Eksklusif: Tarra Budiman Belajar Parenting dari Ibu-Ibu Komplek

Ingin menjadi Papa teladan, Tarra Budiman tak malu belajar dari banyak orang

27 Mei 2019

Eksklusif Tarra Budiman Belajar Parenting dari Ibu-Ibu Komplek
Popmama.com/Michael Andrew

Selain disibukkan dengan jadwal syuting yang padat, kini Tarra Budiman memiliki kesibukan baru yang menyenangkan.

Ya, apalagi kalau bukan menjadi seorang Papa teladan untuk putri pertamanya yang lucu, Kalea Jada Agyra.

Kesibukannya dengan pekerjaan tak membuat Tarra lepas tangan, ia justru sangat berperan aktif dalam tumbuh kembang sang Anak.

Saat ditemui langsung oleh tim Popmama.com di kediamannya, Tarra dan sang Istri, Gya terlihat sangat kompak dalam mengasuh dan mendidik Kalea.

Meski menjadi seorang Papa, Tarra terlihat tak kaku saat menggendong putri kecilnya.

Bahkan Tarra sudah belajar banyak mengenai ilmu parenting dari ibu-ibu komplek di sekitar rumahnya.

Keren sekali, bukan?

Tak hanya itu, masih banyak lagi fakta menarik mengenai aktor, presenter, sekaligus komedian Tarra Budiman saat mengasuh sang Anak.

Penasaran?

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 fakta menariknya.

1. Sejak Gya hamil, Tarra sudah mulai belajar ilmu parenting

1. Sejak Gya hamil, Tarra sudah mulai belajar ilmu parenting
Popmama.com/Michael Andrew

Setipa orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, begitupun dengan Tarra Budiman.

Menurutnya, ilmu parenting bukan hanya harus dikuasai oleh seorang Mama, Papa pun juga harus menguasainya.

Tarra juga mengaku bahwa dirinya sudah mulai belajar ilmu parenting sejak Kalea masih di dalam kandungan, bahkan hingga saat ini.

Ketika ditanya mengenai alasannya untuk belajar lebih dalam mengenai ilmu parenting, begini jawaban Tarra.

"Support dari suami atau Papa itu penting banget. Tempat untuk istri berbagi selain dengan keluarganya, ya dengan suaminya. Dengan belajar ilmu parenting, kita juga bisa sama-sama ngerasain gimana serunya besarin anak dan ngerasain gimana mengimplementasikan pelajaran parenting tersebut ke anak," jelas Papa satu anak tersebut.

Tarra juga mengaku bahwa ia dan Gya seringkali berbagai ilmu parenting yang didapatnya di media sosial, khususnya Instagram.

"Aku dan Gya juga suka bertukar pikiran dan informasi seputar parenting. Menurut saya, seorang Papa tuh keren kalau dia bisa tahu bagaimana cara mengasuh anak dengan baik," tambahnya lagi. 

2. Tarra belajar ilmu parenting dari banyak sumber

2. Tarra belajar ilmu parenting dari banyak sumber
Popmama.com/Michael Andrew

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Tarra dan Gya memang seringkali berbagi informasi seputar parenting di laman Instagram.

Tak hanya di media sosial, ternyata Tarra juga banyak menimba ilmu dari orang-orang yang lebih berpengalaman, lho. 

Siapa saja, ya?

"Biasanya saya sama teman-teman seperti Chicco Jerikho dan Rio Dewanto juga sering berbagai ilmu tentang parenting. Ilmu yang sebelumnya saya nggak tahu, sekarang jadi tahu karena ada info dari mereka, begitupun sebaliknya," ungkap Tarra,

Tak hanya itu, Tarra juga banyak mengetahui informasi seputar pola asuh dan tumbuh kembang anak dengan dokter spesialis anak.

Dengan berkonsultasi ke dokter, Tarra pun bisa mendapatkan banyak informasi yang valid seputar parenting.

Terakhir dan yang paling mengejutkan, ternyata Tarra juga banyak mendapatkan masukan seputar parenting dari ibu-ibu komplek di sekitar rumahnya.

"Saya juga suka tanya-tanya sama orang yang berpengalaman, misalnya sama ibu-ibu komplek dan sekarang saya juga deket banget sama mereka," terangnya .

"Biasanya yang paling sering saya tanyakan sama ibu-ibu komplek adalah tentang tips merawat dan mengasuh anak," tambahnya lagi.

Editors' Picks

3. Cara Tarra melakukan bonding dengan Kalea

3. Cara Tarra melakukan bonding Kalea
Popmama.com/Michael Andrew

Sebelum melakukan bonding, orangtua harus mengetahui karakter anak terlebih dahulu.

Dengan begitu, orangtua pun dapat lebih mudah melakukan pendekatan dan bonding dengan sang Anak.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Tarra. Ia mengaku bahwa kini ia sudah mengetahui karakter Kalea secara mendalam.

"Karakter dia tuh kinestetik. Dia itu sama seperti saya dan Gya, nggak bisa didiemin, kalau didiemin dia bisa bete. Kalea suka banget ngobrol, dia juga tipe anak yang suka penasaran, bahkan dia bisa nahan tidur hanya untuk melihat orang disekelilingnya," jelas Tarra.

Setelah mengetahui karakter sang Anak, Tarra pun bisa lebih mudah melakukan bonding dengannya.

"Karena dia suka ngobrol, jadi bisanya suka saya ajak dia ngomong. Respon aja semua yang diomongin meskipun kita juga nggak tahu apa yang lagi dia omongin. Dengan begitu, dia juga akan merasa direspon dan dihargai oleh Papanya,"

"Dia juga suka diajak nyanyi bareng. Kalau anak kecil biasanya suka lagu 'Balon Ku' atau lagu anak-anak lainnya, tapi dia lebih suka lagu 'You Are My Sunshine'. Kalau dengar lagu itu, dia bisa langsung ketawa," ungkapnya sambil tersenyum.

4. Cara mengatasi stres saat bekerja dan mengurus anak

4. Cara mengatasi stres saat bekerja mengurus anak
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orang pasti pernah mengalami stres, begitupun dengan Tarra. Meski begitu, ia mengaku bahwa ia termasuk orang yang jarang mengalaminya.

Namun jika ia sedang penat dan stres, biasanya hal inilah yang sering ia lakukan.

"Kalau stres bisanya saya suka ngobrol aja kumpul-kumpul sama teman, ntar juga hilang sendiri pusingnya. Kalau nggak, saya biasanya suka ngobrol dan tukar pikiran sama Gya buat mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Jadi stresnya ilang, solusinya juga dapet," tuturnya pada tim Popmama.com.

Tak hanya itu, Tarra juga mengaku bahwa kini yang sedang menjadi proritasnya adalah keluarga.

Maka dari itu, ia pun berusaha untuk tetap bahagia dan lebih dewasa dalam mengelola rasa stresnya.

"Sekarang prioritas lebih ke keluarga, jadi saya juga harus lebih dewasa lagi, nggak gampang emosian, lebih menjaga perkataan, dan lebih bisa mengontrol stres," ujarnya.

5. Tips agar tetap bisa memantau perkembangan anak walau harus bekerja

5. Tips agar tetap bisa memantau perkembangan anak walau harus bekerja
Popmama.com/Michael Andrew

Sebagai seorang Papa sekaligus pekerja merupakan hal yang tidak mudah, itulah yang dirasakan Tarra saat ini.

Selain harus lebih pandai dalam mengatur waktu, ia juga harus menanggung kesedihan ketika ia tak dapat mengamati perkembangan sang Anak karena sibuk bekerja.

Untuk mengatasi itu semua, ternyata Tarra memiliki trik sendiri.

"Sekarang kan zaman udah canggih, aku biasanya suka video call Kalea setiap kali break syuting. Kalau ada waktu dikit, sempet-sempetin video call Gya buat liat Mamanya dan anaknya. Kemaren aku juga sebenarnya sempet sedih pas Kalea sudah mulai bisa merangkak, tapi aku nggak bisa lihat langsung. Untungnya Gya udah ngerekamin, jadi aku masih tetap bisa lihat," ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai harapan Tarra untuk putri kecilnya saat dewasa, beginilah jawabannya.

"Saya berharap agar Kalea jadi anak yang sehat, santun kepada sesama, disayang sama banyak orang, baik hati, dan jangan lupa bahagia," tutupnya.

Nah, itulah beberapa fakta terkait ilmu parenting yang sedang dipelajari Tarra.

Dibalik sosok konyolnya di televisi, ternyata Tarra merupakan sosok family man, ya.

Hebat!

#MillennialFamily of the Month Edisi Mei 2019 – Tarra Budiman dan Gya Sadiqah
Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Girah Ababyl
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Bima Bintoro
Art Designer – Rama
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
All wadrobe by: Argyle & Oxford, Lekat di Hati, Fin, Wearbobe, Sinau Socks
Hairpin by: LaKomple

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tarra Budiman dan Gya Sadiqah
Millennial Mama

Tarra Budiman dan Gya Sadiqah

"Keluarga bahagia itu apa adanya, tanpa pencitraan"

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!