WhatsApp merasa keamanan data pribadi dilanggar. Dengan menyetujui peraturan baru itu, WhatsApp bisa membagikan daya akun pengguna ke perusahaan-perusahaan di dalam Facebook. Seperti yang Mama tahu, Facebook memiliki antara lain Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Data yang dibagikan mencakup informasi pendaftaran akun (seperti nomor telepon), data dan transaksi (jika menggunakan Facebook Pay atau Shops di WhatsApp.

Di bagian “Informasi yang Kami Kumpulkan” dalam kebijakan privasi, WhatsApp menyatakan akan mengumpulkan pula informasi yang terkait dengan layanan, informasi mengenai cara pengguna berinteraksi dengan bisnis ketika menggunakan layanan, informasi perangkat seluler, alamat IP pengguna, dan mungkin termasuk informasi lain. Informasi ini hanya bisa  didapatkan setelah memberitahukan pengguna atau berdasarkan persetujuan pengguna. Nah, jadi Mama mau setuju atau tidak?

4. Data yang dibagikan merupakan pendukung interaksi bisnis

4. Data dibagikan merupakan pendukung interaksi bisnis
commons.wikipedia.org/1pratikyadav

Dengan menyetujui peraturan baru WhatsApp, data mama yang akan terbagi adalah data-data pendukung bisnis Facebook. Data itu berhubungan dengan fitur-fitur bisnis yang bersifat opsional di WhatsApp.

"Pembaruan ini juga memberikan transparansi lebih lanjut mengenai cara kami mengumpulkan data dan menggunakan data," kata manajemen Whatsapp.

5. Percakapan pribadi dan kontak Mama dijamin tetap aman

5. Percakapan pribadi kontak Mama dijamin tetap aman
Hippopx

Meski beberapa data mama dikumpulkan dan dibagikan, namun Manajemen Whatsapp memastikan pihaknya tidak akan dapat melihat pesan atau mendengar percakapan pengguna. WhatsApp juga tidak menyimpan catatan dengan siapa saja pengguna berkirim pesan atau melakukan panggilan dan tidak dapat melihat lokasi yang pengguna bagikan.

Jadi, tenang saja, obrolan mama di grup WhatsApp Popmama.com akan tetap menjadi privasi kita. Sudah gabung belum nih? Klik link ini ya untuk bergabung:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.