TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Makanan yang Bisa Melembabkan Kulit Kering

Serat makanan membantu menjaga perut tetap kenyang lebih lama

6 Mei 2021

7 Makanan Bisa Melembabkan Kulit Kering
Pixabay/Shutterbug75

Kulit kering sering menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh perempuan. Kondisi kulit kering terkadang membuat penampilan menjadi kusam. Bahkan, kulit kering bisa membuat penampilan menjadi lebih tua beberapa tahun dari usia seharusnya. Sebab, kulit kering rentang mengalami kerutan yang menyebabkan wajah menjadi terlihat lebih tua.

Tidak hanya menjadi masalah secara penampilan. Kulit kering juga bisa membuat ketidaknyamanan. Mulai dari kulit yang bersisik, retak, mengelupas, gatal, hingga nyeri. Hal ini terjadi karena elastisitas kulit yang rendah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Cara yang paling sering dilakukan adalah melakukan perawatan dengan menggunakan produk skin care. Beberapa orang berkonsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Perawatan kulit dari luar memang bisa secara efektif mengatasi masalah kulit kering. Banyak produk skin care yang dengan cepat dapat melembabkan wajah. Tetapi, merawat kulit kering juga perlu dilakukan dengan perawatan dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kelembaban wajah.

Beberapa jenis makanan tertentu bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih lembab dan terhidrasi. Sehingga bisa mencegah munculnya kerutan pada wajah bahkan menghilangkan kerutan halus.

Di pembahasan kali ini, Popmama.com akan membahas beberapa jenis makanan yang bisa melembabkan kulit. Apa saja ya makanan tersebut? Ikuti informasi berikut ini ya, Ma!

1. Alpukat sebagai sumber lemak nabati alami yang baik untuk kulit

1. Alpukat sebagai sumber lemak nabati alami baik kulit
pexels/ready-made

Dikenal sebagai salah satu sumber lemak nabati, alpukat ternyata salah satu makanan bisa melembabkan kulit kering. Di dalam lemak alpukat, terdapat asam oleat yang dapat membantu regenerasi sel dan menghidrasi kulit. 

Ditambah dengan kandungan vitamin E, tentu semakin lengkap kalau buah ini menjadi makanan yang bisa melembabkan kulit kering. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi buah alpukat karena kandungan lemak dan vitamin E didalamnya membantu melembabkan kulit.

2. Mentimun mampu menghidrasi kulit menjadi lebih lembab

2. Mentimun mampu menghidrasi kulit menjadi lebih lembab
Freepik/cookie_studio

Mentimun sering kita jumpai sebagai sayuran pelengkap. Tapi sayangnya tidak semua orang menyukai sayur yang satu ini. Walaupun disajikan dalam beberapa potongan, banyak yang membuang makanan ini.

Kalau Mama tahu kandungan yang terdapat di dalam mentimun, pasti akan berpikir ulang untuk membuangnya. Sebab, mentimun termasuk makanan yang bisa melembabkan kulit.

Kandungan air di dalam mentimun sangat tinggi, kurang lebih sekitar 96.7%. Kandungan air yang tinggi ini akan mampu menghidrasi kulit Mama sehingga menjadi lebih lembab.

Editors' Picks

3. Kacang-kacangan penggganti camilan yang lebih sehat dan baik untuk kulit

3. Kacang-kacangan penggganti camilan lebih sehat baik kulit
Freepik/azerbaijan_stockers

Kalau Mama suka makan camilan, lebih baik ganti camilan Mama dengan camilan dari jenis kacang-kacangan. Soalnya kacang-kacangan tidak hanya dapat mengganjal perut saja. Kacang-kacangan juga bisa melembabkan kulit kering.

Kacang-kacangan mengandung antioksidan dan vitamin E yang membantu melembabkan kulit kering. Tetapi, disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan yang tinggi kandungan omega-3 namun rendah kandungan omega-6. Contohnya ada kacang almond, mete, chestnut, macadamia, dan hazelnut. Alasan untuk menghindari omega-6 karena bisa memperparah kondisi kulit yang berjerawat.

