Benarkah Kefir Kolostrum Efektif Menyembuhkan Pasien Covid-19?

Wabah pandemi Covid-19 membuat berbagai lembaga melakukan penelitian untuk menemukan obatnya

27 September 2020

Benarkah Kefir Kolostrum Efektif Menyembuhkan Pasien Covid-19
Freepik/Racool_studio

Beberapa bulan belakangan, dunia dikejutkan dengan munculnya wabah pandemi Covid-19. Berbagai negara di seluruh dunia berupaya keras untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.

Covid-19 bukan sembarang virus. Sebab, keberadaannya masih sangat baru. Selain itu yang membuat khawatir adalah penularannya sangat cepat dan dapat mematikan penderitanya. Jutaan nyawa telah melayang akibat terinfeksi Covid-19.

Melihat kondisi yang mengkhawatirkan, berbagai lembaga kesehatan berlomba-lomba untuk.membuat vaksin dan menemukan obat yang tepat untuk penanganan Covid-19. Banyak juga orang yang mengklaim berbagai macam obat mampu menyembuhkan pasien Covid-19, salah satunya kefir kolostrum.

Benarkah kefir colostrum efektif menyembuhkan pasien Covid-19? Simak informasinya bersama Popmama.com berikut ini ya, Ma!

Editors' Picks

1. Apa itu kefir kolostrum?

1. Apa itu kefir kolostrum
Freepik/Racool_studio

Kefir adalah salah satu jenis minuman fermentasi yang terbuat dari susu sapi. Berbeda dengan yoghurt, kefir membutuhkan grains kefir untuk memfermentasi susu menjadi kefir.

Dalam sejumlah penelitian menyatakan bahwa kefir dari susu hewan merupakan sumber probiotik dengan jumlah bakteri terbanyak. Oleh sebab itu, kefir susu sering dijadikan asupan nutrisi tambahan untuk tujuan kesehatan tertentu.

Sedangkan kolostrum merupakan cairan yang keluar dari kelenjar susu di masa pertama pasca melahirkan sebelum akhirnya susu benar-benar keluar.

Kolostrum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti vitamin, protein, lemak, mineral, antibodi, serta nutrisi untuk pertumbuhan.

Cairan kolostrum yang difermentasi menggunakan grains kefir maka itulah yang disebut dengan kefir kolostrum. Kefir kolostrum sendiri memiliki kandungan dan khasiat yang sangat banyak dan biasa dijadikan pengobatan untuk masalah radang usus.

2. Penggunaan kolostrum dalam penyembuhan pasien Covid-19

2. Penggunaan kolostrum dalam penyembuhan pasien Covid-19
Pexels/Anna Shvets

Penelitian uji efektivitas kefir kolostrum untuk pasien Covid-19 dilakukan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati bersama dengan Komunitas Kefir Indonesia (KKI).

Pengujian dilakukan pada seorang pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di akhir Maret. Kemudian, pasien tersebut mengonsumsi kefir kolostrum sebanyak 3 x 350 ml. 

Pada 7 April, pasien tersebut telah dilepas infusnya dan merasa batuknya mereda. Kemudian, dinyatakan sembuh dan boleh pulang pada tanggal 14 April.

3. Fakta tentang efektivitas kefir kolostrum sebagai penyembuhan Covid-19

3. Fakta tentang efektivitas kefir kolostrum sebagai penyembuhan Covid-19
Pixabay/Thor_Deichmann

Walaupun UIN Sunan Gunung Jati bersama KKI telah melakukan pengujian kefir kolostrum terhadap pasien Covid-19, namun belum ada jurnal yang menyatakan kefir kolostrum bisa mengobati pasien Covid-19.

Menurut dr. Devia, belum ada jurnal yang menegaskan tentang hal ini. Tetapi, kefir kolostrum memang mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara umum karena kandungan probiotiknya.

Dr. James Dekker juga menyatakan bahwa kandungan probiotik berlaku untuk kekebalan umum, bukan sebagai penyembuhan Covid-19.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.