Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Birthday Blues: Rasa Sedih ketika Hari Ulang Tahun, Apa Penyebabnya?

Perasaan sedih ketika ulang tahun tiba, kok bisa ya?

30 November 2022

Birthday Blues Rasa Sedih ketika Hari Ulang Tahun, Apa Penyebabnya
Freepik/Zinkevych

Birthday blues biasanya juga disebut sebagai birthday depression, hal itu merupakan kondisi ketika seseorang justru merasa sedih ketika hari ulang tahunnya tiba.

Kondisi seperti ini juga dapat terjadi beberapa hari sebelum hari ulang tahunnya tiba dan menyebabkan seseorang merasa gugup serta cemas. Birthday blues atau birthday depression juga dapat menyebabkan stress dan meningkatkan risiko penyakit jantung jika dibiarkan terus menerus. 

Lalu, apa saja penyebab dari birthday blues? Simak, rangkuman Popmama.com berikut ini yuk, Ma!

1. Trauma dari memori masa kecil

1. Trauma dari memori masa kecil
Freepik/master1305

Penyebab dari birthday blues bisa saja karena trauma yang dirasakan dari memori masa kecil. Adanya kenangan yang menyedihkan ketika ulang tahun dimasa kecil dapat membuat seseorang terbawa hingga dewasa.

Editors' Picks

2. Takut bertambah tua

2. Takut bertambah tua
Freepik/Cookie_studio

Ulang tahun memang menjadi sebuah momen ketika seseorang merasa dirinya bertambah tua. Dengan begitu, beban, tanggung jawab, dan masalah dalam hidup akan semakin beragam sehingga menimbulkan rasa sedih dan takut ketika ulang tahun.

3. Harapan yang belum terwujud

3. Harapan belum terwujud
Freepik/wayhomestudio

Di hari ulang tahun, biasanya menjadi momen untuk kita melihat sudah sejauh apakah kita melangkah dan pencapaian apa saja yang sudah didapatkan. Namun, bagi orang yang mengalami birthday blues akan merasa kecewa pada diri sendiri dan dapat berujung stress ketika merasa pencapaian yang diraih tidak seperti apa yang diharapkan. Penderita birthday blues bahkan dapat menganggap dirinya tidak berharga lagi.

4. Depresi

4. Depresi
pixabay/artbykleiton

Dilansir dari verywellmind.com, penyebab dari birthday blues salah satunya adalah depresi. Depresi juga membuat seseorang merasa kesepian dan ketika hari ulang tahun datang, dirinya merasa seorang diri. Dilansir dari verrywellmind.com, menurut Dr. Lira de la Rosa, bagi sebagian orang, birthday blues dapat dikaitkan dengan pengalaman negatif sebelumnya dengan hari ulang tahunnya. 

5. Tekanan sosial

5. Tekanan sosial
Freepik/Jcomp

Ketika penderita birthday blues melihat orang lain dapat merayakan ulang tahun bersama dengan orang-orang terdekatnya. Hal itu dapat memicu perasaan sedih dan kecewa yang berujung kepada birthday blues.

Demikian, rangkuman Popmama.com mengenai apa itu birthday blues beserta penyebabnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk