TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Artis Tanah Air yang Mengidap OCD, Rina Nose hingga Aliando Syarief

OCD contohnya tidak tahan melihat debu atau berkewajiban mengatur benda-benda dalam pola tertentu

10 Agustus 2022

11 Artis Tanah Air Mengidap OCD, Rina Nose hingga Aliando Syarief
Instagram.com/rinanose/prillylatuconsina96

Obsessive Compulsive Disorder atau OCD dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, ras atau status sosial ekonomi seseorang. Jenis gangguan kecemasan ini menimpa jutaan orang di seluruh dunia, namun hanya sedikit orang yang mengakui atau menyadari efeknya terhadap kehidupan mereka.

Melansir dari American Psychiatric Association, OCD adalah gangguan di mana seseorang memiliki pikiran atau ide yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan perilaku tidak terkendali (obsesi) dan sesuatu secara berulang (kompulsif).

Perilaku berulang seperti mencuci tangan, memeriksa atau membersihkan barang, dapat secara signifikan mengganggu aktivitas sehari-hari dan interaksi sosial seseorang.

Berikut Popmama.com telah rangkum sederetartis tanah air yang mengidap OCD, ada Prilly Latuconsina hingga Aliando Syarief.

1. Rina Nose

1. Rina Nose
Instagram.com/rinanose

Rina Nose masuk deretan artis Indonesia yang mengaku mengidap OCD. Presenter sekaligus komedian ini bercerita jika gejalanya adalah kecemasan berlebihan jika melihat sesuatu yang kotor atau tidak sesuai dengan kemauannya.

Selain itu, Rina Nose juga mengaku akan melakukan sesuatu berulang kali hingga sesuai. Alhasil, rumah yang ditempatinya harus tertata lurus dan sama, sesuai keinginannya. Ia kerap memastikan kamar mandi bersih dan kering.

2. Aliando Syarief

2. Aliando Syarief
Instagram.com/aliandooo

Aliando Syarief pernah mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis mengidap OCD ekstrem. Dia menyebut gangguan mental yang diidapnya tersebut sudah sangat mengganggu, terutama dalam perkembangan kariernya.

Sehingga, Aliando sampai memilih vakum dari dunia hiburan selama dua tahun lamanya. Diketahui, gangguan OCD ekstrem ini sempat membuatnya terpikir untuk mengakhiri hidup. Namun untungnya semua itu tidak terjadi karena dirinya bisa mengalahkan pemikiran tersebut.

3. Prilly Latuconsina

3. Prilly Latuconsina
Instagram.com/prillylatuconsina96

Prilly Latuconsina mengatakan bahwa dirinya mengidap OCD. Akibatnya, ia harus memastikan diri agar barangnya tertata dengan rapi. Hal tersebut pernah diungkapkan pada video YouTube bersama Aurel Hermansyah.

“Nah aku itu OCD, misalnya lagi make up nih, terus tiba-tiba kayak ‘sepatu aku miring geserin dong’, kalau gak gitu aku gak tenang,” ucap Prilly.

4. Rizky Kinos

4. Rizky Kinos
Instagram.com/missnyctagina

Tidak disangka suami dari Nycta Gina, Rizky Kinos, juga ternyata mengidap OCD. Ia bahkan mempunyai ritual unik merapihkan bebatuan di kamar mandi sesuai pola di dalam pikirannya.

“Di kamar mandi gue juga ada batu-batu kayak gini. Setiap gue mandi ada ritual dulu, gue rapihin batu-batu putihnya,” kata Kinos mengutip video dalam YouTube Ussy Andhika Official.

Editors' Picks

5. Olla Ramlan

5. Olla Ramlan
Instagram.com/ollaramlan

Usai sang Kakak meninggal dunia, Olla Ramlan mengidap anxiety problem. Kecemasan berlebihan yang dideritanya bisa sampai membuat tangannya dingin. Selain itu, Olla Ramlan juga menderita OCD.

Istri dari Aufar Hutapea itu merasa cemas jika melihat sesuatu tidak sesuai dengan kemauannya. Contohnya, minuman dalam kulkas harus menghadap ke depan. Dirinya merasa tidak nyaman jika melihat minuman tidak menghadap depan.  

6. Ari Lasso

6. Ari Lasso
Instagram.com/ari_lasso

Dalam kanal YouTube Daniel Mananta, Ari Lasso mengakui dirinya sangat terobsesi pada kerapihan. Ia langsung berani menjamin bahwa rumah tempat tinggalnya sangat bersih dan tertata dengan rapi. Ari Lasso tidak pernah bisa tidur sebelum rumahnya terlihat rapi.

7. Zaskia Adya Mecca

7. Zaskia Adya Mecca
Instagram.com/zaskiadyamecca

Berawal dari unggahan foto sang buah hati, Zaskia Adya Mecca mengaku stres melihat anaknya bermain di atas pasir. Pasalnya, bermain di atas pasir tak sesuai dengan standar kebersihannya.

Lebih lanjut, istri dari Hanung Bramantyo ini menjelaskan di kolom komentar bahwa dirinya mengidap OCD. Alhasil, Zaskia Adya Mecca memiliki standar tinggi untuk konteks kebersihan dan kerapian.

8. Afgan

8. Afgan
Instagram.com/afgan__

Siapa sangka jika penyanyi bernama asli Afgansyah Reza ini juga mengidap OCD. Hal tersebut pernah diungkapkannya lewat siaran live yang berlangsung di platform Vlive.

Efek dari OCD yang dideritanya membuat ia selalu memastikan barang kepunyaannya tetap bersih dan diletakkan pada tempatnya

9. Sandra Dewi

9. Sandra Dewi
Instagram.com/sandradewi88

Sandra Dewi dikenal sebagai salah satu publik figur yang selalu menjaga kerapian. Ternyata, dibalik itu semua Sandra Dewi pernah mengungkapkan jika ia sedikit mengidap OCD.

Ia tidak bisa melihat kotoran sedikit pun. Bila ada kotoran yang dilihat, ia bisa mengalami kecemasan berlebihan. Tak heran jika rumahnya selalu terlihat bersih dan rapi.

10. Hilda Vitria

10. Hilda Vitria
Instagram.com/hvkhildavitriakhan

Aktris sekaligus model Hilda Vitria membeberkan penyakit yang dideritanya melalui unggahan di media sosial. Dalam unggahan tersebut, ia menyisipkan penjelasan tentang OCD yang diidapnya.

"Pejuang OCD Semangat. Tiap pagi yang dicek ubin sama debu hu. Nih buat yang suka tanya-tanya OCD itu apa," tulis Hilda Vitria.

Terungkap bahwa sejak usia 10 tahun, Hilda sudah sangat hobi bersih-bersih. Bahkan, dirinya bisa stres jika melihat debu atau barang-barang yang diletakkan secara miring.

11. Steve Emmanuel

11. Steve Emmanuel
Instagram.com/steve_emmanuel_halim

Last but not least, ada aktor Steve Emmanuel yang juga menderita gangguan mental OCD. Hal ini diungkapkan langsung oleh Andi Soraya, selaku mantan pacar Steve. Andi Soraya menjelaskan bahwa Steve Emmanuel sudah masuk kategori ekstrem tentang menjaga kebersihan.

Nah, jadi itulah beberapa artis tanah air yang mengidap OCD. Semoga ke depannya penyakit mental yang diidap ini tidak akan memengaruhi lagi kegiatan mereka sehari-hari, ya. Apalagi sampai karier mereka.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk