TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Berkarier sebagai News Anchor, Wandha Dwiutari Melatih Public Speaking secara Mandiri

Wandha Dwiutari akui impiannya sebagai news anchor muncul usai menonton salah satu serial Jepang

12 September 2022

Eksklusif Berkarier sebagai News Anchor, Wandha Dwiutari Melatih Public Speaking secara Mandiri
Popmama.com/Michael Andrew
Sesi photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Memiliki kehidupan karier yang cemerlang pasti menjadi impian bagi semua orang. Terkadang, kita harus menyadari terlebih dahulu kira-kira bakat apa yang kita punya dan dapat menunjang perjalanan karier ke depannya.

Wandha Dwiutari menjadi salah satu publik figur yang berhasil mewujudkan cita-citanya berawal dari kesukaan dan hobi. Perempuan kelahiran Bogor ini merupakan seorang news anchor di salah satu TV nasional.

Meski awalnya tidak mempunyai basic presenting, namun perempuan yang terpilih sebagai Millennial Mama of the Month edisi September 2022 tersebut berhasil membuktikannya jika ia mampu dan bisa.

Yang terpenting adalah mempunyai keinginan untuk belajar dan tidak malu bertanya. Buat yang penasaran mengenai kisah awal karier Wanda Dwiutari sebagai news anchor yang juga berstatus sebagai supermama dari dua anak, berikut Popmama.com telah merangkumnya khusus untuk Mama.

1. Tidak punya skill public speaking, Wandha Dwiutari melatihnya secara mandiri dan tidak malu bertanya kepada senior

1. Tidak pu skill public speaking, Wandha Dwiutari melatih secara mandiri tidak malu berta kepada senior
Popmama.com/Michael Andrew
Sesi photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Wandha pertama kali muncul di televisi sebagai pembaca berita pada tahun 2015. Telah menjalani karier sebagai seorang news anchor selama 7 tahun, Wandha mengaku sejak usia belia dirinya memang sudah tertarik untuk tampil di layar televisi sebagai pembaca berita.

Keinginan Wandha tersebut muncul usai menonton serial Jepang. Di serial itu, ia melihat sosok news anchor sebagai seseorang yang berintelektual tinggi.

“Awalnya pas kecil aku nonton serial news anchor dari Jepang, aku lupa judulnya, tapi itu serial yang bikin aku senang lihat sosok news anchor. News anchor kelihatannya pintar dan bikin aku terkagum di situ,” kata Wandha Dwiutari dalam wawancara eksklusif bersama Popmama.com.

Kemudian saat memasuki jenjang kuliah, Wandha memilih jurusan Marketing Komunikasi. Kala itu kemampuan presentingnya masih terbilang nol, namun karena Wandha suka bernyanyi, dari situ ia mulai melatih kemampuan berbicara di depan orang ketika manggung untuk bernyanyi.

“Pas semester akhir temenku nawarin mau casting nggak, di semester 7 kuliah itu aku keterima casting. Justru belajar lebih dalamnya sebagai news anchor itu pas aku sudah keterima di Indosiar. Benar-benar sebelumnya aku melatih public speaking secara autodidak,” ujar Wandha Dwiutari.

Ketika diterima bekerja sebagai news anchor, Wandha menjadi anak paling muda di kantor. Kendati begitu, ia tidak malu bertanya kepada seniornya.

Menurutnya, berbuat kesalahan merupakan hal yang wajar. Jika tidak berbuat salah, justru kita tidak tahu mana yang benar harus dilakukan.

“Nggak usah takut buat bertanya dan berbuat salah. Kalau salah dimarahi yaudah, kalau nggak berbuat salah, kita nggak tahu yang benar kayak gimana. Aku lebih bisa belajar dari kesalahan. Lebih works dari pengalaman yang ada,” tambahnya.

Editors' Picks

2. Alasan Wandha Dwiutari lebih memilih karier sebagai news anchor dibanding pengusaha

2. Alasan Wandha Dwiutari lebih memilih karier sebagai news anchor dibanding pengusaha
Popmama.com/Michael Andrew
Sesi photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Setelah melewati masa pacaran selama 7 tahun, Wandha resmi menikah dengan pujaan hatinya pada 21 Januari 2017. Suami dari Wandha adalah seorang pengusaha.

Dibanding mengikuti karier suaminya yang berkecimpung dalam dunia bisnis, tentu Wandha punya alasan khusus mengapa dirinya lebih memilih berkarier sebagai news anchor.

“Alasanku karena lebih ke passion yang aku punya. Bisnis memang aku belajar dari SMA dan kuliah. Tapi karena aku nggak ngerti cara manajemennya bagaimana, aku pun nggak terlalu percaya sama tim. Jadinya takut capek sendiri. Dari situ aku nyadar memang bisnis belum passion aku,” terang Wandha.

Merasa belum terlalu ahli dalam dunia bisnis, Wandha mengutarakan jika dunia public speaking, entertainment, dan media memang menjadi bidang yang paling disenanginya.

