Novia, Anak Sisca Soewitomo Ungkap Rahasia Masak Enak untuk Keluarga

Ketahui juga cara mudah mengajarkan anak dan keluarga mencintai masakan Indonesia

10 Oktober 2019

Novia, Anak Sisca Soewitomo Ungkap Rahasia Masak Enak Keluarga
Dok. Jakarta Culinary Festival

Novia Soewitomo, anak dari seorang pakar kuliner, Sisca Soewitomo kini turut mengikuti jejak sang Mama di dunia kuliner.

Setelah beberapa tahun menemani dan membantu sang Mama saat demo masak, akhirnya kini ia dengan percaya diri memutuskan untuk terjun langsung ke dunia kuliner.

Hal tersebut diakuinya saat ditemui di acara Jakarta Culinary Festival, di Senayan City, Jakarta.

Tak hanya itu, ia juga membagikan rahasia masak enak untuk keluarga a la Ibu Sisca yang sudah secara turun temurun diajarkan kepada anak-anaknya.

Nah, penasaran apa saja rahasianya?

Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya secara lengkap.

1. Awal mula terjun ke dunia kuliner

1. Awal mula terjun ke dunia kuliner
Dok. Jakarta Culinary Festival

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, awal mula Novia memilih untuk terjun ke dunia kuliner adalah ketika dirinya diminta sang Mama untuk membantu dan menemaninya untuk melakukan demo masak.

Dengan rutinitas memasak yang ia lakukan terus menerus, maka secara otomatis timbulah rasa cinta di hatinya pada dunia kuliner.

"Awalnya saya hanya membantu Ibu Sisca di balik panggung. Selain membantu di belakang, saya juga pernah menjadi manajer Ibu Sisca, jadi secara otomatis saya mencintai dunia kuliner dan saya akan terus membantu Ibu saya untuk stay di jalur masakan Indonesia," ujarnya pada tim Popmama.com.

"Satu panggung dengan Ibu Sisca memang sudah dijalani beberapa tahun, kita sebutannya Duet Maut. Nah, karena terbiasa membantu, jadi pada saat satu panggung ya saya tetap berusaha untuk profesional," tambahnya lagi.

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tak pernah belajar masak secara khusus pada sang Mama, ia hanya belajar secara otodidak saat melihat Ibu Sisca memasak. 

"Sebetulnya saya belajar otodidak saja sambil melihat Ibu, tidak ada pelajaran memasak yang benar-benar dikhususkan diajarkan Ibu kepada saya," jelasnya.

2. Masakan Ibu Sisca yang paling digemari oleh anak-anaknya

2. Masakan Ibu Sisca paling digemari oleh anak-anaknya
Dok. Jakarta Culinary Festival

Setiap anak pasti sangat mencintai masakan Mamanya, sama halnya dengan Novia dan anak-anak Ibu Sisca lainnya.

"Hampir semua masakan Ibu itu enak, bukan karena saya anaknya Ibu Siska terus saya bilang enak, tapi memang semua orang yang sudah mencicipi masakan Ibu Sisca alhamdulillah bilang enak," ujar Novia.

Saat ditanya apa saja masakan Ibu Sisca yang menjadi favorit anak-anaknya, inilah jawaban Novia.

"Makanan favorit kita itu ada sop buntut, rawon, dan semur lidah," ungkapnya bangga.

Editors' Picks

3. Cara mengajarkan anak-anak mencintai masakan Indonesia

3. Cara mengajarkan anak-anak mencintai masakan Indonesia
Dok. Jakarta Culinary Festival

Mengingat bahwa kini banyak keluarga Indonesia yang sudah mulai melupakan masakan negeri sendiri, Novia pun merasa sangat sedih.

Ia berharap agar keluarga Indonesia dapat lebih mencintai lezatnya masakan lokal.

"Makanan Indonesia itu memang patut dibanggakan dan diperjuangkan supaya mendapat kedudukan yang sejajar dengan makanan lain di dunia," tandasnya.

"Meskipun tidak mudah, namun saya berusaha untuk mewujudkannya dari hal yang terkecil, yaitu dari diri kita sendiri," ujar Novia.

"Cara mengajarkan anak dan keluarga mencintai masakan Indonesia, ya kita harus mulai dengan diri kita sendiri, kemudian kita ajarkan ke keluarga kita, agar anak kita dan keluarga kita tahu masakan Indonesia," ungkapnya.

"Setelah itu, kita kenali dan kasih tahu dulu jenisnya, kemudian ajak mereka mencoba rasanya, lalu biasakan mereka makan makanan lokal supaya kenal masakan dari negaranya sendiri," tambahnya,

"Harapannya setelah mereka kenal, maka akan tumbuh rasa cinta dan kangen terhadap makanan tersebut," tutup Novia.

4. Rahasia masak enak untuk keluarga a la Ibu Sisca dan Novia Soewitomo

4. Rahasia masak enak keluarga a la Ibu Sisca Novia Soewitomo
Dok. Jakarta Culinary Festival

Inilah yang menjadi pertanyaan dari banyak orang, bagaimana cara menyajikan masakan Indonesia yang lezat untuk keluarga?

Saat ditanya hal tersebut, inilah jawaban dari seorang Novia Soewitomo.

"Ibu Sisca selalu mengajarkan, kalau mau masak, masaklah dengan cinta. Artinya, kalau lagi kesal, kalau lagi marah, udah deh nggak usah masak, marahnya hilangin dulu baru masak," ungkapnya.

"Selain itu, Ibu selalu mengajarkan untuk formula balance. Jadi dalam setiap masakan itu ada hitungannya supaya rasanya itu balance," tambahnya lagi.

Ia juga berpesan agar masakan Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, setidaknya dengan cara menyajikan hidangan lezat khas Indonesia di setiap rumah.

"Pesan saya, yuk mari kita duniakan masakan Indonesia. Jadikan masakan Indonesia menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri. Kalau nggak dimulai dari kita sendiri, siapa lagi?,"

Nah, itulah rangkuman menarik seputar tips memasak lezat untuk keluarga a la Novia dan Sisca Soewitomo beserta cara mengajarkan anak dan keluarga mencintai masakan Indonesia.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!