TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Teknologi Canggih Hyundai Stargazer yang Bisa Bikin Keluarga Aman

Memilih mobil keluarga harus cermat. Untungnya, mobil-mobil canggih sudah memiliki fitur hebat

15 September 2022

Teknologi Canggih Hyundai Stargazer Bisa Bikin Keluarga Aman
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Semua produsen kendaraan roda empat berlomba-lomba memberikan fitur-fitur canggih untuk memberikan keamanan pengguna kendaraannya. Saat keamanan air bag sudah menjadi standar, produsen otomotif mulai inovatif menciptakan alat-alat keamanan canggih lainnya.

Ketika Popmama.com diundang untuk menghadiri acara “Stargazer Driving Day- A Journey with a Star” pekan lalu, Popmama.com mencoba fitur-fitur keamanan canggih di kendaraan Hyundai Stargazer. Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini memiliki 11 fitur pintar keamanan berkendara yang dinamai Hyundai Smartsense.

Simak di sini yuk, supaya Mama dan Papa tahu fitur keamanan kendaraan dari Hyundai Stargazer yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli mobil keluarga.  

1. High Beam Assist (HBA) pengaturan lampu luar kendaraan

1. High Beam Assist (HBA) pengaturan lampu luar kendaraan
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Saat mengemudi di malam hari, seringkali pengemudi menjadi kurang waspada karena pencahayaan yang minim. Kadang, pengemudi hanya bisa mengandalkan pencahayaan terbatas dari lampu kendaraan.

Masalahnya, jalan yang ditemui mungkin terlalu gelap untuk ditembus lampu kendaraan dan kendaraan lain yang melintas memiliki aneka warna ada yang mudah terlihat, ada warna gelap atau kondisi jalan tertentu yang sulit dilihat mata.

Fitur HBA di mobil yang berasal dari Korea ini dapat secara otomatis menyesuaikan jangkauan lampu depan dari lampu jarak jauh (high beam) ke jarak dekat (low beam).

2. Forward Collision Avoidance Assist (FCA) untuk pengereman darurat

2. Forward Collision Avoidance Assist (FCA) pengereman darurat
dok. Hyundai Motor Indonesia

Popmama.com yakin Mama dan Papa pasti selalu menerapkan cara berkendara aman, namun di jalan, pengendara lain sering mengganggu perjalanan misalnya ada pejalan kaki dan pengemudi sepeda yang tidak waspada.

FCA akan membantu pengemudi dengan memberi peringatan suara dan pengereman darurat otomatis saat kendaraan berhadapan dengan bahaya bergerak di depan.

3. Driver Attention Warning (DAW) si pengingat tingkat lelah

3. Driver Attention Warning (DAW) si pengingat tingkat lelah
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Saat mengemudi, tentu Mama dan Papa pernah mengalami kelelahan yang mengakibatkan tingkat kewaspadaan mengemudi menurun.

DAW akan memberikan peringatan dan menyarankan waktu istirahat saat pola mengemudi terlihat berubah dan mengarah ke penurunan performa karena lelah.

4. Manual Speed Limit Assist (MSLA) yang menjadi pembatas kecepatan

4. Manual Speed Limit Assist (MSLA) menjadi pembatas kecepatan
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Di jalan bebas hambatan, Mama dan Papa harus menjaga kecepatan di batas tertentu. Mengemudi sambil menjaga kecepatan kadang tidak bisa konstan karena seringkali faktor emosi dan kewaspadaan mempengaruhi.

MSLA akan membantu pengemudi mengatur kecepatan di batas tertentu. Saat batas kecepatan yang diinginkan terlampaui, akan ada peringatan sehingga pengemudi bisa waspada dan mengembalikan kecepatan ke tingkat aman.

Editors' Picks

5. Lane Keeping Assist (LKA) yang menjaga tetap di jalur

5. Lane Keeping Assist (LKA) menjaga tetap jalur
Pxhere/CC0 Public Domain

Di jalan yang konstan dan rambu terlihat jelas, Mama dan Papa bisa memakai mode LKA. Fitur ini bisa membantu pengemudi mengendara dengan konstan dan tetap di jalur.

Dengan LKA, saat kendaraan melenceng dari jalur, pengemudi akan mendapat peringatan untuk mengembalikan posisi kendaraan ke arah aman.

6. Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) si mata ketiga

6. Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) si mata ketiga
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Blind spot adalah posisi pada jarak pandang kendaraan yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi. Terbatasnya jarak pandang ini menjadi penyebab kecelakaan-kecelakaan fatal, misalnya ketika mobil mendadak mengerem atau berbelok. Saat melakukan manuver, pengemudi bisa saja merasa aman padahal di blind spot, ada potensi bahaya, 

Di mobil tipe MPV Stargazer, ada fitur BCA yang membantu pengemudi “melihat” adanya kendaraan lain di bagian blind spot. Ini akan membantu pengemudi menghindari tabrakan. Wah, jadi aman kan?

7. Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) si sensor mundur

7. Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) si sensor mundur
dok. Hyundai Motor Indonesia

Fitur RCCA adalah sensor yang bisa mendeteksi kendaraan dari samping kiri dan kanan saat berjalan mundur. Saat memundurkan kendaraan, pengemudi memang harus mewaspadai kondisi sekitar. Bukan hanya bagian belakang mobil, tetapi di bagian sampingnya.

Sensor ini memberikan peringatan suara dan membantu pengereman mendadak jika sensor menilai potensi tabrakan.

8. Rear View Monitor (RVM) si juru parkir mundur

8. Rear View Monitor (RVM) si juru parkir mundur
dok. Hyundai Motor Indonesia

Pengemudi kadangkala mengalami kesulitan saat melakukan manuver parkir mundur. Saat parkir mundur, kontrol terhadap kendaraan memang harus maksimal dan RVM bisa membantu.

RVM adalah kamera yang memperlihatkan bagian belakang kendaraan agar aman saat parkir mundur.

9. Parking Distance Warning (PDW) si pengatur jarak parkir

9. Parking Distance Warning (PDW) si pengatur jarak parkir
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Meski ada kamera belakang yang membantu pandangan saat parkir mundur, Mama atau Papa kadang tidak bisa melihat jelas jarak mobil dengan obyek di belakang kendaraan.

Nah, fitur PWD memberikan panduan suara saat parkir mundur ini. Saat jarak mendekat, sensor akan berbunyi sehingga pengemudi akan lebih waspada. 

10. Safe Exit Warning (SEW) si penjaga penumpang

10. Safe Exit Warning (SEW) si penjaga penumpang
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Jika punya anak, Mama dan Papa harus memperhitungkan fitur keamanan SEW ini sebagai hal penting.

Fitur ini akan memberikan peringatan kepada penumpang di baris kedua ketika ada kendaraan dari belakang saat hendak keluar dari mobil. Mantap kan?

Selain SEW, khusus untuk penumpang anak-anak, kendaraan ini juga memiliki ISOFIX, child restraint system yang memudahkan Mama dan Papa memasang perlengkapan keamanan anak, misalnya car seat anak dengan benar. ISOFIX memastikan car seat atau seat belt anak terpasang benar sehingga pengamanan terhadap kecelakaan bisa maksimal. 

11. Hill-start Assist Control (HAC) yang menahan di tanjakan

11. Hill-start Assist Control (HAC) menahan tanjakan
Popmama.com/ Sandra Ratnasari

Fitur ini membantu mencegah kendaraan mundur saat menghidupkan mesin di tanjakan. Sistem akan mengoperasikan rem secara otomatis selama kurang lebih 2 detik (maksimal 5 detik saat pedal akselerator sedikit diinjak selama pengoperasian HAC) dan melepaskan rem setelah 2 detik atau saat pedal akselerator diinjak. Jadi, pengemudi akan memiliki waktu memindahkan kaki di antara pedal rem ke gas. Pastinya, mobil tidak akan merosot saat di tanjakan. 

Nah, itulah fitur-fitur keamanan supercanggih dari mobil merek Korea ini. Mama dan Papa bisa memanfaatkan semua fitur ini untuk keselamatan dan kenyamanan keluarga. Selain fitur smartsense ini, keamanan berkendara dengan Hyundai dijamin juga dengan program proteksi yang mengganti pembayaran cicilan, ganti kendaraan, bahkan membantu pengobatan hingga 7 penumpang jika kendaraan mengalami kecelakaan. 

Khusus untuk MPV tipe ini, dilengkapi juga dengan BlueLink yaitu aplikasi yang bisa membantu mengoperasikan kendaraan dari jarak jauh, mengirim SOS dan permohonan bantuan jika kendaraan mengalami masalah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk