Tak Disangka, 5 Jenis Makanan Olahan Ini Ternyata Sehat untuk Keluarga

Jangan ragu jika Mama ingin membeli kelima jenis makanan olahan berikut, ya!

17 Januari 2021

Tak Disangka, 5 Jenis Makanan Olahan Ini Ternyata Sehat Keluarga
freepik.com

Apa yang terlintas dipikiran Mama jika mendengar kata 'makanan olahan'? Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa makanan olahan merupakan jenis makanan yang tidak sehat dan tidak memiliki asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Namun, tunggu dulu! Faktanya, tidak semua makanan olahan tidak sehat, lho. Beberapa jenis makanan olahan di bawah ini ternyata memiliki manfaat menyehatkan.

Dilansir dari laman IDN Times, berikut Popmama.com telah merangkum 5 jenisnya secara lengkap!

1. Salmon kaleng mengandung omega-3

1. Salmon kaleng mengandung omega-3
Freepik/bowonpat

Siapa yang tidak suka dengan salmon kaleng? Selain lezat, ternyata jenis makanan olahan yang satu ini juga bergizi, lho!

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Research tahun 2020, salmon kaleng ternyata memiliki kandungan yang sama dengan salmon segar.

Meskipun sudah diolah dan dikemas dalam kemasan kaleng, tetapi kandungan omega-3 yang terkandung dalam salmon masih tetap utuh. Selain itu, tulang lunak yang terdapat pada salmon kalengan juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Jadi, jangan ragu untuk membelinya ya, Ma!

Editors' Picks

2. Buah-buahan kering mengandung serat, mineral, dan vitamin

2. Buah-buahan kering mengandung serat, mineral, vitamin
Freepik/timolina

Takut buah segarmu cepat busuk jika disimpan terlalu lama? Ganti saja buah segarmu dengan buah-buahan kering!

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Funtional Foods tahun 2016, dijelaskan bahwa buah-buahan kering juga memiliki nutrisi dan kandungan yang sama dengan buah segar, lho!

Dibanding dengan makanan lainnya, buah-buahan kering mengandung kurang lebih 3,5 kali lebih banyak kandungan serat, mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh kita.

Tak hanya itu, buah-buahan kering juga mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan, di antaranya menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, serta menstabilkan tekanan darah.

3. Yoghurt baik untuk kesehatan tubuh

3. Yoghurt baik kesehatan tubuh
Freepik/nensuria

Ini dia olahan susu yang digemari oleh para pejuang body goals. Yap, apalagi kalau bukan yoghurt! Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang sudah tak asing lagi dan mudah didapat.

Menurut sebuah laporan dalam International Journal of Food Properties tahun 2019, ada banyak sekali manfaat mengonsumsi yoghurt bagi kesehatan.

Di antaranya memperlancar proses pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, hipertensi, serta baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Bukan tanpa alasan, yoghurt diketahui terbuat dari fermentasi susu yang ditambahkan dengan bakteri baik di dalamnya. Tenang, proses ini akan tetap menjaga kandungan protein dan kalsium dalam susu, kok. 

4. Selai kacang mengurangi risiko kanker payudara dan penyakit jantung

4. Selai kacang mengurangi risiko kanker payudara penyakit jantung
Freepik/Azerbaijan_stockers

Daripada mengisi roti dengan margarin dan coklat butir, lebih baik ganti saja dengan selai kacang yang lebih sehat.

Melansir dari laman Medical News Today, selai kacang mengandung banyak sekali nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral seperti magnesium, potasium serta zink. Salah satu makanan olahan ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita, lho!

Beberapa di antaranya mampu membantu menurunkan berat badan, mengatur kadar gula darah, mengurangi risiko kanker payudara, serta meningkatkan kesehatan jantung.

5. Puree tomat menurunkan risiko kanker dan stroke

5. Puree tomat menurunkan risiko kanker stroke
Freepik/dashu83

Pecinta pasta pasti sering membeli makanan olahan yang satu ini. Yap, puree tomat!

Mengutip laporan yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 1997, disebutkan jika kandungan pigmen merah, atau sering disebut dengan likopen, dalam pasta tomat lebih mampu diserap secara efisien oleh tubuh dibandingkan dengan tomat segar.

Kandungan likopen pada puree tomat bermanfaat untuk menurunkan risiko berbagai macam kanker sekaligus melindungi tubuh dari serangan stroke.

Nah, itu dia 5 jenis makanan olahan yang baik untuk kesehatan keluarga. Meski demikian, Mama dan keluarga tetap harus mengonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan.

Kombinasikan juga dengan makanan segar dan sehat lainnya supaya kebutuhan nutrisi harian senantiasa terjaga. Semoga bermanfaat dan selamat belanja!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul: "5 Jenis Makanan Olahan yang Baik untuk Kesehatan, Apa Saja?"
Penulis: Annisa Nur Fitriani

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.