Awet Muda Tanpa Obat, Ini 7 Cara Alami Meningkatkan Kolagen Kulit

Yuk, coba cara alami sebelum pilih yang instan!

16 Juni 2020

Awet Muda Tanpa Obat, Ini 7 Cara Alami Meningkatkan Kolagen Kulit
Freepik/cookie_studio

Kolagen di kulit terdiri dari jaringan yang terhubung satu sama lain. Jaringan tersebutlah yang bertanggung jawab untuk membuat kulit terlihat berkilau, sehat, dan awet muda.

Jumlah kolagen di kulit mencapai puncaknya ketika seseorang berusia 20-an, dan secara bertahap menurun berdasarkan usia di mana tingkat perbaikan sel menurun.

Jika kamu sudah tidak berusia 20-an, ini saatnya untuk meningkatkan produksi kolagen kulit. Tak perlu mengonsumsi obat yang mengandung kolagen, kamu masih bisa meningkatkan produksi kolagen kulit dengan cara-cara alami.

Apa saja? Berikut Popmama.com telah merangkum 7 ulasan lengkapnya.

1. Melakukan pijat wajah

1. Melakukan pijat wajah
Freepik/javi_indy

Pijat wajah diketahui dapat menstimulasi produksi kolagen kulit dan memperkuat kontur atau otot wajah.

Dengan stimulasi pijat yang sering, selain meningkatkan kolagen, sirkulasi darahmu juga dapat lancar.

Kamu pun bisa memijat wajah sendiri saat mengaplikasikan moisturizer atau pelembap.

2. Rutin mengoleskan lidah buaya

2. Rutin mengoleskan lidah buaya
freepik.com/trumronnarong

Alasan di balik kemanjuran lidah buaya untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen ketika dioleskan atau dikonsumsi secara oral. Lidah buaya dapat dioleskan langsung ke kulit.

Selain diambil langsung dari pohonnya, kamu juga bisa menggunakan getah lidah buaya murni atau aloe vera gel dalam kemasan yang biasanya mengandung getah lidah buaya hingga 90 persen. 

Editors' Picks

3. Menjauhi gula dan karbohidrat sederhana

3. Menjauhi gula karbohidrat sederhana
freepik.com/poringdown

Jika ingin meningkatkan produksi kolagen kulit, kamu juga harus mengubah gaya hidup tidak sehat yang berpotensi merusak atau menurunkan produksinya.

Oleh karena itu, kamu harus mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana. Bukan tanpa alasan, gula dan karbohidrat sederhana diketahui dapat mengganggu kemampuan kolagen untuk memperbaiki diri.

4. Hindari sinar matahari berlebih

4. Hindari sinar matahari berlebih
Freepik/jannoon028

Meski sinar matahari baik untuk kesehatan tulang, namun jika berjemur di waktu yang tidak tepat dan terlalu lama, justru sinar matahari tersebut dapat merusak kolagen kulit.

Untuk itu, hindarilah paparan sinar matahari yang berlebihan. Pasalnya, radiasi ultraviolet di sinar matahari, dapat mengurangi produksi kolagen. 

5. Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C

5. Mengonsumsi buah sayur mengandung vitamin C
Freepik/free picture

Vitamin C sangat penting untuk sintesis asam hialuronat (hyaluronic acid). Salah satu studi menunjukkan bahwa asam hialuronat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia.

Asam hialuronat secara alami ditemukan dalam tubuh, tetapi berkurang seiring bertambahnya usia. Tanpa kadar vitamin C yang memadai, tubuh tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari makanan yang mengandung asam hialuronat.

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen dalam tubuh karena keduanya penting untuk kulit.

Makanan seperti jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan stroberi kaya akan vitamin C.

6. Minum lebih banyak air

6. Minum lebih banyak air
Freepik/Racool_studio

Air berfungsi seperti sihir ketika mengembalikan kolagen di kulit secara alami. Kamu mungkin bosan mendengar bahwa minum 8 hingga 10 gelas air per hari akan menyehatkan kulit kita dan melembapkan tubuh kita.

Namun, air mengandung formula tertentu yang mampu meningkatkan pembentukan serat, yang penuh dengan kolagen dan dapat meremajakan sel-sel kulit.

Air juga memiliki kemampuan untuk membasuh seluruh tubuh dari racun yang secara instan dapat mengembalikan kolagen di kulit.

7. Hindari kebiasaan merokok

7. Hindari kebiasaan merokok
Freepik/nensuria

Terakhir adalah hindari kebiasaan merokok. Bukan tanpa alasan, rokok diketahui dapat menjadi biang untuk semua kondisi negatif di tubuh termasuk menurunkan produksi kolagen. Dengan merokok, kulit menjadi makin kering dan berkeriput.

Nah, itulah ketujuh cara meningkatkan kolegan kulit secara alami tanpa obat kolagen. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.