Perempuan Inspiratif yang Memilih untuk Menantang Dunia

Salah satunya ada warga Indonesia loh, Ma!

9 Maret 2021

Perempuan Inspiratif Memilih Menantang Dunia
Instagram/priyankachopra/malala/oprah/janegoodallinst

Aksi mengubah dunia tidak hanya bisa dilakukan oleh laki-laki, akan tetapi perempuan juga bisa mengubah dunia dengan aksi dan pencapaiannya yang luar biasa. Kesetaraan laki-laki dan perempuan tidak menutup kesempataan bagi perempuan untuk bisa berkarya hingga mengubah dunia menjadi lebih baik.

Apalagi saat ini banyak perempuan di dunia yang berjuang untuk hak-hak mereka sebagai perempuan yang masih menjadi permasalahan. Tak heran jika semakin banyak perempuan hebat yang telah membuat suatu perubahan yang baik dengan karya dan aksi-aksi mereka.

Jika Mama ingin mengetahui perempuan inspiratif dunia yang mampu mengubah dunia, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Priyanka Chopra

1. Priyanka Chopra
Instagram/priyankachopra

Priyanka yang dikenal sebagai perempuan cemerlang ini merupakan pemenang Miss World 2000. Dimana di saat itu juga kepopulerannya meningkat dan mulai melakukan aksi-aksi hebat.

Saat ini Priyanka aktif dalam dunia perfilman dengan kemampuan beraktingnya yang luar biasa.

Namun, selain aktris, perempuan cantik dan pintar satu ini juga merupakan Duta Persahabatan UNICEF dimana ia telah bekerja dalam berbagai bidang, di antaranya yakni hak-hak anak, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan kesetaraan gender.

2. Michelle Obama

2. Michelle Obama
Instagram/michelleobama

Michlle Obama adalah Ibu Negara pertama di Amerika Serikat yang berdarah Afrika-Amerika. Perempuan inspiratif yang satu ini juga merupakan seorang pengacara dan penulis yang telah menerbitkan salah satu bukunya yang sangat inspiratif yaitu, Becoming.

Selama sang Suami, Barack Obama, menjabat sebagai presiden Amerika, Michelle kerap kali menyelenggarakan kampanye untuk melawan kejahatan-kejahatan sosial. Tak heran jika Michelle mampu menginspirasi banyak orang.

Editors' Picks

3. Malala Yousfazai

3. Malala Yousfazai
Instagram/malala

Perempuan inspiratif berikutnya adalah Malala yang merupakan aktivis dalam hak-hak perempuan. Ia pernah mengalami penembakan oleh seorang pria bersenjata, aksi penembakan ini dilakukan lantaran Malala ingin sekolah.

Semenjak kejadian itu, Malala kerap menentang hukum dan memutuskan untuk hidup sesuai dengan apa yang menurutnya benar. Saat ini ia juga menjadi pendukung pendidikan perempuan.

4. Oprah Winfrey

4. Oprah Winfrey
Instagram/oprah

Oprah merupakan sosok perempuan pemberani dalam segala hal. Semasa kecilnya, ia pernah mengalami kasus pemerkosaan dan mampu bertahan atas kasus yang menimpanya.

Perempuan satu ini memiliki sifat kepemimpinannya yang sangat bagus sehingga menginspirasi banyak orang.

Selain itu, ia juga menginspirasi perempuan muda untuk hidup teguh dan menjadi bagian dari #ChooseToChallenge.

5. Ada Lovelace

5. Ada Lovelace
Computerhistory,org

Wanita kelahiran 1815 ini merupakan progammer komputer pertama di dunia. Wah, hebat sekali ya ternyata progammer pertama di dunia adalah seorang perempuan!

Ada Lovelace atau yang kerap disapa Ada ini memang memiliki ketertarikan dengan matematika dan sains sejak kecil.

Hingga akhirnya ia menulis sebuah artikel mengenai mesin pemecah perhitungan dan merealisasikan mesin tersebut yang hingga saat ini masih digunakan.

6. Jane Goodall

6. Jane Goodall
Instagram/janegoodallinst

Jane Goodall, perempuan inspiratif yang merupakan primathologist dari Inggris dan berjuang untuk membela hak asasi binatang.

Jane dikenal oleh dunia dengan penelitiannya terkait interaksi sosial sekawanan Simpanse liar di Taman Nasional Gombe Stream, Tanzania yang dilakukan selama 55 tahun.

Sejak kecil, ia sudah tertarik dengan tingkah laku bintang. Lalu, beliau mendalami ketertarikannya terhadap tingkah laku binatang ini dan mampu menjadikannya perempuan inspiratif dengan aksi-aksinya yang luar biasa.

7. Mila Rosinta

7. Mila Rosinta
Instagram/milarosinta

Perempuan yang satu ini berasal dari Indonesia loh, Ma! Mia Rosinta dikenal sebagai perempuan inspiratif yang mampu mendirikan sekolah tari di usianya yang muda.

Ia memiliki ketertarikan terhadap tari sejak kecil dan memutuskan untuk menjalani pertukaran pelajar di Jepang selama setahun.

Hingga akhirnya kemampuan menarinya semakin terasah dan setelah kembali ke Indonesia ia mendirikan sekolah tari bernama Mila Art Dance (MAD).

Sekolah tari milik Mila ini awalnya menumpang di lapangan untuk latihan hingga akhirnya mereka mampu membuat studio tari.

Itulah perempuan-perempuan inspiratif yang mampu membuat perubahan pada dunia dan sekitarnya dengan aksi-aksi yang luar biasa dalam menentang dunia. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.