Jouska Diduga Rugikan Klien, Ini 7 Jenis Investasi yang Aman & Untung

Jangan sampai salah pilih, ya!

27 Juli 2020

Jouska Diduga Rugikan Klien, Ini 7 Jenis Investasi Aman & Untung
Freepik/cookie_studio

Belakangan ini tagar #Jouska menjadi trending di linimasa Twitter sejak muncul pemberitaan pengakuan klien yang merasa ditipu oleh Jouska. Satu per satu warganet yang mengaku pernah menjadi klien Jouska bersuara, salah satunya akun, @yakobus_alvin.

Ia mengaku sebagai salah satu klien Jouska pada 2018-2019. Ia membagikan data portofolio saham yang dikelola oleh Jouska. Alvin mengatakan, total dana aset yang dikelola sebanyak Rp 65 juta.

"Dana Rp 65 juta waktu itu sebagai dokter internship yang baru beres itu gede banget. Ya gaji bulanan cuma Rp 3,1 juta sebulan dari pemerintah. Foto saya ambil Oktober 2019 ya. Jauh dari corona. IHSG masih sangat sehat dan di atas 6.000," ungkap Alvin dikutip IDN Times, Selasa (21/7).

Sebagai seorang yang awam dengan dunia saham, ia ingin berinvestasi dibantu orang yang ahli. Alvin lantas dipilihkan saham dan asuransi kesehatan. Ia membayar untuk asuransi sebanyak Rp 5,2 juta.

Sementara, produk kedua berupa manajemen aset di saham. Jouska menggandeng Amarta Investa sebagai pihak ketiga.

"Jadi intinya saya transfer sejumlah uang secara rutin dan Amarta Investa ini yang handle porto saya. Pembagian keuntungan ada dijelaskan di kontrak ya. Waktu itu sama sekali saya nggak paham saham. Bahkan gunain apps transaksinya aja nggak paham," ujar Alvin.

Agar kasus Jouska yang menimpa Alvin tidak terulang kepada kita, berikut Popmama.com telah merangkum 7 jenis investasi yang aman dan menguntungkan.

Catat baik-baik, ya!

1. Investasi uang tunai

1. Investasi uang tunai
freepik/drobotdean

Hampir sama dengan tabungan, deposito, dan reksa dana, investasi dengan uang tunai juga cukup menjanjikan. Risikonya yang kecil membuat investasi uang tunai banyak digunakan oleh masyarakat.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi ini memang tidak terlalu besar, namun dapat memberikan keuntungan bagi para investor.

Hasilnya pun dapat diperoleh dalam jangka panjang dan pastinya aman untuk dilakukan setiap masanya. 

2. Investasi emas

2. Investasi emas
Pixabay/ Global_Intergold

Investasi emas sangat menguntungkan sekaligus aman. Banyak orang yang melakukan pembelian emas sebagai investasi. Masyarakat akan senang berinvestasi dengan emas karena harganya yang relatif beranekaragam, mulai dari harga murah sampai harga tinggi.

Selain itu, harga emas yang stabil juga membuat banyak orang ingin membelinya, baik sebagai perhiasan atau dalam bentuk emas batangan untuk disimpan. Investasi emas memiliki jangka waktu yang panjang, kamu dapat membelinya dalam setiap kondisi.

Tidak perlu biaya mahal, cukup investasikan gajimu untuk membeli emas yang harganya setara dengan pendapatanmu, karena meskipun bendanya kecil tetapi harganya akan menolong untuk investasi ke depan.

Editors' Picks

3. Investasi saham

3. Investasi saham
Kompas.com

Investasi saham merupakan bentuk investasi yang tidak asing lagi di masyarakat. Banyak orang yang telah menanamkan saham ke perusahaan untuk berinvestasi.

Saham sendiri merupakan surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terhadap yang memberi hak atas individu dan lainnya menurut besar kecilnya modal yang disetor.

Investasi ini memiliki risiko besar, akan tetapi jenis investasi ini aman dan dapat menguntungkan bagi investor karena memiliki peluang yang bagus dengan keuntungan cukup tinggi.

4. Investasi aset

4. Investasi aset
Freepik/Jcomp

Aset yang digunakan dalam berinvestasi beranekaragam mulai dari properti, emas, perak, dan lain-lain.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi ini bervariasi, tergantung aset apa saja yang di investasikan. Investasi aset memiliki waktu jangka panjang, karena nantinya investasi aset akan mengalami peningkatan pada nilai jualnya. 

5. Investasi pendapatan

5. Investasi pendapatan
Pexels/EVG Photos

Pendapatan yang diperoleh dapat diinvestasikan pada perusahaan dalam bentuk obligasi. Investasi pendapatan dapat memberikan pendapatan tetap bagi investor untuk setiap bulan atau per tahunnya.

Jenis investasi ini dapat dilakukan dalam jangka panjang, selain itu akan meminimalisir risiko kerugian. Pada investasi ini, terdapat sebuah masalah jika keadaan ekonomi sedang berubah naik turun.

Hal ini akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang di dapat. Investasi pendapatan ini tentunya dipercayakan pada perusahaan yang sudah melakukan kerjasama sebelumnya atau dalam kondisi baik, karena jika perusahaan yang diajak kerjasama sedang proses gulung tikar maka akan merugikan investor.

6. Investasi Reksa Dana

6. Investasi Reksa Dana
Pixabay/nattanan23

Investasi ini dirasakan sangat menguntungkan karena dana dari masyarakat akan diserahkan kepada manajer invetasi sehinggan investasi pun akan lebih aman.

Keuntungan lain dari investasi ini, kaum milenial ataupun masyarakat umum tidak harus menyiapkan uang dengan nominal besar. Cukup dengan nominal ratusan, kamu dapat mulai berinvestasi reksa dana dengan aman dan mudah.

Selain itu, investasi reksa dana bisa dalam jangka waktu panjang. Meskipun keuntungan menyesuaikan dana awal yang disetorkan, namun kecil kemungkinan kamu mengalami kerugian.

7. Investasi berupa deposito

7. Investasi berupa deposito
Freepik/tirachardz

Investasi ini aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LSM). Hasil investasi dapat diperkirakan menurut setoran mu yang sudah diserahkan sebelumnya.

Investasi ini memiliki kelemahan karena memiliki keuntungan kecil dibandingkan investasi lain. Namun investasi ini memiliki banyak peminat. 

Nah, itulah ketujuh jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Bagi kamu yang baru ingin berinvestasi, pastikan kamu memilih perusahaan investasi yang terpercaya agar keuntungan jangka panjang dapat menyertai kamu dan keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.