Banyak khasiatnya, Ini Beberapa Cara Mengonsumsi Bawang Putih Tunggal

Mendapatkan khasiat bawang putih tunggal dengan tahu cara konsumsi yang tepat

20 September 2021

Banyak khasiatnya, Ini Beberapa Cara Mengonsumsi Bawang Putih Tunggal
Instagram/wonderjus.id

Bawang putih tunggal yang dikenal juga dengan bawang tunggal atau bawang lanang dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya dikonsumsi sebagai upaya preventif tapi juga sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Bawang tunggal sendiri memiliki aroma serta rasa yang mirip dengan bawang putih kating yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun secara bentuk, bisa terlihat jelas perbedaannya. Seperti namanya, bawang putih tunggal, maka dalam satu bonggol hanya terdiri dari satu bawang. Secara khasiat pun bawang tunggal dinilai lebih tinggi khasiatnya dibandingkan bawang putih kating.

Untuk mendapatkan khasiat dari bawang tunggal, ada beberapa cara mengonsumsinya. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, ada cara lain untuk menambah khasiat dari bawang tunggal.

Mau tahu caranya? Simak informasi Popmama.com di bawah ini.

1. Mengunyah langsung bawang tunggal

1. Mengunyah langsung bawang tunggal
Instagram/francbastianagus

Cara konsumsi pertama yang bisa Mama coba adalah dengan mengunyahnya langsung saat masih mentah. Cara ini ternyata baik untuk kesehatan gigi. Bawang tunggal memiliki sifat antiseptik yang mampu membunuh kuman di dalam mulut. Bawang tunggal juga bisa meredakan sakit gigi setelah dikonsumsi secara langsung.

2. Membuat rebusan bawang tunggal

2. Membuat rebusan bawang tunggal
Instagram/suplayer_bawang_tunggal

Cara mengonsumsi bawang tunggal lainnya bisa dengan membuat air rebusan bawang tunggal. Mama hanya memerlukan 2 butir bawang tunggal dan 2 gelas air.

Kemudian rebus hingga air mendidih. Mama juga bisa mencampurnya dengan rempah lain. Cara konsumsi ini baik untuk upaya preventif terhadap penyakit degeneratif, seperti jantung, hipertensi, kolesterol, dan sebagainya.

Editors' Picks

3. Bawang tunggal yang dihaluskan, air hangat, dan madu

3. Bawang tunggal dihaluskan, air hangat, madu
Instagram/wonderjus.id

Cara mengonsumsi bawang tunggal juga bisa dengan dihaluskan terlebih dahulu dengan cara dicincang ataupun ditumbuk.

Kemudian, masukkan ke dalam segelas air hangat dan tambahkan satu sampai dua sendok makan madu. Apabila Mama sedang mengalami flu, cara konsumsi bawang tunggal ini bisa dicoba karena dianggap cukup efektif meredakan flu.

4. Dijadikan bagian dari bahan makanan yang akan dikonsumsi

4. Dijadikan bagian dari bahan makanan akan dikonsumsi
Instagram/the_garlic_company

Kalau Mama tidak terlalu suka dengan aromanya, bawang tunggal bisa dikonsumsi sebagai bumbu masakan. Bisa dijadikan bumbu salad, sambal, atau penyedap rasa alami pada masakan di rumah. Dengan cara ini, masakan di rumah menjadi lebih sehat.

5. Fermentasi beberapa hari di suhu hangat hingga berwarna hitam

5. Fermentasi beberapa hari suhu hangat hingga berwarna hitam
Instagram/ siti_adyas

Bawang tunggal juga bisa dikonsumsi dengan cara difermentasi selama beberapa hari. Proses fermentasi dapat meningkatkan khasiat pada bawang tunggal.

Dari segi rasa pun menjadi lebih mudah dikonsumsi karena rasanya yang menjadi manis dengan tekstur yang lembut seperti permen kunyah. Banyak yang menyarankan bawang tunggal untuk difermentasi agar lebih maksimal dalam memberikan manfaat bagi kesehatan.

Cara memfermentasi bawang tunggal cukup mudah. Bersihkan bawang tunggal dari kotoran tanpa perlu membilasnya dengan air. Masukkan bawang putih ke dalam kantung kain atau balut dengan kain lap bersih.

Masukkan bawang tunggal ke dalam rice cooker dan buat pengaturan tombol di posisi warm. Diamkan dan biarkan proses fermentasi berlangsung selama kurang lebih 12 sampai 15 hari.

6. Fermentasi dengan menggunakan madu selama beberapa hari

6. Fermentasi menggunakan madu selama beberapa hari
Instagram/janpramana

Ada cara fermentasi lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai manfaat dari bawang tunggal. Mama hanya perlu bawang tunggal dan madu. 

Kupas dan cuci bawang tunggal terlebih dahulu. Lalu biarkan bawang tunggal kering dan tidak ada air yang tersisa sama sekali. Kemudian masukkan bawang tunggal ke dalam wadah bersih yang tertutup dan tuang madu ke dalamnya. Biarkan proses fermentasi selama kurang lebih dua minggu. Setelah itu, bawang tunggal dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan minuman. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai bumbu masakan.

Cara mengonsumsi bawang tunggal bisa divariasikan sesuai preferensi dan kebutuhan. Namun jika Mama bisa membuat fermentasi bawang tunggal maka akan jauh lebih baik. Sebab, proses fermentasi membantu bawang tunggal untuk memaksimalkan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.