Fungsi Kelenjar Tiroid yang Punya Peran Penting pada Kesuburan

Manusia memiliki kelenjar tiroid yang penting dalam fungsi organ-organ vital di dalam tubuh

17 April 2021

Fungsi Kelenjar Tiroid Pu Peran Penting Kesuburan
Freepik

Tubuh menghasilkan berbagai macam hormon dari beberapa kelenjar penting yang ada di dalam tubuh. Salah satu kelenjar yang memiliki peran sangat penting antara lain adalah kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang disebut dengan hormon tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3). Hormon T4 dan T3 diproduksi oleh kelenjar tiroid berdasarkan rangsangan dari hormon pelepas TSH yg dilepaskan oleh kelenjar hipotalamus.

Kelenjar yang terletak di bagian leher ini sangat penting pada fungsi-fungsi penting tubuh. Seseorang yang mengalami gangguan pada kelenjar ini bisa mengalami masalah pada produksi hormon tiroid, baik itu hipertiroid (hormon tiroid berlebih) atau hipotiroid (hormon tiroid yang terlalu sedikit).

Sebetulnya apa saja si peran penting kelenjar tiroid ini? Mari kita simak penjelasan Popmana.com berikut ini.

1. Berperan terhadap sistem metabolisme tubuh

1. Berperan terhadap sistem metabolisme tubuh
Freepik/nakaridore

Hormon tiroid berperan pada sistem metabolisme tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi. Hal ini yang membuat kadar hormon tiroid memengaruhi seseorang mengalami penambahan atau penurunan berat badan.

Metabolisme juga berperan pada kinerja organ tubuh yang lainnya. Sehingga, apabila kelenjar tiroid terganggu maka kinerja organ tubuh yang lain juga bisa terganggu dan menyebabkan ketidakseimbangan tubuh.

Editors' Picks

2. Mengontrol suhu tubuh

2. Mengontrol suhu tubuh
Freepik/xb100

Fungsi kelenjar tiroid lainnya adalah mengontrol suhu tubuh, apakah suhu tubuh harus naik atau turun. Hal ini akan menjaga tubuh untuk tetap berada di suhu yang normal. Suhu tubuh orang normal biasanya berada di angka 36.5 sampai 37.5 derajat celcius.

3. Membantu untuk mengatur ritme jantung dan tekanan darah

3. Membantu mengatur ritme jantung tekanan darah
Freepik/creativeart

Jantung terus bekerja memompa darah keseluruh tubuh untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi. Darah yang dialirkan ke organ tubuh sesuai dengan kebutuhan masing-masing organ. Fungsi kelenjar tiroid ini yang berperan untuk menghasilkan hormon yang akan mengatur ritme jantung dan tekanan darah yang mengalir ke organ-organ tubuh.

4. Menjaga kesehatan reproduksi laki-laki dan perempuan

4. Menjaga kesehatan reproduksi laki-laki perempuan
Freepik

Fungsi penting dari kelenjar tiroid yang perlu diketahui antara lain adalah perannya dalam menjaga kesehatan reproduksi, baik itu laki-laki dan perempuan. Pada perempuan, kelenjar tiroid akan membantu proses ovulasi sehingga siklus menstruasi rutin terjadi setiap bulannya. Sedangkan pada laki-laki, kelenjar tiroid akan membantu terjadinya pembentukan sperma.

5. Mengoptimalkan pertumbuhan tubuh anak termasuk otak

5. Mengoptimalkan pertumbuhan tubuh anak termasuk otak
Freepik/cookie_studio

Pada anak-anak, kelenjar tiroid ini sangat penting. Sebab, kelenjar ini akan merangsang hormon-hormon pertumbuhan yang terjadi saat masa tumbuh kembang anak.

Tidak hanya pertumbuhan secara fisik, kelenjar tiroid juga berperan pada pertumbuhan otak pada janin maupun anak. Hal ini juga yang akan membuat seseorang menjadi lebih waspada dan konsentrasi.

Sebagai salah satu kelenjar penting di dalam tubuh, fungsi kelenjar tiroid sangat penting. Banyak hormon-hormon yang dihasilkan atau dirangsang oleh kelenjar tiroid dalam menjaga fungsi organ tubuh vital.

Oleh karena itu, kesehatan kelenjar tiroid sangat harus dijaga agar organ tubuh berfungsi secara optimal. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.