Jangan Terlewat! Ini 5 Dana yang Perlu Disiapkan Selama Ramadan

Anti boncos saat Ramadan dengan mempersiapkan 5 dana berikut!

21 April 2021

Jangan Terlewat Ini 5 Dana Perlu Disiapkan Selama Ramadan
Pexels/EVG Photos

Bagi sebagian orang, pengeluaran menjadi lebih banyak selama Ramadan. Padahal, logikanya pengeluaran seharusnya menurun karena porsi makan kita berkurang satu kali.

Namun sebenarnya, banyak hal yang bisa membuat pengeluaran Ramadan menjadi lebih banyak, misalnya seperti buka bersama di luar, hingga membeli baju baru yang mahal untuk lebaran.

Nah, agar tidak kewalahan mengatur keuangan saat Ramadan, kamu bisa menyikapinya dengan mempersiapkan dana khusus selama Ramadan yang tentu saja lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya.

Kira-kira apa saja dana yang perlu kamu persiapkan saat bulan Ramadan? Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum kelima daftar lengkapnya!

1. Dana untuk memenuhi kebutuhan pokok

1. Dana memenuhi kebutuhan pokok
Freepik/prostooleh

Selama bulan Ramadan, pada umumnya harga barang-barang kebutuhan rumah tangga akan naik secara pesat.

Kondisi ini tidaklah mengherankan mengingat permintaan masyarakat yang juga meningkat, padahal persediaan barang-barang tidak semuanya mengalami peningkatan.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini, pastikan kamu sudah menyiapkan dana yang lebih besar daripada pada bulan-bulan lainnya. Kamu bisa menyiapkan 2 kali lipat biaya kebutuhan pokok di bulan Ramadan seperti ini.

Jika ada sisa, kamu bisa menabungkan uangnya atau dijadikan dana untuk investasi.

Editors' Picks

2. Dana untuk makanan selama Ramadan

2. Dana makanan selama Ramadan
Freepik/Chandlervid85

Bulan Ramadan identik dengan banyaknya menu takjil yang dijual di pinggir jalan. Sangat sulit rasanya menghindari godaan jajanan yang banyak dijual di jalan.

Terlebih, banyak menu yang hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan, jadi sangat sayang rasanya untuk dilewatkan. Jika kamu ingin membeli menu berbuka yang menggoda, tidak ada salahnya membeli makanan di luar.

Toh, sudah seharian kamu menahan lapar dan dahaga karena berpuasa dan kamu memang butuh mengisi perut saat berbuka. Namun, jangan sampai lapar mata karena akan membuat kamu jadi boros dan membuang-buang makanan.

Selain itu, pastikan juga kamu sudah menyiapkan dana ekstra untuk kamu jajan selama bulan Ramadan.

Agar lebih praktis dan irit, kamu juga bisa mempersiapkan makanan instan atau frozen food untuk berjaga-jaga jika suatu saat kamu terlambat bangun dan harus menyiapkan menu sahur dengan cepat.

3. Dana untuk menunjang protokol kesehatan

3. Dana menunjang protokol kesehatan
Pexels/Janko Ferlic

Tahun ini, kita masih harus melewati bulan Ramadan di tengah pandemik Covid-19. Namun, yang berbeda dari tahun kemarin adalah, tahun ini ibadah salat tarawih di luar rumah sudah diizinkan.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu menjalankan protokol kesehatan demi menghindari penularan Covid-19. Oleh karena itu, kamu perlu membeli perlengkapan untuk mencegah penularan Covid-19 saat salat tarawih atau menjalani ibadah lainnya.

Beberapa perlengkapan yang wajib kamu miliki adalah masker, hand sanitizer, dan desinfektan. Jadi, pastikan kamu menyediakan dana untuk membeli perlengkapan tersebut, ya!

4. Dana untuk beribadah

4. Dana beribadah
Pexels/Pixabay

Ramadan merupakan kesempatan emas di mana kita perlu memaksimalkan amal ibadah kita. Untuk itu, kamu juga perlu mempersiapkan dana untuk memaksimalkan ibadahmu.

Selain puasa dan salat, ibadah lain yang biasa dilakukan selama Ramadan adalah memberikan takjil bagi mereka yang berpuasa, perbanyak bersedekah, memberikan hadiah kepada kerabat, hingga membayar zakat.

Agar kamu tidak keberatan dalam melakukan ibadah tersebut, sebaiknya persiapkan dana sebelum memasuki bulan Ramadan. Pastikan kamu telah mengeluarkan dana beribadah yang wajib, lalu sisanya bisa digunakan untuk dana beribadah sunah lainnya.

5. Dana penunjang kesehatan

5. Dana penunjang kesehatan
Freepik/Wirestock
Dok. Jovee

Agar bisa menjalankan ibadah secara maksimal, tubuhmu juga harus selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Untuk menunjang kesehatan, kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus.

Beberapa hal yang kamu perlukan untuk menjaga kesehatan adalah makanan yang bergizi, perlengkapan kesehatan, perlengkapan untuk menjaga kebersihan, dan suplemen penunjang kesehatan.

Dengan mempersiapkan dana untuk menyambut Ramadan, harapannya kamu bisa menjalani ibadah selama Ramadan dengan lancar dan maksimal.

Selain itu, jika kamu menemui masalah kecil yang berkaitan dengan finansial selama Ramadan, kamu akan bisa menghadapinya dengan lebih tenang karena sudah mempersiapkan dana.

Nah, itulah kelima dana yang perlu disiapkan selama Ramadan. Jangan sampai ada yang terlewat, ya. Semoga bermanfaat!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "5 Dana yang Perlu Disiapkan selama Ramadan, Jangan Ada yang Terlewat"
Penulis: Eka Ami

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.