8 Cara Memperbaiki Pola Tidur Menurut Para Ahli

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatansecara menyeluruh

24 Januari 2021

8 Cara Memperbaiki Pola Tidur Menurut Para Ahli
Pexels/Craig Adderley

Kualitas tidur dalam dunia kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang akan membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap optimal. Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh bekerja sesuai dengan jam kerjanya.

Namun sayangnya, orang dewasa saat ini mulai sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Apalagi selama pandemi, kita cenderung sering berada dalam jangkauan radiasi sinar biru yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Kebutuhan untuk menjaga agar kualitas tidur menjadi optimal tidak cukup hanya 6 hingga 7 jam per hari.

Untuk mencapai tidur yang berkualitas kita harus mencapai tahapan yang disebut dengan deep sleep. Tahapan ini adalah kondisi dimana tubuh berada dalam keadaan yang sangat santai dan nyenyak.

Agar seseorang bisa memiliki kualitas yang baik, perlu adanya upaya yang dilakukan. Setidaknya ada 8 cara memperbaiki pola tidur menurut para ahli.

Berikut informasi yang akan Popmama.com sampaikan.

1. Rutinkan melakukan olahraga di waktu antara pagi hingga sore hari

1. Rutinkan melakukan olahraga waktu antara pagi hingga sore hari
Freepik/lookstudio

Dalam beberapa penelitian, olahraga ternyata mampu memperbaiki pola tidur seseorang.

Saat seseorang mulai merutinkan berolahraga dengan sendirinya tubuh akan memberikan sinyal untuk segera tidur saat jam tidur tiba. Tubuh akan merasa lelah dan bersiap untuk tidur.

Ahli kesehatan juga menyarankan untuk melakukan olahraga di waktu antara pagi hingga sore.

Olahraga dengan intensitas tinggi tidak disarankan untuk dilakukan di waktu menjelang tidur. Hal tersebut akan menyebabkan kualitas tidur menjadi terganggu.

2. Jauhkan telepon genggam beberapa saat sebelum tidur

2. Jauhkan telepon genggam beberapa saat sebelum tidur
Freepik/User2740265

Para ahli juga mengatakan untuk menjauhkan jangkauan telepon genggam sesaat sebelum waktu tidur tiba. Beberapa mengatakan waktu yang tepat adalah 2 jam sebelum tidur. Cara ini dinilai efektif untuk memperbaiki pola tidur agar menjadi lebih baik.

Paparan sinar biru dari layar telepon genggam atau laptop akan mengganggu tubuh menangkap sinyal alam.

Sinar biru memiliki gelombang yang mirip dengan sinar matahari di siang hari.

Sehingga, ketika mata terus menerus terpapar sinar biru maka tubuh akan memberikan sinyal bahwa hari masih siang dan mengganggu waktu tidur.

3. Melakukan peregangan sebentar sebelum tidur

3. Melakukan peregangan sebentar sebelum tidur
Unsplash/@matt909

Beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan untuk melakukan peregangan selama 15 hingga 30 menit sebelum tidur. Peregangan ringan yang dilakukan saat sebelum tidur akan membantu memperbaiki pola tidur.

Terkadang otot tubuh terasa kaku setelah beraktivitas seharian. Otot tubuh yang kaku seringkali membuat posisi tidur menjadi tidak nyaman. Dengan melakukan peregangan, otot tubuh menjadi lebih relax. Sehingga, kualitas tidur menjadi lebih baik.

Editors' Picks

4. Gunakan perlengkapan tidur yang nyaman

4. Gunakan perlengkapan tidur nyaman
Pexels/Donald Tong

Perlengkapan tidur yang nyaman juga berkontribusi terhadap kualitas tidur. Menggunakan perlengkapan tidur yang nyaman akan memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik. Sehingga, saat tubuh bangun di pagi hari akan jauh lebih berenergi.

5. Kondisikan kamar tidur gelap dan sunyi

5. Kondisikan kamar tidur gelap sunyi
Pexels/Ivan Oboleninov

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa kondisi ruangan yang gelap dan tenang saat seseorang hendak tidur akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih tenang. Tidur di kondisi ruang yang gelap total akan meningkatkan produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Hormon ini berperan untuk membuat seseorang merasa ngantuk hingga ia tertidur.

6. Buat jurnal rasa syukur atas segala aktivitas yang telah dilakukan di hari itu

6. Buat jurnal rasa syukur atas segala aktivitas telah dilakukan hari itu
Freepik/jcomp

Martha Lewis, pendiri sekaligus CEO of the Complete Sleep Solution mengatakan bahwa dengan merefleksikan aktivitas hariannya dan bersyukur atas apa yang telah terjadi terhadapnya memperbaiki pola tidur yang lebih baik. Kualitas tidur menjadi lebih baik dan tubuh menjadi lebih berenergi saat bangun dari tidur.

Martha mengatakan, "Rasa syukur akan mengaktifkan hipotalamus dan hipotalamus akan mengontrol tidur kita. Ketika kita berterimakasih, hal tersebut akan memudahkan tubuh untuk terlelap tidur."

7. Gunakan kacamata anti radiasi sinar biru

7. Gunakan kacamata anti radiasi sinar biru
Freepik/alexvolot

Sinar biru dan kedipan cahaya pada layar dapat menekan hormon melatonin. Dengan menggunakan kacamata yang dapat menahan radiasi sinar biru dan mengurangi intensitas paparan layar sesaat sebelum tidur akan meningkatkan produksi hormon melatonin. Dengan begitu, tubuh akan memberikan sinyal untuk istirahat pada waktunya sehingga dapat memperbaiki pola tidur.

8. Rutinkan tidur sesuai jadwal yang sudah ditentukan

8. Rutinkan tidur sesuai jadwal sudah ditentukan
Freepik

Memperbaiki pola tidur tidak terlepas dari usaha untuk memiliki jadwal tidur. Beberapa ahli mengatakan bahwa waktu tidur yang terbaik dimulai dari pukul 8 malam hingga 5 pagi. Sehingga, bisa diatur untuk membuat jadwal tidur di antara waktu tersebut.

Saat kesadaran pentingnya memperbaiki pola tidur sudah terbangun, maka hal yang harus dilakukan adalah mengupayakan agar dapat memiliki waktu tidur yang sehat.

Sebab, tidur adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap optimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.