TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

IMGS 2022: Peran Badan Usaha Milik Negara selama Masa Pandemi Covid-19

Sejak dulu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selalu berusaha memberikan kinerja terbaik

29 September 2022

IMGS 2022 Peran Badan Usaha Milik Negara selama Masa Pandemi Covid-19
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia membuat seluruh lapisan masyarakat harus menerima berbagai perubahan tak terduga.

Selain pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga berusaha mengeluarkan berbagai inovasi terbaik guna membantu masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

Mulai dari awal Covid-19 di tahun 2020 hingga kini 2022, BUMN tidak pernah berhenti memberikan kinerja terbaiknya untuk masyarakat.

Dalam acara Indonesia Millennial & Gen-Z Summit pada Kamis (29/9/2022), Pahala Mansury selaku Wakil Menteri BUMN membeberkan beberapa program kerja yang telah dijalankan BUMN selama masa pandemi.

Tak sampai di situ, ia juga membagikan tips bagi generasi muda agar bisa menghadapi peluang tak terduga di masa depan.

Berikut Popmama.com siap membahas ulasan selengkapnya terkait peran badan usaha milik negara selama masa pandemi.

1. Hal yang telah dilakukan BUMN dalam membantu penanganan Covid di awal pandemi

1. Hal telah dilakukan BUMN dalam membantu penanganan Covid awal pandemi
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu. Kala itu, masyarakat sempat menghadapi banyaknya hoaks beredar tentang virus asal Wuhan tersebut.

Bahkan, saking banyaknya pasien yang terkena virus saat itu, masyarakat sampai kekurangan tempat untuk isolasi maupun tempat penanganan Covid.

Melihat permasalahan dalam masyarakat, BUMN langsung turun tangan menambah menyediakan rumah sakit untuk membantu masyarakat yang terjangkit virus Corona.

“Banyak hal yang telah dilakukan BUMN untuk menghadapi masa pandemi. Di awal pandemi, kita mengubah wisma atlet menjadi rumah sakit Covid pertama di Indonesia. Kemudian, bangunan di Simprug yang tadinya kampus juga kita ubah menjadi rumah sakit penanganan Covid. Lalu, perlahan kita juga saat itu menjadikan asrama haji sebagai rumah sakit khusus Covid,” kata Pahala Mansury, Wakil Menteri BUMN.

Di awal pandemi melanda Indonesia, mendatangkan vaksin terbilang sangat sulit. BUMN berupaya melakukan berbagai pendekatan agar vaksin bisa masuk ke Indonesia. Akhirnya, mereka mampu menjalankan tugas dengan mendatangkan vaksin Sinovac.

“Saat itu masyarakat diharuskan untuk vaksin. Mendatangkan vaksin susah sekali. Tetapi pada akhirnya kita kita bisa mendatangkan vaksin Sinovac,” lanjutnya.

Editors' Picks

2. Bantuan yang dilakukan BUMN dalam sektor ekonomi

2. Bantuan dilakukan BUMN dalam sektor ekonomi
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Selain di bidang kesehatan, BUMN juga melakukan inovasi-inovasi terbaik di bidang ekonomi. Satu kinerja BUMN yang masyarakat tidak sadari, namun terbilang penting adalah restrukturisasi kredit mikro.

Restrukturisasi kredit adalah upaya yang diberikan lembaga keuangan seperti Bank untuk membantu meringankan debitur. Ini dapat meringankan masyarakat dalam mengalami kesulitan membayar angsuran karena suatu alasan.

Selain itu, BUMN juga rutin menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk membantu masyarakat kecil agar tetap mendapatkan haknya sebagai warga Indonesia.

3. Rencana BUMN ke depannya

3. Rencana BUMN ke depannya
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Banyak kinerja BUMN yang diharapkan bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana ke depannya, contohnya seperti perubahan dalam penggunaan energi dalam kehidupan masyarakat.

“Kita berharap masing-masing BUMN bisa mencapai penurunan emisi di sektor masing-masing. Paling gampang penggunaan energi setidaknya harus berubah. Dari yang sebelumnya mobil berbasis ICE jadi listrik, penggunaan bahan bakar solar jadi bahan bakar gas,” ungkap Pahala Mansury.

4. Hal yang perlu anak muda siapkan untuk menghadapi peluang di masa depan

4. Hal perlu anak muda siapkan menghadapi peluang masa depan
IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo

Pahala Mansury berpesan setidaknya anak muda perlu menyiapkan tiga hal untuk menghadapi berbagai tantangan tak terduga di masa depan, yaitu persiapan IQ, EQ, dan AQ.

Pengembangan IQ (Intelligence Quotient)sangat dibutuhkan. Generasi muda harus berkeinginan tinggi mengasah kecerdasan dan semangat mempelajari ilmu-ilmu baru. Lalu, EQ (Emotional Quotients) juga tidak kalah penting.

Pasalnya, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang bisa sukses berkat dirinya sendiri. Kesuksesan setiap orang pasti bisa tercapai berkat peran orang lain.

“Nggak ada orang sukses karena diri sendiri. Semua orang pasti sukses karena orang lain. Contoh kecilnya seperti pengusaha. Dia nggak akan bisa sukses kalau nggak ada orang yang beli dagangannya,” ujar Pahala Mansury.

Mempunyai EQ tinggi bukan hanya dilihat bagaimana kita membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Tetapi, kita juga memerlukan self awareness yang tinggi. Kita perlu tahu kelebihan dan kekurangan kita.

Hal yang terakhir dan tidak kalah penting adalah AQ (Adversity Quotient). Istilah ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk bertahan menghadapi tekanan. Seseorang dengan AQ baik biasanya dapat bersikap tenang dalam situasi sulit dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

“Lalu, ada yang namanya AQ. Orang yang sukses tidak akan menganggap tantangan menjadi sesuatu hal yang sulit. Justru, kita harus menikmati segala tantangan yang diberikan. Orang yang selalu mau hal instan justru akan sulit merasakan sukses,” pungkasnya.

Semoga pemaparan informasi di salah satu sesi IMGS 2022 ini bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk