Selamat! Ini 5 Tanda Kondisi Keuangan Rumah Tangga Sudah Stabil

Cek kelima tandanya pada rumah tanggamu, ya!

19 Agustus 2020

Selamat Ini 5 Tanda Kondisi Keuangan Rumah Tangga Sudah Stabil
Freepik/Jcomp

Persoalan rumah tangga memang selalu menarik untuk dibahas, salah satunya mengenai finansial atau keuangan keluarga. Untuk mencapai financial freedom, pasangan suami istri harus berusaha lebih keras agar bisa memiliki pemasukan yang stabil.

Caranya bisa dengan banyak hal, mulai dari bekerja, ataupun dengan membuka bisnis. Nah, untuk mengetahui apakah rumah tanggamu telah aman secara finansial ataukah belum, berikut Popmama.com telah merangkum 5 tanda-tandanya secara lengkap.

Catat baik-baik, ya!

1. Memiliki pendapatan pokok yang pasti setiap bulan

1. Memiliki pendapatan pokok pasti setiap bulan
Pexels/Pixabay

Dilansir dari laman IDN Times, jika sebelumnya kamu dan pasangan masih bekerja serabutan, sekarang kalian sudah memiliki penghasilan tetap, maka keuangan rumah tanggamu bisa dibilang sudah cukup aman.

Apalagi, jika bisnis yang kamu kelola berdua terbilang sukses dan maju pesat. Uang bulanan pun tak lagi jadi soal, karena selalu ada nominal yang masuk ke rekening kalian setiap bulannya. 

Editors' Picks

2. Kebutuhan primer dan sekunder dapat terpenuhi

2. Kebutuhan primer sekunder dapat terpenuhi
Freepik/free picture

Ketika awal menikah, gajimu hanya cukup untuk makan tiga kali sehari berdua dengan pasangan. Kalian juga harus rela mengesampingkan keinginan untuk belanja pakaian atau sekedar jajan di luar.

Namun, sekarang berbeda, segala kebutuhan primer dan sekunder bisa terpenuhi dengan baik. Bahkan, kalian bisa jajan di luar dengan budget tersendiri.

Jika sudah begini, maka bisa jadi inilah salah satu tanda kamu dan pasangan sudah cukup matang dalam hal finansial.

3. Tidak memiliki hutang piutang yang berlebihan

3. Tidak memiliki hutang piutang berlebihan
Freepik/jcomp

Tanda lain bahwa kamu dan pasangan telah bebas secara finansial adalah tidak adanya keterikatan hutang piutang yang berlebihan. Cicilan rumah sudah lunas dan kredit kendaran juga telah rampung dibayar.

Maka dari itu, penghasilan kalian per bulan sudah tak lagi banyak terpotong. Jadi bisa lebih sering menabung deh!

4. Memiliki tabungan darurat dan jangka panjang

4. Memiliki tabungan darurat jangka panjang
Pixabay/Nattanan23

Awal menikah dulu, kamu dan pasangan mungkin sedikit kesulitan untuk menabung. Namun sekarang, kalian bisa lebih bebas memanfaatkan uang yang kalian miliki.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk tabungan darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan, kamu dan pasangan juga telah memiliki deposito atau tabungan jangka panjang. 

5. Gaya hidup yang sesuai dengan isi kantong

5. Gaya hidup sesuai isi kantong
Freepik/Vkstudio

Dulu kamu harus puas gigit jari, ketika melihat teman-temanmu bisa liburan ke luar negeri bersama suami atau istrinya. Sekarang, kalian bisa merasakan hal yang sama.

Rencana liburan akhir tahun bersama keluarga tak cuma jadi angan-angan semata. Bukan hanya penghasilan, gaya hidupmu pun sekarang bisa sedikit naik tingkat.

Wah harus banyak-banyak bersyukur, ya!

Nah, itulah kelima tanda kondisi keuangan rumah tanggamu dan pasangan sudah stabil. Istilah tidak ada usaha yang mengkhianati hasil memang ada benarnya.

Semua yang kamu peroleh sekarang, tak lepas dari doa dan kerja keras kalian selama ini. Namun jangan lupa, ketika sudah berada di atas, sekali-kali tengok ke bawah. Supaya kamu lebih mensyukuri nikmat yang telah diberikan padamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.