Lebih Irit! Ini 7 Aplikasi Video Call yang Hemat Kuota Internet

WFH atau kangen keluarga? Gunakan saja salah satu aplikasi berikut!

30 Maret 2020

Lebih Irit Ini 7 Aplikasi Video Call Hemat Kuota Internet
Freepik/Racool_studio

Di zaman yang semakin modern ini, mungkin sudah jarang sekali kita mengirim SMS atau melakukan panggilan telepon ketika ingin menghubungi orang lain.

Banyaknya aplikasi instant messaging yang menawarkan berbagai fitur menarik seperti panggilan video, menjadi salah satu alasan mengapa kita semakin terasa dekat dengan orang-orang yang kita cintai meski berbeda lokasi.

Meski memudahkan, namun mengakses video call atau panggilan video dapat membuat kuota internetmu cepat habis.

Nah, agar komunikasi semakin lancar dan tetap hemat kuota internet, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa aplikasi video call yang hemat kuota internet.

Bisa kamu coba untuk menghubungi keluarga atau meeting pekerjaan, nih!

1. WhatsApp

1. WhatsApp
Freepik/rawpixel.com

WhatsApp merupakan rekomendasi aplikasi pertama yang menawarkan panggilan video dengan biaya yang terbilang cukup ringan dan cepat, serta mudah untuk digunakan.

WhatsApp juga menyediakan pilihan untuk melakukan group video call hingga 4 orang. Selain itu, WhatsApp juga memiliki sistem keamanan melalui pesan yang tergolong aman.

Pasalnya, WhatsApp memiliki enkripsi secara end-to-end di dalam aplikasi tersebut.

2. Instagram

2. Instagram
Freepik/free photo

Fitur video call dengan kuota hemat selanjutnya adalah Instagram. Selain dapat mengunggah foto dan video, Instagram juga menyematkan fitur video call di dalam aplikasinya.

Layanan video call Instagram ini bisa diakses melalui laman Direct Message dengan memilih teman yang ingin dihubungi. Jika kamu memiliki sebuah grup, kamu juga bisa melakukan panggilan group video call dengan beranggotakan 4 orang.

Layanan tersebut terbilang masih baru dan belum teruji. Dari segi kualitas video, masih ditemukan beberapa bug saat melakukan panggilan.

Editors' Picks

3. Skype

3. Skype
Freepik/senivpetro

Skype menjadi layanan panggilan video yang multiplatform, yakni tersedia di berbagai platform, mulai dari Windows, iOS, Windows Phone, BlackBerry, dan Android.

Skype juga menyediakan panggilan video dengan kualitas HD untuk memberikan pengalaman dalam berkomunikasi bersama teman, keluarga, dan pasangan kamu.

Tak hanya sudah teruji kecepatannya, Skype juga merupakan aplikasi video call yang hemat kuota, lho!

Baca juga:

5 Cara Menghemat Kuota Internet Selama WFH

4. LINE Messenger

4. LINE Messenger
Freepik/katemangostar

LINE Messenger bisa dikategorikan sebagai aplikasi instant messaging sekaligus menjadi sosial media yang paling lengkap saat ini. Mulai dari layanan pesan, timeline, berita, video call, shopping, dan masih banyak lainnya.

Dalam aplikasi video call LINE Messenger, kamu bisa melakukan panggilan video hingga mencapai lebih dari 200 orang secara bersamaan. Terdapat juga fitur filter wajah yang bisa kamu coba saat melakukan panggilan video.

5. Facebook Messenger

5. Facebook Messenger
Freepik/free photo

Melalui aplikasi Facebook Messenger, kamu bisa melakukan panggilan suara dan video secara gratis bersama dengan teman Facebook kamu.

Seperti yang ada di LINE Messenger, layanan video call Android ini menyediakan filter dan sticker yang bisa kamu coba saat melakukan panggilan.

Selain fiturnya yang menghibur, Facebook Messenger juga termasuk aplikasi video call yang hemat kuota internet.

6. Viber

6. Viber
Freepik/tirachardz

Aplikasi video call yang satu ini banyak digunakan oleh para pengguna iOS dan Android. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kualitas video dan panggilan yang dihasilkan, yaitu dengan kualitas HD dan tingkat ketajaman yang baik.

Tentunya kamu memerlukan jaringan internet yang cepat dan stabil, jadi sebaiknya kamu menggunakan Viber di jaringan Wi-Fi apabila ingin melakukan panggilan video call.

Namun tenang saja, panggilan video dengan aplikasi Viber masih tergolong murah, kok.

7. Google Duo

7. Google Duo
Freepik/Rawpixel.com

Google Duo merupakan aplikasi video call yang dikembangkan oleh Google. Banyak orang yang menyukai kualitas panggilan audio atau pun video yang ditawarkan melalui aplikasi yang cukup ringan ini.

Selain itu, Google juga meluncurkan aplikasi Google Allo yang lebih dikhususkan untuk melakukan chatting berbasis teks, sama seperti WhatsApp dan aplikasi sejenisnya.

Nah, itulah ketujuh daftar fitur dan aplikasi video call yang hemat kuota internet.

Selamat mencoba di rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.