Waspada Virus! Ini 5 Pilihan Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

Ada wisata alam hingga wisata virtual, lho!

20 September 2021

Waspada Virus Ini 5 Pilihan Destinasi Wisata Aman saat Pandemi
Freepik/Travnikovstudio

Tak bisa dipungkiri, pandemi belakangan ini membuat agenda perjalanan menjadi tertunda, baik keluar negeri atau bahkan hanya sekedar traveling dalam negeri.

Moda transportasi pun sempat dihentikan, baik bepergian dengan pesawat, via darat, ataupun laut. Meski begitu, seiring dengan berjalannya waktu, orang-orang mulai bisa bepergian dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, bertepatan dengan musim liburan seperti saat ini, kamu dan keluarga pun harus pandai-pandai memilih destinasi wisata yang aman untuk dikunjungi saat pandemi.

Selain itu, kamu juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya menjaga jarak memakai masker, dan menjaga kebersihan. Kira-kira destinasi wisata apa saja yang aman untuk dikunjungi selama pandemi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com telah merangkum 5 pilihan destinasinya.

1. Destinasi wisata alam

1. Destinasi wisata alam
instagram.com/curug_bidadari

Destinasi wisata alam seperti pegunungan, pantai, bahkan air terjun bisa kamu dan keluarga pilih untuk mengisi libur akhir pekan.

Selain sirkulasi udara yang lancar, wisata alam biasanya memiliki area yang cukup luas sehingga kamu dan keluarga tetap bisa menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Beberapa destinasi alam dekat ibu kota yang bisa kamu dan keluarga kunjungi antara lain Kepulauan Seribu, trekking di daerah Bogor, bahkan pergi staycation di Kota Kembang.

Editors' Picks

2. Taman kota

2. Taman kota
Freepik/Cookie-studio

Jika kamu dan keluarga tetap ingin berada di tengah kota, maka destinasi outdoor yang dapat dikunjungi antara lain adalah hutan kota di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Taman Menteng, Taman Suropati, Hutan Mangrove PIK, dan Taman Tribeca yang mungkin cocok untuk dihabiskan selama liburan.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa berpiknik seru bersama dengan keluarga.

3. Destinasi yang menerapkan protokol CHSE

3. Destinasi menerapkan protokol CHSE
www.tamanmini.com

CHSE atau cleanliness, Health, Safety, dan Environment merupakan standar protokol kesehatan yang diberlakukan di Indonesia. Kamu dan keluarga bisa mendatangi beberapa destinasi wisata yang sudah memiliki sertifikat CHSE sebagai tempat liburan.

Di Jakarta, kamu dan keluarga bisa singgah di Sea World, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan Waterboom PIK yang sudah mengantongi sertifikat CHSE.

4. Destinasi yang membatasi pengunjung

4. Destinasi membatasi pengunjung
id.wikipedia.org

Social distancing merupakan salah satu komponen penting dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Beberapa destinasi indoor seperti pusat perbelanjaan, museum, dan galeri seni, sudah memberlakukan pembatasan pengunjung untuk mendukung social distancing.

Traveling di kala pandemi memang sudah bisa kamu lakukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jarak, selalu menggunakan masker dan menggunakan hand sanitizer. Tapi, kalau bisa tetap di rumah saja, ya!

5. Wisata virtual juga nggak kalah seru

5. Wisata virtual juga nggak kalah seru
Freepik/free picture

Jika tetap tak ingin keluar rumah karena ingin memutus penyebaran virus corona, maka kamu tetap bisa berwisata secara virtual reality atau virtual traveling hanya dengan menggunakan smartphone saja di rumah.

Aktivitas wisata virtual yang dapat dilakukan antara lain adalah berkeliling di museum, menyaksikan konser musik klasik, bahkan melihat aktivitas satwa di kebun binatang.

Untuk kamu yang tertarik, berikut beberapa tempat wisata di Indonesia yang menyediakan akses wisata virtual reality secara gratis dari smartphone!

  • Monumen Nasional (Monas): https://artsandculture.google.com/entity/national-monument/m03q7hs
  • Museum Kepresidenan Balai Kirti: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/
  • Museum Nasional Indonesia: https://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia
  • Museum Sumpah Pemuda: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/msp/
  • Museum Kebangkitan Nasional: http://muskitnas.net/
  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mpnp/
  • Museum Basuki Abdullah: http://museumbasoekiabdullah.or.id/
  • Museum Benteng Vredeburg: http://vredeburg.id/
  • Galeri Nasional: http://galeri-nasional.or.id/
  • Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran: https://artsandculture.google.com/partner/sangiran-early-man-museum?hl=id
  • Balai Konservasi Borobudur: https://artsandculture.google.com/entity/borobudur-temple-compounds/m0805zhg, http://borobudurvirtual.id/
  • Galeri Batik YBI: https://artsandculture.google.com/partner/galeri-batik-ybi
  • Yayasan Biennale Yogyakarta: https://artsandculture.google.com/partner/yayasan-biennale-yogyakarta
  • Agung Rai Museum of Art: https://artsandculture.google.com/partner/arma-museum
  • Museum Tekstil: https://artsandculture.google.com/streetview/museum-tekstil/fQHU6rG60eHGGw
  • Jogja Istimewa: Unduh aplikasi gratis “Jogja Istimewa” di Play Store

Nah, itulah kelima pilihan destinasi wisata yang aman dikunjungi saat pandemi. Selamat berlibur dan tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.