Gak akan Tumbuh di Perut, 10 Biji Buah Ini Bisa Dimakan dan Bermanfaat

biji-biji ini bisa juga jadi camilan diet lho

27 Oktober 2020

Gak akan Tumbuh Perut, 10 Biji Buah Ini Bisa Dimakan Bermanfaat
Freepik/azerbaijan_stockers

Sewaktu kecil mungkin Mama pernah mendengar mitos kalau memakan biji buah maka akan tumbuh pohon buahnya di dalam perut. Lalu, dengan polosnya memercayainya dan takut kalau biji buahnya akan ikut tertelan.

Tapi itu hanya mitos dan lelucon saja. Nyatanya, beberapa bisa bisa ikut dikonsumsi tanpa perlu khawatir akan tumbuh pohonnya di dalam perut. 

Menariknya, biji-biji buah yang dapat dikonsumsi tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Sehingga, tidak hanya aman dikonsumsi tapi juga sangat baik bagi kesehatan.

Kira-kira biji buah apa saja ya yang bisa dimakan? Yuk simak penjelasan dari Popmama.com berikut ini.

1. Biji buah delima dapat meningkatkan kesuburan

1. Biji buah delima dapat meningkatkan kesuburan
Freepik/Goffkein

Seseorang yang mengonsumsi buah delima maka secara otomatis biji buah delima juga ikut dimakan. Sebab, biji buah delima sangat kecil dan melekat pada buahnya.

Ternyata, manfaat buah delima tidak hanya dari daging buahnya saja tapi juga terdapat pada bijinya.

Biji buah delima mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan serat dari biji buah delima juga tinggi sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

2. Biji buah nangka baik bagi penderita diabetes

2. Biji buah nangka baik bagi penderita diabetes
Freepik

Biji buah nangka ternyata memiliki manfaat yang tak kalah baiknya dengan daging buahnya. Untuk bisa mengonsumsi biji nangka biasanya biji buah nangka harus diolah terlebih dahulu.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa biji nangka mengandung anti-diabetik. Kandungan tersebut dapat mengontrol kadar gula darah di dalam darah. Sehingga, biji buah nangka sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. 

Selain itu, biji buah nangka juga dapat mengatasi anemia, mengurangi risiko kanker, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan kecantikan kulit.

Editors' Picks

3. Biji buah semangka dapat menjaga tekanan darah

3. Biji buah semangka dapat menjaga tekanan darah
Freepik

Buah tropis yang satu ini adalah buah yang sangat segar karena memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Namun, beberapa orang tidak terlalu menyukai buah semangka karena memiliki banyak biji yang tersebar di dalam buahnya. Padahal biji buah semangka dapat dimakan dan memiliki kandungan yang sangat tinggi.

Biji buah semangka memiliki kandungan mineral dan magnesium yang sangat tinggi. Kandungan magnesium yang tinggi dari biji buah semangka sangat baik dalam menjaga tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi tersebut juga membantu menjaga kadar gula pada tubuh.

4. Biji anggur membantu membunuh sel kanker

4. Biji anggur membantu membunuh sel kanker
Freepik/lifeforstock

Orang menganggap kalau biji buah anggur tidak dapat dikonsumsi. Selain rasanya yang agak sepat dan pahit, biji buah anggur memang tidak biasa dikonsumsi. Padahal, biji buah anggur memiliki manfaat yang sangat banyak.

Di dalam biji buah anggur terdapat senyawa oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs). Senyawa ini dapat membantu membunuh sel kanker dan juga mencegah penyebarannya. 

Kandungan vitamin seperti vitamin C dan vitamin E pada biji buah anggur dapat menjaga kekebalan tubuh. 

5. Biji buah durian baik untuk kesehatan gigi, tulang, dan otot

5. Biji buah durian baik kesehatan gigi, tulang, otot
Freepik/mrsiraphol

Biji buah durian juga ternyata bisa dikonsumsi. Untuk mengonsumsi biji buah durian biasanya diolah kembali menjadi balado, keripik, rendang, hingga kolak.

Manfaat mengonsumsi biji buah durian diantaranya adalah dapat memelihara kesehatan gigi dan tulang. Sebab, biji buah durian memiliki kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya.

Manfaat biji buah durian lainnya antara lain menjaga sistem pencernaan, memelihara kekuatan otot, hingga menjadi sumber energi tubuh.

6. Biji buah manggis sangat tinggi antioksidan dibandingkan kulit atau buahnya

6. Biji buah manggis sangat tinggi antioksidan dibandingkan kulit atau buahnya
Freepik/suksao

Buah manggis dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Kulit dari buah manggis juga cukup populer dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan tubuh. Tetapi, tidak hanya buah dan kulitnya saja tapi biji buah manggis juga memiliki nutrisi yang tak kalah dahsyatnya. Jika biji buahnya tidak terlalu besar, maka biji buah manggis bisa langsung dikonsumsi beserta buahnya.

Dalam sebuah kesempatan, dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa dirinya mengonsumsi manggis sebagai bentuk persiapan enzim. Beliau mengaku mengonsumsi biji manggis sekaligus. Sebab, biji manggis sangat tinggi kandungan antioksidan dibanding buahnya.

7. Biji buah pepaya mampu melawan infeksi dari jamur

7. Biji buah pepaya mampu melawan infeksi dari jamur
Freepik/mrsiraphol

Buah pepaya adalah salah satu buah yang sangat mudah tumbuh di Indonesia. Saking seringnya berbuah, buah ini tidak memiliki musim tertentu untuk bisa merasakan manisnya buah pepaya.

Buah pepaya sebetulnya bisa dimakan seluruh bagiannya. Mulai dari kulit, daging, hingga biji buahnya. Rutin mengonsumsi jus pepaya yang dihaluskan kulit, daging, hingga biji buahnya dipercaya mampu mengatasi beberapa permasalahan kesehatan.

Biji buah pepaya ternyata mampu melawan infeksi dari jamur dan parasit tertentu, melindungi fungsi ginjal, dan juga meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Namun, mengonsumsi biji buah pepaya secara berlebihan dapat menimbulkan masalah, terutama bagi kesehatan laki-laki. Selain itu, jika mengonsumsi biji buah pepaya dalam jumlah yang besar juga dapat merusak DNA. Sehingga harus diperhatikan porsi biji buah pepaya jika ingin dikonsumsi.

Itulah beberapa biji buah yang dapat dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Jika Mama mengonsumsi buah-buah di atas, jangan dibuang bijinya. Sebab, biji-biji buah tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.