Indonesia Hingga Dunia, Ini 7 Rekomendasi Film Islam Terpopuler

Bisa jadi refensi film islami untuk ditonton bersama keluarga nih, Ma!

25 Maret 2021

Indonesia Hingga Dunia, Ini 7 Rekomendasi Film Islam Terpopuler
patheos.com,wikipedia.org

Di beberapa belahan duania, Islam memang menjadi agama minoritas. Namun, sejumlah film bernuansa Islami tetap mampu meraih sukses dalam menghiasi layar lebar Indonesia hingga dunia seperti Hollywood dan Bollywood.

Melalui film, Islam di negara barat yang identik dekat dengan teroris ditampilkan secara humanis. Tak jarang pula, film-film tersebut menampilkan tokoh-tokoh beragama muslim yang fenomenal.

Berbagai tema pun diangkat menjadi film bernuansa Islam yang sangat menarik dan mengajarkan banyak hal baik, tidak seperti yang selama ini dicitrakan.

Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi film bernuansa Islam yang dapat menjadi referensi menonton bersama keluarga jelang Ramadan.

1. My Name Is Khan

1. My Name Is Khan
patheos.com

Tak hanya dari Hollywood, Bollywood pun mengangkat kisah Islam lewat film My Name Is Khan yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dan Kajol. Film ini mengulik kehidupan antara dunia barat dan Islam.

Selain itu juga memotret bagaimana pandangan dunia terhadap Islam. My Name Is Khan merupakan film Bollywood termahal pada tahun 2010. Namun film ini juga menjadi film pendapatan tertinggi di luar negeri.

Nilai moral akan kesabaran dan ketekunan dapat menjadi teladan bagi anak mama yang juga ikut menontonnya. Benar-benar menguras air mata!

2. Surga Yang tak Dirindukan

2. Surga tak Dirindukan
wikipedia.org

Film selanjutnya datang dari negeri sendiri yakni, Surga Yang tak Dirindukan. Film yang telah dirilis pada tahun 2015 lalu mengisahkan tentang sebuah rumah tangga ideal antara Pras dan Ariani.

Bersama anak perempuannya yang bernama Nadia, keluarga ini menjadi keluarga yang bahagia. Ditambah lagi Pras adalah laki-laki yang baik hati dan juga setia. Sedangkan Ariani adalah sosok istri yang baik serta mencintai keluarganya.

Mereka hidup damain dan tentram hingga suatu saat Pras menyelamatkan seorang perempuan yang bernama Meirose yang mengalami koma akibat kecelakaan.

Editors' Picks

3. American East

3. American East
imdb.com

American East merupakan film Hollywood yang bernuansa Islam. Menceritakan sebuah keluarga muslim yang berencana membuka usaha kuliner khas Timur Tengah di Los Angles, Amerika.

Film ini menyoroti bagaimana tekanan yang dihadapi oleh orang Arab di Amerika melalui sudat pandang tiga karakter.

Dirilis pada tahun 2008, American East disutradari oleh Hesham Issawi dan dibintangi oleh Sayed Badreya, Tony Shalhoub, Sarah Shahi, dan aktor terkenal lainnya. 

4. Malcolm X

4. Malcolm X
biography.com

Film drama biografi garapan Spike Lee ini mengisahkan tentang Malcolm X. Ia adalah sosok aktivis Amerika yang diperankan oleh Denzel Washington.

Film ini menyorot beberapa peristiwa penting Malcolm X, mulai dari kasus kriminal, penahanan, dan tobatnya yang berujung masuk Islam.

Film ini juga dianggap sebagai film paling kontroversial karena menimbulkan beberapa pertanyaan tentang ras dan agama. Sehingga film yang rilis pada 18 November 1992 ini sempat menghebohkan dunia.

5. The Message

5. The Message
thenational.ae

The Message merupakan film yang rilis pada 9 Maret 1977. Meskipun dirilis pada empat dekade yang lalu, namun The Message masih dianggap menjadi salah satu film berlatar Islam terbaik.

Film garapan Moustapha Akkad ini menceritakan sosok Nabi Muhammad dari sudut pandang orang-orang terdekatnya. Dalam film ini penggambaran Nabi tidak dimunculkan, akan tetapi dimunculkan dalam bentuk cahaya dan musik pengiring.

Film ini juga menampilkan perang Badar dan perang Uhud. Film ini dibintangi oleh Anthony Quinn, Irene Papas, Johnny Sekka dan Garrick Hagon.

6. Hijab

6. Hijab
wikipedia.org

Film selanjutnya adalah film islami berjudul Hijab yang telah dirilis tahun 2015 yang lalu.

Film yang satu ini diperankan oleh beberapa artis ternama Indonesia seperti Carissa Putri, Natasha Rizki, Zaskia Adya Mecca dan Tika Bravani yang tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat film Indonesia, khususnya film dengan genre religi.

Film ini sendiri mengisahkan tentang 4 orang sahabat yang membangun sebuah bisnis di dunia fashion hingga bisnis mereka melejit. Namun, di saat bisnis mereka meroket, tiba-tiba ada suatu hal yang membuat mereka terpecah belah. Kira-kira apakah penyebanya?

7. Ali

7. Ali
sky.com

Ali adalah film hollywood yang memotret citra Islam dalam pandangan positif. Ali adalah sebuah film biografi yang mengisahkan masa hidup petinju legendaris Muhammad Ali.

Ali memang menjadi salah satu muslim legendaris di dunia. Sejarah hidupnya seperti saat Ali memeluk Islam disorot di dalam filmnya. Dalam perannya sebagai Ali, Will Smith untuk pertama kalinya masuk dalam nominasi Oscar sebagai nominasi aktor terbaik di tahun 2002.

Bahkan, karena perannya yang begitu berkesan, Will Smith dikabarkan tertarik mempelajari Islam. Selain Will Smith, Film Ali juga dibintangi oleh Jamie Foxx, Jon Voight, dan aktor ternama lainnya.

Demikianlah ketujuh rekomendasi film bernuansa Islam terbaik yang wajib ditonton bersama keluarga. Selamat menikmati, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.