4. Kaldu tulang ternyata menjadi rahasia kulit sehat orang Korea

4. Kaldu tulang ternyata menjadi rahasia kulit sehat orang Korea
Pixabay/RitaE

Mama tahukan kalau orang Korea terkenal dengan kulitnya yang sehat dan berseri. Di balik kebiasaan orang Korea yang rajin merawat kulit dengan produk-produk skin care, ternyata juga dipengaruhi dari kebiasaan mereka makan.

Ada salah satu makanan khas Korea yang terkenal bagus untuk kulit, yaitu Seolleongtang. Ini adalah sup tulang sapi yang direbus lama hingga kandungan lemak pada tulang keluar. Makanan ini tinggi kaya akan kandungan kolagennya.

Kaldu tulang memang memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi karena seluruh lemah yang ada di dalam tulang keluar. Tidak hanya tulang sapi, Mama juga bisa membuatnya dari tulang ayam atau tulang ikan. Tetapi, untuk mendapatkan kandungan kolagen yang cukup tinggi biasanya menggunakan tulang sapi.

5. Bayam mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan kulit

5. Bayam mengandung banyak nutrisi kesehatan kulit
Pexels/jhowell

Dulu, bayam sempat identik dengan makanan kesukaan Popeye, tokoh animasi pelaut yang sudah tayang sejak tahun 1929. Ternyata di balik itu, ada alasan mengapa ketika Popeye mengonsumsi bayam ia menjadi kuat dan kekar. 

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan gizi yang cukup banyak. Bayam sering dijadikan menu hidangan sederhana di rumah. 

Menariknya, bayam juga termasuk makanan yang bisa melembabkan kulit kering. Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, dan air yang baik untuk kulit. 

Vitamin A dan C dikenal sebagai vitamin yang turut memiliki peran dalam melawan radikal bebas. Sedangkan air sangat baik untuk menghidrasi kulit sehingga tampak lembab dan bercahaya.

6. Makanan dan minuman fermentasi sangat baik untuk kecantikan kulit

6. Makanan minuman fermentasi sangat baik kecantikan kulit
Pixabay/brenkee

Mungkin Mama belum tahu kalau makanan fermentasi tidak hanya baik untuk pencernaan tapi juga kulit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan pencernaan dengan kesehatan kulit.

Lagi-lagi, salah satu alasan kenapa orang Korea memiliki kulit yang bagus antara lain kebiasaan mereka mengonsumsi kimchi dan juga minum soju. Keduanya merupakan makanan dan minuman hasil dari fermentasi. Ini membuktikan kalau makanan dan minuman fermentasi bisa melembabkan kulit kering.

7. Ikan salmon mampu menjaga elastisitas kulit

7. Ikan salmon mampu menjaga elastisitas kulit
Freepik/Racool_studio

Banyak juga yang mengatakan bahwa ikan salmon merupakan makanan yang bisa melembabkan kulit kering. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan.

Mama tentu tahu dong kalau salmon adalah makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Tidak hanya salmon sebetulnya. Tuna juga merupakan salah satu ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi.

Kandungan omega-3 yang terdapat di dalam ikan-ikan itu membantu menjaga elastisitas kulit dan memperkuat skin barrier. Jadi, kalau Mama mau memiliki kulit yang lembab dan elastis, jangan ragu untuk sering mengonsumsi ikan salmon atau ikan yang kaya kandungan omega-3 nya.

Jadi, Ma, untuk merawat kondisi kulit kering tidak cukup hanya menggunakan skin care yang melembabkan saja. Penting untuk menjaga kulit kering dari dalam juga. Ada banyak makanan yang bisa melembabkan kulit kering dan membuat kulit tampak lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah makanan-makanan yang kita bahas kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk