5 Tips Memilih Wahana Bermain Anak ala dr. Reisa dan Alodita

Kunjungi 100 wahana permainan anak di Wonderfest, dr. Reisa dan Alodita ungkap tips memilihnya

21 Juni 2019

5 Tips Memilih Wahana Bermain Anak ala dr. Reisa Alodita
Instagram.com/alodita,reisabrotoasmoro

Festival anak dan keluarga bertajuk Wonderfest yang menawarkan berbagai pengalaman interaktif dan edukatif telah dibuka hari ini (20/6) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Wonderfest yang menyediakan 100 wahana permainan anak ini diselenggarakan mulai dari 20 hingga 23 Juni 2019.

Mengetahui hal tersebut, dr. Reisa dan Alodita pun tak ingin ketinggalan. Mereka juga turut hadir bersama anak-anaknya untuk bermain bersama di ratusan wahana permainan seru di Wondefest.

Saat ditemui secara langsung oleh tim Popmama.com Alodita pun mengaku bahwa ia dan sang Anak, Aura sangat menikmati semua permainan dan fasilitas yang disediakan di Wonderfest.

"Seru banget, aku belum pernah sih datang ke festival anak dan keluarga sebesar ini. Dan menurut aku ini sangat well-prepared karena booth-boothnya dan vendor-vendornya semua super niat. Hall way antara satu booth ke booth lain tuh juga luas, jadi pas weekendnggak akan desak-desakan apalagi kalau harus bawa anak sekaligus strollernya," ungkap Alodita

Tak hanya Alodita, dr. Reisa juga mengaku bahwa ia sangat terkesan dengan adanya wahana permaianan anak yang lengkap di Wonderfest.

"Hari ini aku sama anak aku yang gede, Aniya. Aku baru pertama kali ke sini, jadi belum ada bayangan isinya bakal kayak apa, tapi ternyata isinya variatif banget," terangnya.

"Hampir setiap booth ada mainan untuk anak-anaknya dan mainannya pun edukatif banget. Bukan cuma mainan buat batita dan balita, buat anak-anak yang sudah cukup besar pun ada. Lengkap banget, mulai dari edukasi, permainan, hingga jualan makanan pun ada," tambahnya lagi.

Nah, mengingat ada begitu banyak wahana permainan yang ada di Wonderfest, Pomama.com pun mencari tahu tips yang tepat untuk memilih wahana bermain anak dari dr. Reisa dan Alodita.

Kira-kira apa saja ya yang harus Mama pertimbangkan?

Agar tak makin penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum kelima tipsnya.

1. Pilih wahana yang sesuai dengan usia anak

1. Pilih wahana sesuai usia anak
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Tips pertama datang dari Mama Millennial, dr. Reisa Brotoasmoro. Mama sekaligus dokter yang satu ini memang dikenal sebagai orangtua yang jeli dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya.

Tak terkecuali dalam memilih wahana permaianan anak yang tepat untuk putri kecilnya yang manis, Aniya. Saat ditanya mengenai tips memilih wahana bermain anak, inilah jawaba dari dr. Reisa.

"Yang pertama sesuaikan dengan umur anaknya," ujar dr. Reisa.

Memilih wahana bermain anak yang sesuai dengan umurnya memang sangatlah penting. Hal tersebut bertujuan agar keamanan anak dapat lebih terjaga dan anak pun bisa lebih mendapatkan manfaat dari permainan tersebut.

2. Berikan pengertian kepada anak

2. Berikan pengertian kepada anak
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Tips selanjutnya datang dari Selebgram hits, Alodita. Mama dari Aura ini juga memberikan tips sebelum memilih wahana bermain yang tepat untuk anaknya. 

"Kebetulan anakku udah bisa main apa aja, dan aku juga ngebebasin dia untuk bermain. Tapi sebelumya aku kasih tahu dulu bahwa ada permainan yang boleh dan tidak boleh. Jadi biasanya anakku nanya dulu boleh atau nggak untuk main itu, kalau sudah aku izinkan baru dia main," ujar Alodita.

Komunikasi antara anak dan orangtua memang sangatlah penting, bahkan saat anak meminta izin untuk sesuatu yang ia inginkan. Sama seperti apa yang dilakukan oleh Alodita kepada sang Anak, Aura.

Editors' Picks

3. Cari tahu manfaatnya

3. Cari tahu manfaatnya
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Tips ketiga masih dari dr. Reisa. Istri dari Pangeran Solo ini juga menjelaskan bahwa ia juga akan mencari tahu manfaat dari permainan tersebut untuk anak.

Jika bermanfaat dan tidak membahayakan, ia akan mengizinkan Aniya untuk bermain di wahana tersebut.

"Kedua ada manfaatnya nggak untuk anak-anak," ungkap dr. Reisa.

Inilah kesalahan yang terkadang sering dilakukan oleh kebanyakan orangtua. Biasanya orangtua cenderung memilih permainan yang hanya disukai oleh anak-anak saja, namun tidak melihat manfaat yang akan anak dapatkan.

4. Pastikan ada pengawasan dari orang dewasa

4. Pastikan ada pengawasan dari orang dewasa
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Tips selanjutnya juga datang dari dr. Reisa. Ia mengungkapkan bahwa pengawasan dari orang dewasa sangatlah penting.

Meski wahana bermain anak sudah terjamin keamanannya, namun akan lebih baik lagi jika sang Anak juga mendapatkan tambahan pengawasan dari orangtua dan orang dewasa yang terpercaya.

"Pastikan juga ada pendamping di setiap boothnya, kebetulan di sini juga ada Miss-nya yang jaga anak-anak saat bermain," tambah dr. Reisa.

Jangan lengah ya Ma, mengawasi anak adalah hal yang paling penting!

5. Biarkan anak memilih wahana yang ia suka

5. Biarkan anak memilih wahana ia suka
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Terakhir adalah membiarkan anak memilih wahana bermain yang ia sukai. Setelah meneliti semua permainan yang ada, Mama juga harus membiarkan anak untuk memilih permainannya sendiri.

"Ketiga anak-anaknya suka atau nggak," dr. Reisa

Percuma datang ke wahana permainan anak jika si Kecil tak menikmatinya, bukan?

Nah, agar anak mama semakin senang, maka biarkanlah ia memilih permaianan yang ia sukai ya. Namun, Mama juga jangan lupa untuk tetap mengawasi keamanannya.

Itulah kelima tips memilih wahana bermain anak yang tepat ala dr. Reisa dan Alodita. Tunggu apalagi, yuk datang ke Wonderfest sekarang juga Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!