Ia merasa beryukur karena mempunyai suami yang sejak awal mendukungnya untuk tetap berkarier dalam bidang yang disukainya.

3. Cara Wandha Dwiutari mengimbangi waktu antara bekerja dan quality time bersama anak

3. Cara Wandha Dwiutari mengimbangi waktu antara bekerja quality time bersama anak
Popmama.com/Michael Andrew
Sesi photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Setiap pekerjaan yang dilewati masing-masing orang tentu mempunyai kesulitannya tersendiri. Wandha pun membagikan ceritanya tentang kesulitan yang dialami selama menjadi news anchor.

“Kalau dulu mungkin hari libur atau tanggal merah cuek aja namanya masih gadis belum berkeluarga. Kalau sekarang sulitnya itu ngatur waktu gimana caranya bisa tetap sama suami dan anak-anak, karena kalau kita di dunia media, saat tanggal merah nggak selamanya libur,” ungkap Wandha.

7 tahun berkarier, Wandha akui dirinya bisa merasakan lebaran bersama keluarga saat dalam keadaan hamil. Sebab, pekerjaan yang dijalani menuntut dirinya untuk sebisa mungkin membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan keluarga.

“Memang harus sepintar mungkin gimana caranya sama keluarga, tetapi di sisi lain kerjaan juga bisa saling jalan beriringan,” lanjutnya.

Saat bekerja, Wandha mengandalkan baby sitter dan Mamanya untuk membantu menjaga kedua buah hatinya. Kedua anak Wandha adalah Dilan Adnariz Wurjanto (5) dan Adelea Rizhan Wurjanto (18 bulan).

Selelah apa pun dirinya usai bekerja, Wandha selalu berusaha menyempatkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama anak-anaknya, entah memandikan mereka atau bermain bersama.

Di rumah memang ada ibu dan pengasuh. Cara quality time sama anak itu secapek apa pun setelah bekerja, pas sampai rumah minimal aku bantu mandiin atau ngelakuin kegiatan lain sama anak. Karena itu cara aku bonding sama anak-anak. Sama aku keras kepala banget buat tetep mengASIhi walaupun capek,” jelas Wandha.

Sedangkan ketika mendapatkan jadwal libur, Wandha selama seharian penuh akan turun tangan merawat kedua anaknya, serta meminta pengasuh dan Mamanya untuk beristirahat.

“Kalau libur, sepenuhnya anak yang aku urusin semua. Jadi, ibu sama babysitter istirahat. Capek sih tapi itu cara ngedeketin aku sama anak-anak. Masdil sama adel jadinya tetap ke aku banget,” ucapnya.

4. Selain quality time, komunikasi adalah kunci agar hubungannya dengan anak tetap terjalin erat

4. Selain quality time, komunikasi adalah kunci agar hubungan anak tetap terjalin erat
Popmama.com/Michael Andrew
Sesi photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Bagi Wandha, kunci utama seorang working mom untuk mempunyai keluarga yang harmonis adalah komunikasi. Komunikasikan hal apa pun yang memang seharusnya diketahui anak, contoh kecilnya seperti jam bekerja dan jam pulang kerja.

Wandha bahkan telah melakukan itu sejak anak pertamanya, Dilan, masih berada di kandungan. Kini setelah mempunyai dua anak, Wandha juga masih membiasakan untuk mengkomunikasikan terkait agenda pekerjaannya sebelum kedua buah hatinya tidur.

“Jadi, aku dari dulu sudah terapin komunikasi banget bahkan pas mereka (Dilan dan Adel) masih di perut. Aku ajakin mereka ngobrol sebelum tidur, untuk sekaligus ngasih tahu besok aku ada agenda apa, biar mereka tahu. Walaupun respons mereka diam saja, teorinya anak akan sangat mengerti ketika menjelang tidur,” terangnya.

“Komunikasi kecil itu penting. Kita mungkin melihatnya anak nggak ngerti, tapi percayalah kalau anak itu pinter banget. Komunikasi adalah kunci,” pungkasnya.

Dari sini kita pun jadi menyadari bahwa hal kecil yang dilakukan kepada anak bisa berdampak besar bagi mereka. Anak pun tetap merasa dekat dengan sang Mama karena tahu kegiatan apa yang dilewati Mamanya selama bekerja. Patut dicontoh nih cara Mama Wandha.

Millennial Mama of the Month Edisi September 2022: Wandha Dwiutari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari 
Senior Editor - Novy Agrina 
Editor - Onic Metheany 
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Sania Chandra Nurfitriana 
Social Media - Irma Ediarti 
Design - Aristika Medinasari 
Photographer - Michael Andrew P.
Videographer - Iqbal Pratama, Krisnaji Iswandi
Stylist - Onic Metheany, Putri Syifa Nurfadilah,
Makeup Artist & Hair Do - Kay Mori
Wandha’s outfit - Uniqlo x MARNI Collection
Dilan’s outfit - KYDS
Adel’s outfit - Mothercare
Location - IDN Picture

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Wandha Dwiutari
Millennial Mama

Wandha Dwiutari

Family is not a choice. It’s a priority

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk