Pola Makan Hingga Kebiasaan, 7 Hal Ini Harus Diperhatikan saat Haid!

Lakukan ketujuh hal berikut agar vagina sehat dan hormon seimbang!

6 Januari 2021

Pola Makan Hingga Kebiasaan, 7 Hal Ini Harus Diperhatikan saat Haid
Pexels/cottonbro

Kebiasaan buruk tentu menjadi salah satu hal yang harus kita hindari. Terlebih jika menyangkut akan kesehatan dan juga kebersihan perempuan saat haid.

Tentunya, kita tidak ingin mengambil resiko akan sesuatu hal yang nantinya akan terjadi pada diri kita, bukan?

Nah, kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh sebagian besar perempuan lambat laun akan berdampak pada kesehatan dan juga masalah lainnya yang mungkin akan terjadi.

Selain harus rutin mengganti pembalut, ternyata masih banyak hal lain yang harus diperhatikan saat kamu sedang haid. Apa saja? Berikut Popmama.com telah merangkum 7 informasi lengkapnya!

1. Cukur rambut kemaluan menjelang haid

1. Cukur rambut kemaluan menjelang haid
Freepik/free picture

Setiap perempuan pastinya memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya kamu disarankan untuk mengetahui kapan siklus haid akan terjadi.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa melakukan persiapan menjelang haid, salah satunya adalah dengan mencukur rambut kemaluan sebelum haid tiba.

Bukan tanpa alasan, mencukur rambut kemaluan menjelang haid wajib dilakukan agar darah tidak menempel di bagian rambut kemaluan yang terlalu panjang.

Jika sudah menempel di rambut kemaluan dan kamu tidak bersih saat membilasnya, maka hal itu akan menyebabkan bakteri yang bersarang di vagina.

Tak perlu memangkas habis rambut kemaluan, kamu hanya perlu memangkasnya sedikit agar bersih dan tidak terlalu panjang.

2. Ganti pembalut secara rutin

2. Ganti pembalut secara rutin
Pexels/Polina Zimmerman

Hal yang satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh banyak perempuan, namun apakah kamu masih malas untuk mengganti pembalut secara rutin?

Nah, apabila kamu termasuk perempuan dengan volume darah haid yang cukup banyak, maka kamu harus lebih sering mengganti pembalut, paling tidak 4 hingga 5 kali dalam sehari.

Namun jika volume darah haid yang kamu keluarkan sedikit, maka kamu bisa menggantinya 3 sampai 4 kali dalam sehari. Semakin sering kamu pergi ke toilet, maka semakin sering pula kamu harus mengganti pembalut.

Hal tersebut bertujuan agar pembalut tidak lembap dan menyebabkan sarang bakteri.

Editors' Picks

3. Jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter

3. Jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter
Freepik/freepik

Mengonsumsi obat yang tidak tepat dapat menghentikan siklus haid secara tiba-tiba. Terlebih lagi apabila kamu mengonsumsi obat pereda kram dan nyeri, hal tersebut bisa saja memperburuk kondisi kadar hormon dan berdampak buruk pada kesehatan.

Oleh karena itu, jangan mengonsumsi obat-obatan yang tidak diresepkan oleh dokter, ya! Jika kamu merasakan sesuatu yang aneh pada tubuhmu saat haid, maka ada baiknya jika kamu langsung berkonsultasi pada ahlinya.

4. Hindari mengonsumsi susu saat haid

4. Hindari mengonsumsi susu saat haid
freepik/kamranaydinov
Ilustrasi minum susu

Tahukah kamu bahwa susu memiliki kandungan protein yang banyak sekaligus kalsium untuk meredakan kram pada bagian perut? Eits... tunggu dulu, namun tidak semua susu memiliki khasiat tersebut, lho!

Ya, faktanya susu terkadang memiliki kandungan berupa arachidonic acids yang tidak akan mengobati kram perut, justru akan menimbulkan kram perut. Untuk itu, agar lebih aman, sebaiknya kamu mengonsumsi susu almond maupun susu alami saat haid tiba.

5. Hindari mengemil saat haid

5. Hindari mengemil saat haid
Freepik/Rawpixel.com

Pernahkah kamu merasakan adanya perubahan hormon yang terjadi pada dirimu saat haid? Ya, saat haid memang ada banyak perubahan yang terjadi dan hal ini akan mendorong keinginan perempuan untuk mengemil.

Padahal, mengemil dalam kondisi haid tidak hanya menyebabkan kegemukan saja, akan tetapi juga bisa menimbulkan kondisi haid yang memburuk.

Oleh karena itu, sebaiknya alihkan hasrat mengemilmu selama haid dengan melakukan kegiatan bermanfaat lain, misalnya seperti berolahraga atau melakukan hobimu.

    6. Hindari menonton film yang menguras emosi

    6. Hindari menonton film menguras emosi
    Freepik/master1305

    Saat haid, kamu perlu menghindari film menguras yang emosi. Bukan tanpa alasan, film yang emosional diketahui akan mengalami terjadinya penurunan hormon estrogen, dan progesteron pada masa haid.

    Oleh karena itu, emosi pun akan tidak seimbang. Hormon estrogen mempengaruhi otak perempuan, yang dikaitkan juga dengan emosi dan proses kognitif.

    Ketika haid, kita bisa merasa bahagia, lalu tiba-tiba kesal, tiba-tiba marah, dan cemas. Jadi, sebaiknya hindari menonton film yang membuatmu depresi.

    7. Jangan mengonsumsi makanan tinggi garam

    7. Jangan mengonsumsi makanan tinggi garam
    Freepik/topntp26

    Sama seperti susu, makanan yang mengandung garam juga dapat menyebabkan perut kembung dan akan mempengaruhi pada tekanan darah haid yang dikeluarkan.

    Garam sering ditemukan pada makanan cepat saji. Oleh karen itu, lebih baik kamu memilih makanan seperti buah-buahan.

    Untuk mencegah dehidrasi dan rasa sakit akibat haid, kamu juga bisa minum air putih sebanyak mungkin. Cara ini pun ampuh untuk menghindari kram perut. 

    Itu dia ketujuh hal yang harus diperhatikan saat haid. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.