7 Rekomendasi Film Keluarga yang Menguras Emosi dan Air Mata

Mumpung liburan, yuk nonton bareng keluarga di rumah!

13 Juni 2020

7 Rekomendasi Film Keluarga Menguras Emosi Air Mata
wikimedia.org

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama keluarga. Meski tak bisa pergi ke mana-mana saat pendemi corona seperti ini, namun kamu dan keluarga yang ada di rumah tetap bisa menikmati waktu bersama dengan tontonan film keluarga yang sarat akan makna.

Penasaran apa saja film keluarga terbaik yang wajib ditonton? Langsung saja, berikut Popmama.com telah merangkum 7 ulasan lengkapnya.

1. Finding Neverland (2004)

1. Finding Neverland (2004)
YouTube.com

Film keluarga pertama yang cocok ditonton saat berkumpul di rumah ialah Finding Neverland. Layar lebar yang dirilis pada 2004 ini memang sering dijadikan pilihan tontonan saat berkumpul dengan keluarga.

Menjadikan David Magee sebagai penulis naskahnya, film ini diangkat berdasarkan drama The Man Who Was Peter Pan karya Allan Knee.

Sebagai sutradara, Marc Forster mampu membuat film biografi drama ini mendapat banyak penghargaan film bergengsi di dunia, seperti Academy Award dan Golden Globe Award.

Film ini menceritakan tentang Sir James Matthew Barrie yang muncul di pemakaman Sylvia Llewelyn Davies, teman dekatnya saat masih muda dulu.

Di masa berkabung ini, Barrie mencoba menghibur keempat anak yang ditinggalkan Sylvia. Dia menceritakan dan membuat sebuah pertunjukan fantasi untuk menghibur anak-anak tersebut. Sedih dan menyayat hati!

2. Inside Out (2015)

2. Inside Out (2015)
imdb.com

Inside Out menjadi salah satu film keluarga animasi yang didistribusikan oleh Disney Picture. Sejak dirilis pada 2015 lalu, layar lebar ini sontak mendapat banyak pujian dan penghargaan dari para kritikus dan penontonnya. Oscars pun memberikan tempat khusus untuk ditempati oleh judul sinema ini.

Film yang disutradarai oleh Pete Docter ini seperti benar-benar mampu membuat siapapun yang menontonnya akan berpikir tentang emosi yang ada di alam tak sadarnya. Kalau layar lebar ini disebut sebagai salah satu yang terbaik, tidak salah memang.

Editors' Picks

3. Captain Fantastic (2016)

3. Captain Fantastic (2016)
YouTube.com

Mencari film komedi keluarga terbaik? Ada Captain Fantastics yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sinema yang tayang pada 2016 ini mengisahkan tentang parenting unik yang dilakukan oleh Ben dan Leslie Cash.

Bersama keenam anaknya, mereka tinggal di pinggiran hutan Washington. Anak-anak mereka dididik untuk belajar secara otodidak dari alam. Namun keadaan berubah setelah sang Istri meninggal dunia.

Anak pertamanya, Bo, mulai membangkang dan memperjuangkan haknya untuk melanjutkan bangku kuliah di salah satu kampus bergengsi di Amerika Serikat.

Lantas, apakah sang Papa mampu mempertahankan parenting uniknya ini? Atau Bo bisa memperjuangkan keinginannya tersebut? 

4. Coco (2017)

4. Coco (2017)
YouTube.com

Dirilis pada 2017 lalu, Coco masuk dalam jajaran film keluarga animasi yang menuai pujian dari berbagai kalangan.

Layar lebar yang disutradarai oleh Lee Unkrich dan Adrian Molina ini mampu menghadirkan konsep segar yang cukup berbeda dari bikinan Pixar biasanya.

Kamu akan dikenalkan dengan tradisi Day of the Dead yang sampai saat ini masih ada di Meksiko. Miguel yang tak sengaja bisa keluar masuk ke dunia arwah ini mulai menemukan banyak fakta mencengangkan.

Terlebih lagi tentang Papa dari neneknya yang bernama Coco. Jangan lupa untuk menyediakan tisu untuk menyeka air matamu. Sinema ini mampu mengaduk emosi dan menggugah hati bagi siapa saja yang menontonnya. 

5. Wonder (2017)

5. Wonder (2017)
wikimedia.org

Salah satu film drama keluarga terbaik yang cocok ditonton saat akhir pekan ialah Wonder. Sinema yang dirilis pada 2017 ini disutradarai oleh Stephen Chbosky dan diangkat dari novel karya R.J. Palacio.

Layar lebar ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak bernama Auggie. Dia menjalani hidup yang bisa disebut berbeda dengan anak seusianya.

Memiliki wajah yang unik, Auggie harus beradaptasi ketika mengenyam pendidikan di sekolah umum. Dianggap aneh dan berbeda mungkin sudah terasa biasa baginya.

Hal ini juga dirasa berat oleh kedua orangtuanya, Nate dan Isabel Pullman. Bersama kakaknya Olivia Pullman, mereka bahu-membahu untuk saling menyemangati dan membuat Auggie tidak merasa dibedakan oleh lingkungannya.

6. Shoplifters (2018)

6. Shoplifters (2018)
wikimedia.org

Tak hanya Hollywood, Jepang juga tak mau kalah dan merilis Shoplifters sebagai salah satu film drama keluarga yang dilematis.

Layar lebar yang disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda ini tayang pada 2018 lalu. Sinema ini menceritakan tentang keluarga yang setiap harinya mencuri barang dan makanan untuk bertahan hidup.

Hidup di Tokyo yang serba mahal, fakta menyedihkan pun mulai terkuak ketika salah satu anak laki-lakinya tertangkap basah mencuri dan ditangkap oleh polisi. 

7. Birthday (2019)

7. Birthday (2019)
asianmoviepulse.com

Terakhir adalah Birthday. Korea Selatan juga tidak ketinggalan dan memiliki salah satu film drama keluarga terbaik. Cerita dari Birthday yang dirilis pada 2019 ini diangkat dari pasca kejadian tenggelamnya Kapal Ferry Sewol pada 2014 lalu.

Luka yang masih belum sembuh dari teman dan keluarga yang ditinggalkan korban terasa benar-benar nyata. Harapan bahagia yang sudah menjadi angan semata lah yang mampu membuat mereka bertahan.

Di momen ulang tahun salah satu murid yang menjadi korban, rasa sedihmu tak akan bisa dibendung lagi!

Nah, itulah ketujuh rekomendasi film keluarga yang menguras emosi dan air mata. Selamat menyaksikan bersama keluarga di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.