Apa yang akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat?

Banyak yang menganggap karbohidrat sebagai musuh yang menyebabkan penambahan berat badan

24 Februari 2021

Apa akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat
Freepik/jcomp

Akhir-akhir ini cukup ramai program penurunan badan yang harus mengurangi sumber karbohidrat bahkan sampai menghilangkannya sama sekali. Istilah low-carb diet dan no-carb diet mungkin cukup sering didengar oleh Mama.

Meskipun banyak yang berhasil menurunkan berat badan dengan metode diet tersebut, tetapi Mama harus berhati-hati jika akan menerapkan low-carb diet dan no-carb diet. Sebab, jika tubuh kekurangan karbohidrat akan menyebabkan masalah kesehatan.

Penurunan berat badan yang diharapkan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, malah bisa menyebabkan masalah kesehatan jika kekurangan karbohidrat.

Agar mama lebih berhati-hati dalam menjalankan program diet, simak penjelasan Popmama.com seputar risiko yang akan terjadi jika tubuh kekurangan karbohidrat.

1. Mudah merasa letih dan lesu

1. Mudah merasa letih lesu
Freepik/cookie_studio

Fungsi utama karbohidrat adalah memberikan sumber energi bagi tubuh. Jika kebutuhan karbohidrat tidak terpenuhi dengan baik dapat menyebabkan seseorang mudah merasa letih dan lesu.

Jika tubuh kekurangan karbohidrat ia akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang tinggi.

Editors' Picks

2. Sulit berkonsentrasi dan fokus

2. Sulit berkonsentrasi fokus
Freepik/user18526052

Hal yang akan terjadi jika tubuh kekurangan karbohidrat antara lain mengalami kesulitan saat harus berkonsentrasi dan sulit untuk fokus.

Karbohidrat adalah sumber energi untuk otak dan saraf. Apabila otak tidak mendapatkan energi yang cukup jangan heran jika otak menjadi sulit untuk berpikir. Pikiran pun sulit untuk fokus mengerjakan pekerjaan.

3. Menyebabkan sembelit

3. Menyebabkan sembelit
Freepik/jcomp

Makanan sumber karbohidrat memiliki kandungan serat yang diperlukan tubuh untuk mempermudah kerja usus. Jika tubuh kekurangan karbohidrat maka ia akan berisiko kekurangan sumber serat.

Apabila akan menjalankan low-carb diet dan no-carb diet hendaknya memperbanyak sumber serat lain agar tidak terjadi sembelit. Imbangi kebutuhan nutrisi dengan mengombinasikan sumber makanan.

4. Sulit menahan emosi

4. Sulit menahan emosi
Freepik/drobotdean

Jika tubuh kekurangan karbohidrat ternyata juga dapat menyebabkan sulit mengontrol emosi.

Kebutuhan otak terhadap karbohidrat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan terkontrol.

Yang terjadi jika seseorang kekurangan karbohidrat maka ia akan rentan mengalami gangguan emosi, seperti lebih cepat marah, mudah sedih, stress, hingga depresi.

5. Daya tahan tubuh melemah

5. Daya tahan tubuh melemah
Freepik/prostooleh

Risiko yang akan dialami seseorang saat tubuh kekurangan karbohidrat antara lain adalah menurunnya daya tahan tubuh.

Ia akan mudah terserang penyakit atau tertular virus dari lingkungan sekitarnya. Sebab, karbohidrat merupakan salah satu sumber nutrisi tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan energi yang cukup.

Ternyata, tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh  tapi juga kesehatan mental jika tubuh kekurangan karbohidrat. Maka dari itu, berhati-hatilah saat melakukan low-carb diet dan no-carb diet.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.