Belum Populer di Indonesia, Ternyata Flaxseed Tergolong Superfood

Flaxseed memiliki nutrisi yang padat dan pastinya cocok buat diet karena bisa kontrol lapar

14 Agustus 2020

Belum Populer Indonesia, Ternyata Flaxseed Tergolong Superfood
Freepik/azerbaijan_stockers

Mungkin Mama cukup sering mendengar beberapa orang membicarakan jenis makanan yang diklaim sebagai superfood. Bahkan, saat ini banyak penjual yang mempromosikan produk makanannya sebagai makanan superfood.

Makanan superfood sendiri adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang padat. Makanan yang tergolong sebagai superfood memiliki jumlah mineral, vitamin, dan antioksidan yang tinggi.

Melihat kandungan yang padat nutrisi tersebut membuat banyak orang mulai rutin mengonsumsi jenis makanan superfood, salah satunya flaxseed. Akan tetapi, sebetulnya flaxseed masih belum terlalu umum di masyarakat Indonesia. Padahal, sebetulnya flaxseed memiliki manfaat yang sangat tinggi.

Agar Mama kenal apa itu flaxseed dan manfaatnya, Popmama.com akan mengenalkan jenis superfood yang satu ini.

Editors' Picks

Mengenal Flaxseed yang Katanya Superfood

Mengenal Flaxseed Kata Superfood
Freepik/luis_molinero

Flaxseed tergolong sebagai makanan superfood yang berasal dari jenis biji-bijian. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain omega-3, karbohidrat, dan protein. Flaxseed juga kaya dengan kandungan mineral di dalamnya, seperti vitamin B, folat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, tembaga, dan zinc.

Tekstur dari flaxseed setelah dicampur dengan air akan seperti chia seed yang agak berlendir. Dengan begitu, flaxseed ini sering dijadikan pengganti telur bagi pengikut diet vegan atau plant-based.

Namun, konsumsi flaxseed disarankan untuk dihaluskan dulu menggunakan tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk agar lebih mudah dicerna. Sebab, jika tidak begitu flaxseed bisa keluar dari pencernaan tanpa dicerna terlebih dahulu.

Manfaat Flaxseed untuk Kesehatan

Manfaat Flaxseed Kesehatan
Freepik/BalashMirzabey

Termasuk ke dalam golongan superfood, flaxseed tentu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari flaxseed antara lain:

1. Menurunkan tingkat kolesterol

Flaxseed memiliki kandungan fitosterol. Fitosterol pada flaxseed dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat pada darah. 

2. Mencegah konstipasi

Flaxseed memiliki serat yang dapat menyerap air sehingga dapat memperlancar buang air besar. Namun, konsumsi flaxseed berlebih dapat berisiko memicu diare.

3. Mencegah penyakit jantung

Flaxseed mengandung omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung. Apalagi kandungan serat yang terkandung di dalamnya, menurut para ahli, hal ini dapat membantu pemeliharaan kesehatan jantung.

4. Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat flaxseed juga dapat menstabilkan kadar gula darah. Terdapat sebuah penelitian bahwa konsumsi flaxseed dalam waktu tertentu dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

5. Mengontrol rasa lapar

Kandungan serat yang tinggi pada flaxseed dapat membantu seseorang dari rasa ingin makan. Dengan begitu, flaxseed sangat baik bagi yang ingin menjalankan program penurunan berat badan.

Melihat kandungan dan manfaat dari flaxseed tidak heran jika biji-bijian ini tergolong sebagai superfood. Jadi, flaxseed sangat baik dimasukan sebagai salah satu sumber makanan sehat Mama bersama keluarga di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.