Suami Tak Sengaja Minum ASI Istri? Simak Dulu 7 Faktanya!

Ternyata banyak manfaat yang terkandung dari ASI, lho!

7 Januari 2021

Suami Tak Sengaja Minum ASI Istri Simak Dulu 7 Faktanya
Unsplash/We-Vibe WOW Tech

Sebagai sumber makanan bayi terbaik, Air Susu Ibu atau ASI diketahui menyimpan berbagai macam khasiat. Di antaranya adalah untuk membantu tumbuh kembang bayi, membangun sistem imun tubuh pada bayi, hingga mengurangi risiko kanker.

Sejauh yang kita ketahui, ASI memang asupan yang bagus untuk bayi, namun apakah juga begitu jika suami tidak sengaja meminum ASI saat berhubungan intim dengan istri?

Pada dasarnya, hukum Islam menjelaskan bahwa tidaklah haram jika suami meminum ASI istri. Jadi, ASI istri yang tertelan oleh suaminya saat berhubungan tidaklah haram hukumnya untuk berhubungan badan, tidak pula menjadikannya sebagai anak dari istrinya, serta tidak pula berpengaruh apa-apa terhadap pernikahan keduanya.

Lantas jika ditelisik dari segi kesehatan, apakah ada manfaat tersendiri jika orang dewasa meminum ASI? Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum 7 fakta uniknya!

1. Apakah ASI bermanfaat untuk orang dewasa?

1. Apakah ASI bermanfaat orang dewasa
Freepik/cookie_studio

Sebenarnya tidak ada larangan mengenai bahwa orang dewasa tidak boleh mengonsumsi ASI. Jadi sah-sah saja jika ada orang dewasa yang ingin mencoba minum ASI.

Masyarakat Mesir Kuno bahkan sudah mempraktikkan ini sejak zaman dulu. Mereka percaya bahwa ASI tidak hanya membawa manfaat bagi bayi, tapi juga untuk orang dewasa.

Tak hanya itu, aktris Amerika Tamera Mowry juga mengaku rutin mengonsumsi ASI. Ia mengatakan bahwa dirinya meminum ASI saudaranya untuk meningkatkan sistem imun.

2. ASI mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh

2. ASI mengandung nutrisi baik tubuh
healthynewbornnetwork.org

ASI memang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi. Pertama, ASI mengandung dua macam protein, yaitu whey dan kasein.

Keduanya dikenal dapat melindungi tubuh dari infeksi. ASI juga mengandung lemak yang baik untuk perkembangan otak, mata, dan sistem saraf. Selain itu, kadar vitamin A, C, D, E, K, dan karbohidratnya juga tinggi. 

Editors' Picks

3. ASI dapat membantu melawan kanker

3. ASI dapat membantu melawan kanker
Unsplash/National Cancer Institute

ASI bisa mengurangi risiko kanker pada seseorang yang saat bayi rutin mengonsumsi ASI. Tidak hanya itu, ASI ternyata juga bisa menjadi pengobatan untuk orang dewasa yang menderita kanker.

Dilansir dari The Seattle Times, mengonsumsi ASI setiap hari bisa mengurangi efek samping dari kemoterapi. Hal ini sudah dipraktikkan oleh San Jose Milk Bank di California sejak tahun 2004.

4. ASI mampu meningkatkan sistem imun tubuh

4. ASI mampu meningkatkan sistem imun tubuh
Freepik/Comzeal

ASI terbukti bisa memperkuat sistem imun tubuh bayi yang mengonsumsinya. Namun apakah hal ini juga berlaku untuk orang dewasa?

Dilansir dari Global News, pendiri International Breastfeeding Centre, Jack Newman percaya bahwa efek tersebut tidak hanya untuk bayi. 

“Terdapat banyak faktor imun yang terkandung di dalam ASI, ini bisa membantu melawan infeksi,” ungkap Newman dilansir dari sumber yang sama. 

5. ASI menjadi sumber energi

5. ASI menjadi sumber energi
Freepik/user6014584

Di tahun 2014, muncul sebuah tren minum ASI di kalangan laki-laki, terutama atlet dan mereka yang hobi berolahraga. Tren ini disebarkan dari mulut ke mulut.

Dilansir dari New York Magazine, seorang laki-laki bernama Anthony mengatakan bahwa ASI memberikannya energi yang tidak bisa ia temukan di makanan atau minuman lain. 

6. Belum ada penelitian mendalam mengenai manfaat ASI pada orang dewasa

6. Belum ada penelitian mendalam mengenai manfaat ASI orang dewasa
Freepik/free picture

Hingga saat ini masih belum banyak ilmuwan yang meneliti masalah ini. Bahkan dilansir dari Today.com, ahli nutrisi dari New York, Elisa Zied mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa ASI memiliki peran untuk kesehatan orang dewasa. 

“Ini karena susu manusia pada dasarnya didesain untuk menutrisi bayi, bukan manusia dewasa,” kata Zied kepada Today.com.

7. Ketahui pendonor ASI sebelum meminumnya

7. Ketahui pendonor ASI sebelum meminumnya
Freepik/Bonnontawat

Walaupun ASI mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, namun dokter masih meragukan kualitasnya. Hal ini dikarenakan oleh penjualan ASI secara online yang tidak jelas siapa pendonornya. 

Dengan begitu, penerima ASI pun tidak mengetahui bagaimana kondisi pemilik susu tersebut. Pada dasarnya ASI adalah cairan tubuh, yang bisa bercampur dengan virus, bakteri, dan bibit penyakit yang sedang diderita si Ibu.

Inilah yang membuat dokter tidak merekomendasikan pengobatan dengan ASI. Memang, hingga saat ini masih belum jelas apakah ASI benar-benar berkhasiat untuk orang dewasa atau tidak.

Jika ingin mencobanya, pastikan ASI tersebut berasal dari sumber yang kamu kenal dan terpercaya, seperti dari istrimu. Semoga bermanfaat!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman Popbela dengan judul: "ASI Diminum Orang Dewasa? Ini 7 Penjelasan Medisnya!"
Penulis: Izza Namira

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.