TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hal Ini Sering Menjadi Penyebab Bisnis Gagal tapi Sering Disepelekan

Kegagalan sebuah bisnis seringkali terjadi karena hal ini

26 September 2022

Hal Ini Sering Menjadi Penyebab Bisnis Gagal tapi Sering Disepelekan
Freepik/creativeart

Di masa pandemi seperti ini mulai banyak yang memulai membuka bisnis baru. Atau ada juga yang kembali mengaktifkan bisnisnya setelah vakum selama beberapa waktu.

Kesempatan melakukan bisnis sangat terbuka lebar di zaman seperti saat ini. Banyak platform yang bisa membantu untuk melakukan bisnis dengan bisnis yang tidak terlalu besar. Bahkan, dengan modal nol rupiah pun sangat memungkinkan.

Jika Mama sedang menjalankan sebuah bisnis, maka perhatikan risiko-risiko yang membuat bisnis Mama stagnan atau malah rugi. Ada banyak penyebab kegagalan dalam sebuah bisnis.

Mulai dari pemilihan produk, strategi pemasaran, kemampuan dalam manajemen tim, dan banyak lagi hal lainnya.

Tapi ada satu hal yang sering disepelekan oleh banyak pebisnis hingga menyebabkan kegagalan dalam bisnisnya, yaitu arus keuangan.

Untuk lebih jelas mengapa arus keuangan sering menjadi kegagalan dalam bisnis, silakan simak penjelasan Popmama.com berikut ini ya.

1 Pencatatan keuangan yang kacau

1 Pencatatan keuangan kacau
Pexels/Pixabay

Alasan utama yang sering menjadi penyebab bisnis gagal adalah karena pencatatan keuangan yang kacau. Padahal, pencatatan keuangan memiliki peran yang sangat krusial dalam sebuah bisnis.

Setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan harus dicatat sedetail dan serajin mungkin.

Masalahnya, banyak pelaku bisnis yang meremehkan pemasukan maupun pengeluaran dengan nominal yang sangat kecil. Padahal sekecil apapun uang yang masuk maupun keluar tetap harus dicatat.

Editors' Picks

2. Gagal dalam membuat perencanaan keuangan

2. Gagal dalam membuat perencanaan keuangan
Freepik/pch.vector

Hal yang menjadi penyebab bisnis gagal lainnya yaitu gagal dalam membuat perencanaan keuangan. Hal ini sangat fatal. Kesalahan dalam merencanakan keuangan sama saja gagal dalam merencanakan bisnis.

Perencanaan keuangan yang baik sangat terkait dengan pencatatan kondisi keuangan bisnis. Untuk melihat apakah keuangan bisnis sehat atau tidak bisa dilihat dari pencatatan keuangan yang dimiliki. Oleh karena itu, pencatatan keuangan sangat penting.

Membuat perencanaan keuangan disarankan dibuat dalam dua bentuk, yaitu perencanaan keuangan tahunan dan bulanan. Lakukan evaluasi setiap bulan untuk melihat kondisi bisnis.

3. Tidak memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi

3. Tidak memisahkan rekening bisnis rekening pribadi
Pexels/Pixabay

Poin ini banyak terjadi terutama bagi pelaku bisnis rumahan. Tidak memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi sering sekali menjadi penyebab bisnis gagal.

Pentingnya memisahkan rekening bisnis adalah untuk memberikan batas yang jelas dalam penggunaan uang yang dimiliki.

Sebab, apabila rekening ini tidak dipisah yang sering terjadi adalah uang yang seharusnya digunakan untuk memutar modal malah terpakai untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Akibatnya, saat uang modal ingin digunakan ternyata sudah habis digunakan untuk keperluan di luar kebutuhan bisnis.

4. Tidak memahami konsep dasar ilmu akuntansi

4. Tidak memahami konsep dasar ilmu akuntansi
Freepik/yanalya
joker with card

Sebagai seorang pebisnis penting untuk mengetahui ilmu akuntansi. Walaupun pengelolaan bisnis sudah dikerjakan oleh tim keuangan yang paham dengan ilmu akuntasni, pemilik bisnis tetap harus paham konsep ilmu akuntansi secara dasar.

Salah satu yang menjadi penyebab bisnis gagal diantaranya terlalu memercayai tim keuangan dalam pengelolaan keuangan bisnis. Sehingga, bisa saja ada kemungkinan curang yang tidak diketahui pemilik bisnis.

Selain itu, jika pemilik bisnis tidak paham konsep dasar akuntansi, sangat mungkin melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan saat merencanakan keuangan bisnis.

5. Tidak disiplin memperlakukan uang

5. Tidak disiplin memperlakukan uang
Pexels/EVG Culture

Tidak disiplin dalam memperlakukan uang juga dapat menjadi penyebab bisnis gagal. Terlalu mudah mengeluarkan uang dengan alasan modal atau keperluan pemasaran bisa membuat kondisi keuangan bisnis menjadi tidak sehat.

Hal ini terjadi bisa jadi karena tidak memiliki anggaran keuangan yang jelas atau mengabaikan anggaran yang sudah dibuat.

Walaupun di rekening bisnis masih terdapat uang yang tersimpan, tidak berarti seluruh uang tersebut adalah 100% hak pemilik bisnis.

Uang yang ada di dalam rekening bisnis itu ada uang modal, upah pekerja, biaya operasional, dan  sebagainya.

Jika tidak disiplin dalam memperlakukan uang sebagaimana pos uang tersebut seharusnya digunakan maka akan sangat besar kemungkinan menjadi penyebab bisnis gagal.

Bisa jadi gagalnya bisnis yang sedang Mama bangun bukan karena produknya yang kurang baik atau strategi pemasarannya yang salah, melainkan arus keuangan yang tidak sehat. Satu hal ini perannya sangat penting tapi sering disepelekan sehingga menjadi penyebab bisnis gagal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk