Selain Bagikan Masker, Ini Janji Anies Baswedan untuk Jakarta!

Permintaan lockdown Jakarta ditolak presiden, Anies Baswedan putar otak

1 April 2020

Selain Bagikan Masker, Ini Janji Anies Baswedan Jakarta
IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta hingga Rabu (01/01/2020) tercatat mencapai 794 orang. Berdasarkan data laman resmi pemantauan corona DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id per pukul 13.00 WIB, dari 794 kasus tersebut, sebanyak 490 orang masih dirawat, 51 orang sembuh, dan 166 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, sebanyak 87 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia akibat corona. Meski pasien yang terinfeksi corona di Jakarta semakin meningkat, namun sayangnya Istana Kepresidenan menolak permintaan Anies Baswedan untuk memberlakukan karantina wilayah di Jakarta.

Penyebabnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih memilih untuk menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar daripada harus melakukan lockdown.

Mengatasi permasalahan tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun berusaha menerapkan kebijakan lainnya, seperti menjanjikan pembagian masker gratis untuk warga DKI Jakarta.

Tak hanya itu, masih ada beberapa hal lain yang dijanjikan Anies untuk warganya. Apa saja? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa informasi pentingnya. 

Editors' Picks

1. Anies pastikan stok pangan aman hingga 2 bulan ke depan

1. Anies pastikan stok pangan aman hingga 2 bulan ke depan
Dok. IDN Times/Denny Adhietya Febrian

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan stok kebutuhan pokok untuk warga ibu kota aman. Bahkan ia berani menjamin kebutuhan pokok aman sampai dua bulan ke depan andai tak ada pasokan yang masuk ke Jakarta.

"Kita siap meskipun tidak ada pasokan sekalipun misalnya, itu bisa terjamin sampai dua bulan ke depan. Jadi, alhamdulillah pasokan jalan terus," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa (31/03/2020).

Menurutnya, hingga saat ini tidak ditemukan kendala dalam pendistribusian bahan-bahan pokok ke Jakarta. Demi menjaga pasokan bahan pokok, Pemprov DKI Jakarta juga melibatkan Kepolisan dan TNI untuk menjaga jalur distribusi

"Sehingga tidak ada gangguan untuk pasokan ke Jakarta," ujarnya.

2. Anies janji bagikan masker gratis ke warga Jakarta

2. Anies janji bagikan masker gratis ke warga Jakarta
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Selain memastikan stok pangan untuk warganya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengatakan bahwa Pemprov DKI melalui PD Pasar Jaya juga akan menggenjot kebutuhan pokok di ibu kota termasuk kebutuhan hand sanitizer, masker, hingga alkohol 70 persen.

Ketiga barang tersebut ludes di pasaran semenjak Covid-19 merebak di Indonesia khususnya Jakarta. Selain itu, Pemprov juga sedang menyiapkan agar bisa memenuhi kebutuhan masker di Jakarta.

"Kita nanti akan bagikan secara cuma-cuma. Nanti lewat menggunakan jalur Kelurahan, RW/RT. Nah ini sedang disiapkan semuanya. Begitu siap, kita distribusikan," janjinya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung, pada Selasa (31/03/2020).

3. Anies siapkan mekanisme belanja di pasar secara online

3. Anies siapkan mekanisme belanja pasar secara online
Freepik/tirachardz

Anies Baswedan mengatakan bahwa salah satu tantangan ketika mengimbau warga agar tetap berada di rumah adalah mekanisme untuk mendapatkan kebutuhan hariannya, seperti belanja di pasar.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya pun sedang membuat program yang memungkinkan masyarakat untuk belanja di pasar secara jarak jauh.

Program tersebut akan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari di pasar dengan cara menelepon pedagang di pasar dari rumah.

"Jadi, masyarakat di Jakarta bisa membeli kebutuhan-kebutuhannya di pasar secara langsung menelepon setiap pedagang yang ada di pasar itu," jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (31/03/2020).

Warga hanya perlu mengakses pasar yang dituju melalui website PD Pasar Jaya dan menghubungi pedangan yang nomornya tertera di sana. Setelah tawar menawar dan harga cocok, barang akan dikirim ke rumah warga oleh pedagang menggunakan ojek online.

"Nah, pengantarannya pun sudah bekerja sama dengan PD Pasar Jaya. Ini sudah dilakukan untuk lebih dari 50 pasar di Jakarta," jelasnya.

Menurut Anies, langkah ini perlu dilakukan karena pasti ada kebutuhan-kebutuhan yang tidak mungkin bisa didapat tanpa harus menjangkau pasar. Terlebih, masa darurat di ibu kota akibat Covid-19 pun diperpanjang.

"Jadi ini salah satu terobosan yang dilakukan, mudah-mudahan nanti bisa membantu masyarakat di Jakarta," ujarnya.

Itu dia ketiga janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada warga DKI Jakarta terkait penanggulangan Covid-19. Semoga dapat terealisasi dan Indonesia pun dapat segera pulih dari serangan Covid-19.

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan keluarga, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.